Yuk berkebun lagi! 

​Nanem pohon itu tangan-tanganan, katanya kalo emang punya bakat, nanem apa aja pasti numbuh! 

Quote turun temurun yang sering bikin sedih, bikin gampang menyerah saat apa yang ditanam gabisa numbuh. Bikin mikir berkali-kali setiap pengen mencoba lagi, karena merasa ga bakat. 

Tapi kalau otak lagi waras (baca penuh pikiran positif), masa iya sih saya gabisa, orang tua saya dulu punya bisnis jual  bibit tanaman, artinya mereka sering memperbanyak tanaman dengan berbagai cara, masa iya sih ga ada sedikit acan yang menitis ke saya. Mamah aja nencepin apa aja bakal hidup! Kalau mau mencoba, insya Alloh bisa. Saya juga pasti bisa dong! 

Hampir setahun ini, saya mencoba nanem segala rupa, pengen punya kebun sayur sendiri.  Semangat  beli banyak benih, pas mulai pada numbuh, girangnya minta ampun.  Suatu hari, buka pintu rumah disambut pemandangan yang bikin pengen nangis, hampir semua tanaman mungil itu diporakporandakan sama kucing. – Rasanya itu yah, mungkin seperti saat kamu shock ngeliat akun sosmed orang yang kamu cintai diam diam, tiba-tiba ada foto baru diupload, foto  si dia bersama seseorang dengan pose mesra. Sedih, pake banget kan, nyesek!  – Hanya tersisa pare, tomat dan cabai. Ya sudah deh, merawat dua tanaman itu setengah hati, sudah ga sesemangat dulu lagi. Hingga akhirnya tomat dan cabai juga mati, menurut hasil browsing, mustinya dikasih tongkat penyangga, pantesan aja pada patah. Nah tinggal pare yang buru buru saya kasih paralon kecil buat rambatan. Cuma sejak itu sama sekali ga saya liat, frustasi saya!  Tau tau si kk bilang ‘mah itu pare bunganya warna oren terus di dalamnya warna merah, kok aneh gitu bunganya’.  Hadoooh ternyata ya, saya sampai gatau kalo parenya sudah berbuah sampai kebelah sendiri karena ga dipetik. Setelahnya, pohonnya mati! Tamat deh kisah tanaman saya, ga happy ending.kubur jauh jauh deh keinginan buat metik sayur dari kebun sendiri. 

Tapi pagi ini saya disapa oleh pemandangan yang membuat harapan yang sudah saya kubur itu, buru buru saya gali lagi. 

Insya Alloh bakal panen pare

Apa yang menurutmu buruk, belum tentu buruk menurut Alloh! Meskipun orang bilang kagag bakat nanem, kalo terus berusaha, tetep aja kagag numbuh. *eeehh* Yaaa,  biarpun saya ga merasa nanem pare yang ini, kalau Alloh berkehendak saya panen pare, ada saja jalan yang diberikan-Nya. Ternyata dia numbuh sendiri dari pare yang gagal dipanen sebelumnya. Alhamdulillah. 

Sekarang, saya kembali bersemangat, kali ini ga beli benih dulu, tapi mulai jalan jalan keliling kampung nyari tanaman, juga  browsing nyari karakteristik tanaman yang mau ditanam. 

Cayoooo! 

******

Update 2 Oktober

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

2 Balasan ke Yuk berkebun lagi! 

  1. Agung Rangga berkata:

    Asik nih, siapa tahu nanti bisa jadi juragan sayur, Bun~ 😁

  2. Ping balik: Belajar berkebun  | Belajar dari anak-anak

Tinggalkan Balasan

