Bekal sekolah : Lolipop Agar-agar

Kebanyakan anak-anak suka sama yang namanya permen, sementara para mama pengennya yaaaa kalo bisa anak-anaknya ga suka permen, karena khawatir bikin batuk, gigi rusak atau bahkan sakit perut dikarenakan ketidakjelasan bahan yang digunakan untuk membuat permen itu sendiri.

Dapet resep dari bu guru TPA dedek bayi, ‘bu bikin agar-agar tipis terus digulung nanti jadinya seperti lolipop bu’

Laaaahh, kok sepertinya mudah, batin saya…

Saya ceritakan ke adek, adek antusias pengen nyoba bikin. Dan kami berdua bikin di malam hari. Lumayan butuh kesabaran dan juga panen keringet soalnya musti diaduk terus kurang lebih 25 menit.

Bahan dan alat :
– 1 sachet agar agar, kami pakai swallow globe warna hijau
– 1 gelas gula pasir
– 300ml air
– gula halus sedikit buat taburan doang
– panci beserta pengaduknya
– loyang, kami pakai loyang yang 20×20 (kebesaran siiihhh)
– tusuk gigi
– plastik pembungkus

Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan, rebus sambil terus diaduk sampai mengental (pokoknya jadi kental banget deeeh) kurang lebih 25-30 menit, gunakan api sedang
2. Tuang adonan ke loyang setipis mungkin, lumayan susah karena kental banget
3. Tunggu sampai agak dingin dan ga lengket lagi, taburi gula halus di seluruh permukaan sisi atas.
4. Gulung sambil ditekan perlahan. Hati-hati ya ngegulungnya usahakan serapat mungkin.
5. Potong-potong, tusuk pakai tusuk gigi, bungkus deh.

Ini dia permen agar-agar gulung hasil praktek kami berdua…
image

image

Meski baru rasa manis doang, adek cukup puas bisa bikin kek ginian hehehe…’lain kali bikin yang ada rasanya mah, mungkin bisa pake nutrisari’ …huadooohh, lagi-lagi kalah ide sama anak kelas 2 sd…’oke-oke, siap deh koki kecil, kita coba lain kali ya’

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, bekal sekolah, belajar dari anak-anak, cooking with kids, Syafa. Tandai permalink.

4 Balasan ke Bekal sekolah : Lolipop Agar-agar

  1. ~Amela~ berkata:

    cantik mbak agar2nya..
    tapi mesti sabar dan telaten ya

  2. Nugik berkata:

    bagus bentuknya..
    thanks for sharing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s