Udang Cumi Bakar Madu

image

Punya anak yang sering alergi sama makanan itu sesuatu banget deh. Musti rajin baca biar nambah pengetahuan tentang makanan apa aja yang jadi pencetus alergi nya.

Waktu bayi, si nomor 4 alergi jeruk baby dan melon Orange. Kaget, ga nyangka aja alergi buah, apalagi reaksinya bener-bener langsung muncul, sekujur badan gatel dan ruam, ga tega banget liatnya. Kalau alergi protein hewani mungkin kagetnya ga gitu2 amat, pas tau kalo adek alergi ikan gurami, jadi malah trauma nyoba ikan. Abang no 2 baru ketauan alergi nanas pas sudah kelas 6, reaksinya demam menggigil dan bentol sebadan, panik banget sempet ngira demam berdarah.

Pas kakak libur dari pesantren, kakak minta masak udang dan cumi. Karena lagi gak enak badan, cari resep yang praktis dan bisa dimasak sendiri sama anak-anak. Jadilah sepakat bikin udang cumi bakar madu.

Bahan:
– udang dan cumi dibersihkan, dicuci bersih, tiriskan. Rendam pakai jeruk nipis dan sedikit garam.
– 2 sdm madu
– 3 sdm kecap
– mentega secukupnya

Pelengkap :
– tomat, diiris kotak kecil
– cabai iris tipis
– bawang bombay iris tipis
– lada bubuk
– slada n mentimun

Cara :
– cuci kembali udang dan cumi yang sudah direndam jeruk nipis, tiriskan.
– bakar udang dan cumi di atas teflon yang telah diolesi sedikit mentega.
– campur kecap, madu, tomat, lada bubuk, bawang bombay.
– cocolkan udang cumi yang telah dipanggang ke saus madu.
– untuk yang suka pedas, saus dicampur cabai secukupnya.

Kalau kakak no 1 lebih suka udang dan cuminya direndam dulu di saus, baru dibakar. (resikonya kadang lengket n cepet gosong)

Abang no 2, sausnya dimasak dulu biar tomatnya hancur. Bawang bombay ditumis pake mentega, masukin kecap, madu, tomat, lada, aduk aduk sampai tomat hancur.

Kakak no 3, nurut abang nya, katanya kalo abang yang masak, pasti enak.

Alhamdulillah adek no 4 doyan banget, dan ga alergi…

Horeeeee, akhirnya bisa makan udang dan cumi….

Oiya sekarang anak-anak doyan makan selada mentah setelah dibujuk dan cara makannya pake strategi. Ambil selada, taruh udang di tengah, tambah sausnya, bungkus pake seladanya, makan deh…. ‘sayurnya ga berasa mah, terasa udangnya’

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Udang Cumi Bakar Madu

  1. nh18 berkata:

    Gggggggrrrhhh …
    Jadi laper …

    Salam saya Bu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s