Tahap Perkembangan Kemampuan Membaca pada Anak

  1. Tahap Fantasi (Magical Stage)
  2. Tahap pembentukan konsep diri (Self Concept Stage)
  3. Tahap Membaca Gambar (Bridging Reading Stage)
  4. Tahap pengenalan bacaan (Take-off reader)
  5. Tahap membaca lancar (Independet Reader Stage)

Tahap Fantasi :

  • mulai menggunakan buku
  • mulai berpikir bahwa buku itu penting
  • melihat atau membolak-balikkan buku
  • kadang-kadang membawa buku kesukaannya

Tahap Pembentukan konsep diri :

  • anak memandang dirinya sebagai pembaca
  • mulai melibatkan diri dalam kegiatan membaca
  • pura-pura membaca buku
  • memberi makna pada gambar atau pengalaman sebelumnya dengan buku
  • menggunakan bahasa buku (gambar) meskipun tidak cocok dengan tulisan

Tahapmembaca gambar :

  • mulai sadar pada cetakan yang tampak serta dapat menemukan kata yang sudah dikenalnya
  • dapat mengungkapkan kata-kata yang memiliki makna dengan dirinya
  • dapat mengulang kembali cerita yang tertulis
  • dapat mengenal cetakan kata dari puisi atau lagu yang dikenalkan
  • sudah mengenal abjad

Tahap pengenalan bacaan :

  • tertarik pada tulisan
  • mulai mengingat kembali cetakan pada konteksnya
  • berusaha mengenal tanda-tanda pada lingkungan
  • membaca berbagai tanda seperti kotak susu, pasta gigi, atau papan iklan

Tahap membaca lancar :

  • dapat membaca berbagai jenis buku yang berbeda secara bebas
  • menyusun pengertian dari tanda, pengalaman, dan isyarat yang dikenalnya
  • bahan-bahan yang berhubungan secara langsung dengan pengalaman anak semakin mudak dibaca

bersambung……

sumber : materi rapat bulanan RA Istiqlal

, ,

17 tanggapan untuk “Tahap Perkembangan Kemampuan Membaca pada Anak”

  1. assalamualaikum wr wb….

    tulisannya bagus banget…cuma syang banget pada setiap tahap pekembangan tidak dicantumkan umur..jadi sy kurang tw tentang umur brapa anak pada tiap tahap itu….

    mungkin laen kali perlu sekali mencantumkan umur pada tiap tahap pekembangan membacanya..dan jangan bersambung ya…sayang banget padahal bagus jd menurut sya lebih baik menuntaskan pembahasannya akan lebih afdol..jd pembaca juga merasa puas


  2. https://polldaddy.com/js/rating/rating.js[…] Anak mulai belajar menggunakan buku, mulai berfikir bahwa buku itu penting, melihat atau membolak-balikkan buku dan kadang-kadang anak membawa buku kesukaannya. 📖 *2. Tahap Pembentukan Konsep Diri Membaca (Self Concept Stage)* Anak memandang dirinya sebagai pembaca, dan mulai melibatkan diri dalam kegiatan membaca, pura-pura membaca buku, memberi makna pada gambar atau pengalaman sebelumnya dengan buku, menggunakan bahasa buku meskipun tidak cocok dengan tulisan 📖 *3. Tahap Membaca Gambar (Bridging Reading Stage)* Pada tahap ini anak menjadi sadar pada cetakan yang tampak serta dapat menemukan kata yang sudah dikenal, dapat mengungkapkan kata-kata yang memiliki makna dengan dirinya, dapat mengulang kembali cerita yang tertulis, dapat mengenal cetakan kata dari puisi atau lagu yang dikenalnya serta sudah mengenal abjad 📖 *4. Tahap Pengenalan Bacaan (Take Off Reader Stage)* Anak tertarik pada bacaan, berusaha mengenal tanda-tanda pada lingkungan serta membaca berbagai tanda seperti kotak susu, pasta gigi atau papan iklan 📖 *5. Tahap Membaca Lancar (Independent Reader Stages)* Pada tahap ini anak dapat membaca berbagai jenis buku yang berbeda secara bebas, menyusun pengertian dari tanda, pengalaman dan isyarat yang dikenalnya, dapat membuat perkiraan bahan-bahan bacaan. Bahan-bahan yang berhubungan secara langsung dengan pengalaman anak semakin mudah dibaca Sumber: https://ilmupengetahuanibu.com/2016/11/18/tahapan-perkembangan-membaca-anak-usia-dini/ https://yudhistira31.wordpress.com/2008/12/22/tahap-perkembangan-kemampuan-membaca-pada-anak/ […]


  3. https://polldaddy.com/js/rating/rating.js[…] Anak mulai belajar menggunakan buku, mulai berfikir bahwa buku itu penting, melihat atau membolak-balikkan buku dan kadang-kadang anak membawa buku kesukaannya. 📖 *2. Tahap Pembentukan Konsep Diri Membaca (Self Concept Stage)* Anak memandang dirinya sebagai pembaca, dan mulai melibatkan diri dalam kegiatan membaca, pura-pura membaca buku, memberi makna pada gambar atau pengalaman sebelumnya dengan buku, menggunakan bahasa buku meskipun tidak cocok dengan tulisan 📖 *3. Tahap Membaca Gambar (Bridging Reading Stage)* Pada tahap ini anak menjadi sadar pada cetakan yang tampak serta dapat menemukan kata yang sudah dikenal, dapat mengungkapkan kata-kata yang memiliki makna dengan dirinya, dapat mengulang kembali cerita yang tertulis, dapat mengenal cetakan kata dari puisi atau lagu yang dikenalnya serta sudah mengenal abjad 📖 *4. Tahap Pengenalan Bacaan (Take Off Reader Stage)* Anak tertarik pada bacaan, berusaha mengenal tanda-tanda pada lingkungan serta membaca berbagai tanda seperti kotak susu, pasta gigi atau papan iklan 📖 *5. Tahap Membaca Lancar (Independent Reader Stages)* Pada tahap ini anak dapat membaca berbagai jenis buku yang berbeda secara bebas, menyusun pengertian dari tanda, pengalaman dan isyarat yang dikenalnya, dapat membuat perkiraan bahan-bahan bacaan. Bahan-bahan yang berhubungan secara langsung dengan pengalaman anak semakin mudah dibaca Sumber: Tahapan Perkembangan Membaca Anak Usia Dini https://yudhistira31.wordpress.com/2008/12/22/tahap-perkembangan-kemampuan-membaca-pada-anak/ […]

Tinggalkan komentar