Bunga Telang Ciptaan Allah 

Bunga telang, lebih sering dikenal sebagai  bunga liar, padahal sesungguhnya si biru ini kaya manfaat

“Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang. Dan biji bijinya yang berkulit dan bunga bunga yang harum baunya. Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?  Q. S. Ar Rahman : 11 –  13.”

Setiap pagi, dd selalu ikut mengantar kk ke sekolah.  Akhir-akhir ini dd penasaran dengan tanaman merambat di pagar rumah yang setiap hari kami lewati. Mungkin dd penasaran karena warna bunganya biru cerah. Setiap lewat dd selalu minta berhenti sejenak untuk melihat pohonnya.

Saya pernah baca di internet  kalau bunga ini bisa digunakan sebagai  pewarna alami makanan. Lalu saya mulai mencari informasi tentang bunga ini. Ternyata bunga biru ini manfaatnya banyak banget, jadi saya putuskan untuk mengajak anak-anak mengenal lebih lanjut tentang bunga ini.

Asik banget, kami bertiga sama sama excited. Jadilah tema bahasan sekaligus tema bermainnya dd di rumah.

Sebenarnya foto foto di tulisan ini sudah saya upload di IG @dm_devi_yudhistira , karena ini adalah tema bulan Agustus yang lalu. Namun beberapa teman menanyakan berbagai hal terkait kegiatan harian kami di rumah ini, dan meminta untuk merangkumnya di blog. Oleh karenanya, saya mencoba menayangkan kembali di sini.

Ini adalah contoh kegiatan yang kami lakukan di rumah, satu hari biasanya satu kegiatan, tergantung mood anak juga mood mamahnya🙂 kalo mood keduanya lagi bagus, bisa sampai 4  kegiatan . Review kegiatan juga dilakukan setiap hari, kadang sambil menulis dan mengenalkan kosa kata, tebak tebakan, bermain, menggambar, atau bikin bikin prakarya. Informasi terkait cara berkembang biakpohon bunga telang, manfaat, semua saya dapatkan dari internet, dan disampaikan ke anak dengan bahasa yang lebih sederhana.

Untuk jawaban pertanyaan kenapa saya sering memilih kegiatan  tematik, apakah susah buat yang ga punya ilmu paud dll, insya Alloh akan saya tuliskan di tulisan yang berbeda, takut kepanjangan kalau dijadikan satu.

Referensi :

– Al Quran, surat Ar Rahman 11-13

– Buku  Widya Wiyata Pertama Anak-anak : Bunga dan Pohon

– Kembang Telang si pemberi warna biru kaya manfaat 

Sebelumnya, dd pernah mencoba bunga ini untuk mewarnai air. 

Menggilas bunga di atas kertas

Hasil gilasan dd, dijadikan background handlettering mama, keren kan🙂

Bikin minuman dari bunga telang yang direbus, dd suka banget ngasih jeruk nipis, karena setelah dikasih jeruk nipis warna minuman akan berubah menjadi ungu, mengenal manfaat minuman bunga telang.

Mengenal bagian-bagian dari pohon bunga telang, dd menempel sesuai hasil pengamatannya

Belajar menempel dan menghitung

Belajar membuka polong dan menghitung bijinya

Membuat hiasan dinding dari biji bunga telang

Menjemur bunga telang, sekaligus mengenalkan profesi yang berhubungan dengan bunga telang. Bunga telang biasanya dijual setelah dikeringkan dan dikemas

Membuat topi koki sendiri, chef cilik sedang membuat sirup bunga telang

Menuang sirup ke wadah bercorong untuk membuat es

Dd memasak nasi biru pakai rice cooler. Seperti memasak nasi biasa, hanya saja ditambahkan bunga telang saat memasaknya.

Menanam biji bunga telang

Belajar jualan es mambo bunga telang, minta pakai termos

Saya selalu berusaha menyediakan buku yang sesuai dengan tema. Bacaan yang sesuai tema biasanya lebih menarik dan bisa dibaca berulang-ulang. Ga harus yang sama persis ya, saya ga punya buku tentang bunga telang jadi saya pakai buku tentang bunga dan pohon, sangat membantu saya saat mengenalkan bagian-bagian tumbuhan dan berbagai jenis biji.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s