Belajar bikin Cireng 

Anak-anak suka sekali makan cireng, beli di tukang jual gorengan. Cuma ya gitu deh, namanya juga  anak-anak, meskipun sudah diwanti-wanti gimana caranya pilih tukang gorengan, tetep aja sesekali mereka ngasal belinya, ga pandang bulu, saking kepengennya.  

Masalahnya, lama-lama  dd (yang waktu itu masih bayi) juga penasaran pengen nyobain, pas berhasil ngerebut punya si kk,  ternyata dd ngotot minta nambah, doyan banget. Huadooooh, berabe kalau yang bayi ikutan doyan cireng, ngalamat kudu belajar bikin cireng sendiri deh. Mau tidak mau harus bikin sendiri biar aman buat anak-anak, terutama dd bayi. 

******

Nyari resepnya di internet, banyak banget ternyata, akhirnya saya coba aja nih yang dibuat sama mbak Nidnudd

Bahan-bahan (copas) :

250 gr tepung tapioka

bahan biang :

400 gr tepung tapioka

3 siung bawang putih

1 sdt garam

1 sdt kaldu bubuk (saya ga pake) 

1/2 sdt merica

300 ml air (saya pake air kaldu) 

5 lembar daun bawang

Cara membuat :

Haluskan bawang putih,garam,merica.Campurkan di tepung tapioka, beri kaldu bubuk,tambahkan air aduk sampai rata. 

Masak dengan api kecil sampai adonan seperti lem, matikan api dan tuang adonan biang ke sisa tepung tapioka.

Campurkan daun bawang, uleni jangan keras-keras, dan jangan lama-lama.Bagi adonan dan pipihkan.

Masukkan kulkas 15 menit , setelah itu goreng dengan api sedang. Tidak usah terlalu matang.

Apabila sisa bisa dimasukkan wadah dan simpan di  freezer.

********

Kk dan dd ikutan bikin, heboh banget di dapur. Berantakan sih pastinya, yang penting mereka senang dengan kegiatan ini. Kk malah sibuk bikin cireng isi keju leleh, dd sibuk nguleni adonan. Dd terlihat gemas dengan adonan cirengnya. Alhamdulillah, akhirnya bisa juga bikin cireng. Tenang deh hati ini liat anak-anak makan cireng yang dibikin sendiri.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Belajar bikin Cireng 

  1. leilaniwanda berkata:

    Dulu pernah bikin….tapi lama-lama keenakan beli yang siap goreng dari teman :D. Boleh juga nih dicobain lagi, makasih resepnya ya Mbak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s