Tipe ortu saat ambil rapot

Sabtu lalu, saatnya ambil rapot anak-anak. Punya anak di kelas 1, 4 dan 6 musti pinter-pinter bagi waktunya. Pengambilan rapot di MI Istiqlal pake sistem nomer antrian, jadi cepet-cepetan ambil nomor deh. Selama semester 1 ini, sabtu lalu adalah kali kedua terima rapot, antrian panjang masih saja terjadi di kelas 1. Sementara di kelas 6, lumayan sepi…agak nyante…kenapa bisa begitu ya?

Di beberapa sekolah, salah satunya di MI Istiqlal, momen terima rapot sekaligus dijadikan momen untuk diskusi dan konsultasi perkembangan anak, baik perkembangan anak di rumah maupun di sekolah. Setiap ortu masuk bergiliran, tergantung no urut yang didapatkan. Jadi, tetep ada kemungkinan kena antrian alias menunggu sambil duduk manis di depan kelas.

Berapa lama antriannya?  ya….tentu saja tergantung tipe ortu, juga tipe wali kelas. Kadang ada ortu di dalem memakan waktu lamaaaaa, ada juga yang cuman ‘sak-nyuk-an‘. Biasanya sih, lama kelamaan kita bakal hapal siapa2 yang suka lama di dalem, dan siapa yang cuman sekelebatan mata saja…Termasuk juga hapal siapa yang paling suka ngegerutu saat ga sabar menunggu antrian…ga jarang juga terus jadi bahan perbincangan…dooohhh….

Selain jadi perbincangan diantara ortu yang lagi pada antri di luar kelas, ternyata perilaku ortu saat ambil rapot juga jadi perbincangan diantara guru-guru looohh…qiqiqi….

Mau tau bagaimana sih sudut pandang dari sisi guru? Saya senyum-senyum sendiri, juga berasa kesindir pas baca tulisan bu Al, blogger yang berprofesi sebagai guru di sebuah SD. Tipe-tipe ortu saat ambil rapot anaknya, diberi judul  Saat Bagi Rapot. Secara garis besarnya, dikelompokkan menjadi seperti di bawah ini, tapi buat lebih jelasnya, mendingan baca langsung di tulisan tersebut…(lalu, simpulkan, anda termasuk tipe yang mana hehehe)…

1. Tipe ortu detil penuh pertanyaan dan mempertanyakan

2. Tipe ortu susah move on.

3. Tipe ortu ambil dan pergi

4. Tipe ortu marah-marah dengan atau tanpa alasan

5. Tipe ortu kompakan dan merayakan dengan anaknya apapun yang terjadi

6. Tipe ortu sekolah negeri jaman dulu

7. Tipe ortu berkeluh kesah

8. Tipe ortu nyalah-nyalahin pasangannya

9. Tipe orang tua yang kepo dengan nilai anak-anak lain di kelas anaknya

10. Tipe ortu yang tidak pernah datang

11. Tipe ortu yang normal dan biasa-biasa saja.

*****

Meski saya bukan seorang guru di sekolah, tapi saya seneng banget baca beberapa blog guru. Kenapa? Dari sana saya dapet banyak pelajaran, juga pemahaman dari sudut pandang seorang guru. Salah satunya ya blog-nya Bu Al ini. Banyak cerita tentang murid-muridnya, juga perilaku ortu yang lucu (juga nyebelin) kepada guru atau bahkan ke anaknya sendiri. Membantu saya untuk belajar memandang sesuatu dari berbagai sisi, terutama menyangkut hubungan antara saya sebagai ortu dengan guru-guru yang sudah berjasa mendidik anak-anak saya di sekolah. Biar ilmu yang didapat anak saya juga semakin berkah, kalau bisa…jangan sampeeee deeehh kita bertingkahlaku sampe bikin guru sakit hati dan sedih…😉

Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, Mama. Tandai permalink.

10 Balasan ke Tipe ortu saat ambil rapot

  1. Dewi berkata:

    Jadi sampeyan tipe ortu yang nomor berapa Mbak..?😀

  2. Mamanya Calvin berkata:

    memang sih sebagai orang tua kita harus tau diri ya mbak, banyak antrian di belakang kita. Aku kadang gak enak kalau berlama-lama biasanya setelah dijelaskan mengenai nilai aku selesai gak tanya-tanya kalau tidak penting. Sebenarnya setiap sabtu dimana anak-anak libur disediakan waktu bagi yang mau berkonsultasi tapi heran orang tua tidak mempergunakannya

    • Devi Yudhistira berkata:

      Iya ya mbak…ya, kl kita srg ke sekolah ya bisa aja konsul kapan aja…tp kalau yg kantornya jauh misal, atau rumahnya jauh, mungkin mmg datang pas ambil rapot sambil banyak nanya2…yaa, dimaklumi saja sih kalau demikian…(apa karena saya ngantrinya mondar-mandir ke bbrp kelas ya, jd jarang cm diem nunggu di satu tempat…atau jangan2 saya juga tipe yg berlama2 di kelas *hadoooohhh lagi deh *)

  3. Tetik Firawati berkata:

    penasaran mbak tipe yang nomer berapa ? he he he

  4. nh18 berkata:

    Tipe ortu marah-marah dengan atau tanpa alasan …
    ini kalau dirumah biasanya malah cuek … nggak peduli … sibuk dengan urusannya sendiri …
    dia bertindak seperti itu … supaya dinilai oleh pihak guru … sebagai orang yang memperhatikan pendidikan anaknya … hahaha

    Yang paling menjengkelkan …. yang nomer 10 …

    salam saya

  5. Wah saya tipe yang mana ya? Soalnya yg ambil rapot selalu mamanya. Saya tinggal tunggu laporannya saja, xixixi…

  6. zainal berkata:

    saya termasuk type yang mana nih..? type no 12 kayaknya… 12. type unyu unyu dan imut imut hahhaa…

Tinggalkan Balasan

