Kue Cubit

Anak2 setiap hari selalu sibuk nanya mau cemilan apa yang bisa mereka buat sendiri tanpa bantuan mamah.

Siang itu Syafa pengen bikin kue cubit, katanya mau diajarin sama teman sebelah rumah. Sibuk deh mereka berdua nyiapin bahannya. Cetakannya minjem ke temennya. Awalnya semangat banget, tapi akhirnya mereka menyerah, karena adonannya banyak banget. Alhasil saya yang ngelanjutin, berhubung lagi kurang sehat, ga sabar juga nerusin pake cetakan kue cubit yang seunyil itu, berdiri lama2 rasanya nyutnyutan banget. Setelah diskusi sama mereka akhirnya sepakat nerusin pake  cetakan pancake yang ukurannya lebih besar, biar cepet selesai hehehe

Pas saya keluarin cetakannya, wajah mereka berbinar, dan bilang kalo mau nerusin sendiri saja, biar saya baringan lagi…. So sweet… 

Senangnya denger mereka heboh bereksperimen di dapur. Bolak balik ke kamar ngelaporin hasilnya.
‘ternyata bisa jadi martabak mini lo mah’
‘aku buat gradasi martabaknya’
‘tar topingnya terserah aku kan mah? ‘

Akhirnya jadi juga kue cubit hasil kira2 mereka (timbangan kuenya rusak).

Resep aslinya ngambil di blognya ummu fatima (trimakasih ya ummu fatima) terus modifikasinya ga pake timbangan, pake perasaan aja alias terserah anak-anak hehehe.

Bahan-bahan :
2 butir telur
3 sdm gula pasir (sesuai selera)
5 sendok sayur terigu protein sedang
1 sachet dancow putih
2 sendok sayur air
3 sdm gram margarin, dilelehkan
Topingnya terserah mau pake apa
Warna bisa pake pewarna makanan atau pasta

Cara Membuat :
Siapkan mikser dan wadah, masukkan telur dan gula ke wadah, mikser pake
kecepatan tinggi sampai pucat warnanya, sekitar 5 menit.

Tambahkan tepung terigu, margarin yang sdh cair, sambil di kocok rata, tambahkan air, sesuaikan kekentalan adonan.

Panaskan cetakan kue cubit. Gunakan api kecil. Oleskan
minyak pada pemakaian pertama. Setelah cetakan panas, tuang
adonan, beri toping lalu tutup cetakan,
Angkat kue kl sdh matang.

image

Hasil pake perasaan versi anak-anak

Sorenya gantian abang pengen bikin, terus besok pagi gantian kakak Rahma yang minta bikin…. Hadeeeh mabuk kue cubit deh, tapinya kok ya ludes2 aja ga bersisa.
Alhamdulillah, dedek Syafiq juga doyan banget, kali ini dedek boleh makan banyak deh…

image

Nyam… Nyaaaaammm… Yummy…

image

Ini hasil pake perasaan si abang.. Topingnya potongan biskuit goodtime.

image

Kalo yang ini perasaan si kakak, pake toping potongan coklat TOP ditambah pasta pandan.

*****
Sumber resep :
Resep Kue Cubit by Ummu Fatima

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Kue Cubit

  1. Lidya berkata:

    ooh iya ya bisa opakai pewarna , aku mau beli yg rasa-rasa gitu tadinya mbak. Makasih banyak mbak idenya

  2. nh18 berkata:

    Itu Syafa ?
    Udah gede banget !
    Time flies …

    Salam saya Bu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s