- Tahap Fantasi (Magical Stage)
- Tahap pembentukan konsep diri (Self Concept Stage)
- Tahap Membaca Gambar (Bridging Reading Stage)
- Tahap pengenalan bacaan (Take-off reader)
- Tahap membaca lancar (Independet Reader Stage)
Tahap Fantasi :
- mulai menggunakan buku
- mulai berpikir bahwa buku itu penting
- melihat atau membolak-balikkan buku
- kadang-kadang membawa buku kesukaannya
Tahap Pembentukan konsep diri :
- anak memandang dirinya sebagai pembaca
- mulai melibatkan diri dalam kegiatan membaca
- pura-pura membaca buku
- memberi makna pada gambar atau pengalaman sebelumnya dengan buku
- menggunakan bahasa buku (gambar) meskipun tidak cocok dengan tulisan
Tahapmembaca gambar :
- mulai sadar pada cetakan yang tampak serta dapat menemukan kata yang sudah dikenalnya
- dapat mengungkapkan kata-kata yang memiliki makna dengan dirinya
- dapat mengulang kembali cerita yang tertulis
- dapat mengenal cetakan kata dari puisi atau lagu yang dikenalkan
- sudah mengenal abjad
Tahap pengenalan bacaan :
- tertarik pada tulisan
- mulai mengingat kembali cetakan pada konteksnya
- berusaha mengenal tanda-tanda pada lingkungan
- membaca berbagai tanda seperti kotak susu, pasta gigi, atau papan iklan
Tahap membaca lancar :
- dapat membaca berbagai jenis buku yang berbeda secara bebas
- menyusun pengertian dari tanda, pengalaman, dan isyarat yang dikenalnya
- bahan-bahan yang berhubungan secara langsung dengan pengalaman anak semakin mudak dibaca
bersambung……
sumber : materi rapat bulanan RA Istiqlal
aq suka kolom ini karena materinya singkat padat n mudah dipahami
boleh juga sebagai bahan referensi tulisan kamu.
assalamualaikum wr wb….
tulisannya bagus banget…cuma syang banget pada setiap tahap pekembangan tidak dicantumkan umur..jadi sy kurang tw tentang umur brapa anak pada tiap tahap itu….
mungkin laen kali perlu sekali mencantumkan umur pada tiap tahap pekembangan membacanya..dan jangan bersambung ya…sayang banget padahal bagus jd menurut sya lebih baik menuntaskan pembahasannya akan lebih afdol..jd pembaca juga merasa puas
maaf ya jeng tyas…sekaligus terimakasih, soalnya saya terlupa dengan sambungannya…hehehe…nanti akan saya tulis sambungannya biar lebih oke.
Trims.
ini teorinya siapa ya?? kenapa nggak dicantumkan??
Ping balik: Cemilan Rabu #1 Menstimulasi Anak Suka Membaca – Cerita Ibu Tika
Ping balik: Menstimulasi Anak Suka Membaca | Catch 18
Ping balik: Tahap Perkembangan Membaca Anak Usia Dini – ammamausha's Blog
Ping balik: BE PROFESIONAL MOM
Ping balik: Cemilan Rabu Materi #5 Kelas Bunda Sayang IIP: Menstimulasi Anak Suka Membaca | Leila's Blog
Ping balik: Cemilan 1 Materi 5 – Institut Ibu Profesional Internasional
Ping balik: Tahap Perkembangan Membaca - Zielusiana
Ping balik: Tahapan perkembangan Membaca usia dini | w!n :)
Ping balik: CEMILAN KE-1 MATERI KE-5 MENSTIMULASI ANAK SUKA MEMBACA : Tahap Perkembangan Membaca Anak Usia Dini – Bunda Stefie Sayang
Ping balik: Tahap Perkembangan Baca Anak Usia Dini | aprilianoor
Ping balik: Cemilan 1 Materi 5 – Umaknya Anak-anak
Ping balik: windaws