Kembang Tahu

image

Akhir-akhir ini, kembang tahu sangat populer di keluarga saya (hhhmm..demikian juga di kalangan teman-teman kantor dan ibu-ibu di sekolahan anak-anak).

Apa pasalnya?

Karena akhir-akhir ini pula, saya selalu kebayang-bayang bisa makan kembang tahu kapan saja….sepertinya seger bener…. kebayang kuah jahenya….seger deh pokoknya😀

Sebelumnya saya lupa, makanan ini namanya apaan, hasil browsing-lah yang menyebutkan bahwa namanya kembang tahu. Sempet bingung karena setahu saya, kembang tahu itu yang kering-kering lembaran dan kadang dibuat sop, capcay ataupun bungkus makanan sebelum digoreng (rada kayak kulit lumpia).

Setelah tahu namanya, baru saya beranikan diri nanya ke teman-teman, di mana bisa beli kembang tahu yang saya maksudkan. Di beberapa daerah di Jawa Timur, disebut dengan Tahwa, dan versi Inggrisnya disebut Fresh Soy Bean Curd.

Kenal kembang tahu waktu jaman awal kuliah di Jurangmangu. Rasanya agak-agak aneh di lidah saya🙂

Aneh juga yak….kenapa tiba-tiba sekarang saya doyan, pake banget, sampe kebayang-bayang terus pula. Sayangnya, giliran saya kepengen, abang yang jualan kembang tahu nggak pernah keliatan lewat depan rumah. Padahal dulu sering banget lewat loh.

Akhirnya, saya dapatkan juga kembang tahu ini di Warung Tahu, Ruko Pasar Mandiri Blok M4C No 9 Kelapa Gading, telp 021-4532341.

Penampakannya ya seperti yang ada di foto di atas. Rasanya, hm…yaaa rasa kembang tahu qiqiqi…masih tetep aneh di lidah, tapi teteup habis juga😀

Alhamdulillah, anak-anak juga seneng diajak ke sana. Excited, karena semua serba kedelai dan tahu. Minum susu kedelai, es krim soya, pancake tahu, tahu petis,  steak tahu…kembang tahunya sih harganya cuma 8000…temen-temennya ini yang kalau ditotal lumayan jadinya.

image  image

Teman yang tinggal di Jalan Kartini Pasar Baru, juga pernah bawain kembang tahu, dan rasanya bener-bener pas di lidah saya, enak deeh…… *sering-sering aja bawaiin, makasih yaaa*

Sekarang, si Abang jago makan anak mama yang sholeh yang rajin banget minta uang buat beli kembang tahu ke komplek sebelah (hasil nanya pak satpam komplek), sekalian sepedahan. Saya GR sangat, terharu dong….si abang sampe segitunya, perhatian banget sama mamahnya….eeeeehhhh begitu abang sampe rumah, loooooo….kok ternyata abang beli buat dirinya sendiri…whuaaaaa, abaaanngg!!!

Besok-besok mau nyobain bikin sendiri ah, habis susah juga kalau pengennya tiap hari…. sudah dapet resepnya dan menurut saya lebih cocok kalau namanya Puding Susu Kedelai Kuah Jahe😀

Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, D, kuliner. Tandai permalink.

7 Balasan ke Kembang Tahu

  1. Lidya berkata:

    harus aku coba juga nih mbak,makan harus ada kuah2nya jadi seger

  2. nh18 berkata:

    saya belum pernah tau makanan-makanan ini …

    ini harus jadi referensi …
    secara Om-om penggemar tahu …
    (bukan penggemar … tapi memang hanya tahulah yang bisa dimakan …)(hahaa … selain bubur ayam dan ager-ager …)

    salam saya

  3. Susindra berkata:

    Hanya bisa membayangkan rasanya dari cerita, mbak.🙂
    di sini ga ada yg jual.

  4. myra anastasia berkata:

    sy blm pernah nyobain walopun sering denger😀

  5. Media Nusantara berkata:

    Wah kelihatannya enak tuh, perlu di coba deh.

Tinggalkan Balasan

