Kuliner Bogor : Soto Sokaraja dan Es Durian Mas Hadi 

Saat mendoan jadi temen makan sroto, sesuatu banget!

Ada kalanya lidah kita begitu rindu akan masakan yang sering kita makan saat kecil dulu, atau mungkin makanan khas kampung halaman kita. Lalu kita menyengaja mencari makanan itu di kota tempat tinggal kita sekarang, datang dan menikmati suap demi suap. Kadang rasanya pas dengan yang diharapkan, sesekali ga pas karena mungkin sudah ada inovasi sana sini yang membuat rasanya justru asing di lidah kita. 
Beberapa kuliner fenomenal di kota kelahiran saya, Purbalingga,  adalah Sroto, Mendoan, Es Durian dan tak ketinggalan Es Brazil.

Di Jakarta, untuk mendapatkan Sroto lumayan butuh perjuangan, meski rasanya belum sepenuhnya pas di lidah  saya (soal rasa pasti beda2 opininya). Tapi entah kenapa, selalu saja membeli lagi di tempat yang sama, hahahaha bukan soal rasa, hanya soal sugesti berasa lagi di kampung halaman saat menyantapnya, apalagi saya selalu menikmati sendirian, karena satu rumah nggak ada yang doyan. Langsung deh kangen sama mama dan adik adik. Kalau mendoan sudah mulai banyak yang jual, es Brazil juga sudah ada di beberapa swalayan.  Yang belum pernah dapet sama sekali es duren, hadeeeh bener bener susah dapet rasa yang sama atau setidaknya mendekati es durian bermerk ‘Kombinasi’ yang ngehit banget di Purbalingga. 

*****

Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman berkunjung ke rumah teman masa kecil kami yang baru saja hijrah ke Bogor.  Selalu saja heboh jika bertemu dengan mereka. Bahagia rasanya bisa berteman baik hingga saat ini. 

Kehadiran sroto, mendoan,  juga es durian turut memeriahkan pertemuan kami.  Apalagi semua racikan kawan saya ini rasanya enak, hingga kami minta dibagi resepnya agar bisa mencoba sendiri di rumah. 
Kabar baiknya, (terutama untuk teman-teman domisili Bogor dan sekitarnya), selain  bisa dipesan,  sroto, mendoan dan es durian  ini bisa dinikmati oleh teman-teman di Bogor, karena sudah dibuka gerainya awal September. 

Oiya mungkin sroto kurang familier ya buat teman-teman yang bukan berasal dari daerah Banyumas. Sebenarnya hampir sama dengan soto, hanya saja disajikan dengan krupuk dan sambal kacang. 

Hayuuk lah, buat yang pengen nyobain sembari mengobati kangen sama kampung halaman, segera cuz ke Soto Sokaraja Mas Hadi. 

*****

“Soto Sokaraja Mas Hadi”

One Stop Kuliner Ceker & Sayap Mercon Bang Gendut, 

 Jalan Ahmad Adnawijaya (Pandu Raya) no.171 Tegal Gundil, Bogor Utara

Hp/wa : 082243502150

Harga : 13 K –  18 K

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s