Serba-serbi si Kelas 1 : Mid Test Pertama

Punya beberapa anak, jadi ngalamin beberapa kejadian saat mereka mulai kelas 1 SD. Beda anak, beda kejadiannya, tapi semuanya sama-sama bikin saya tersenyum dan merasa gemas dibuatnya.

Yaaaah, namanya juga masa peralihan dari TK ke SD, jadi banyak banget hal yang mengundang tawa🙂

Mulai 1 Oktober kemaren, anak-anak mulai Mid Test, buat adek, ini adalah pengalaman mid-test pertamanya. Ada-ada saja deh cerita adek selama mid-test ini.

*****

Hari Jumat pulang sekolah, akhir pekan sebelum memasuki minggu Mid-Test….

‘Kalo mama ga mau temenin aku belajar, nanti aku laporin sama bu guru loh!’ sambil memandang ke arah mama dengan gaya tegas alias nada galak-galak gimana gituuu

‘Dek, kan kamu yang sekolah, ditemanin atau tidak, belajar itu kebutuhan kita, kan kita yang sekolah, bukan mama’ si kakak menimpali adek bicara seraya mencoba menasehati adek.

‘Tapi kak, aku itu maunya ditemenin mamah’ merengut sambil melotot ke arah mamahnya yang masih saja senyum-senyum.

Kalau sudah liat adek begini, yang ada iseng mamahnya kambuh…doooh…terlalu banget ya si mamah…

‘Oke lah dek, ga usah dilaporin bu guru deh….tenang saja, besok mamah sendiri yang akan lapor, setuju?’

…..’whuuuuaaaaa, mama nakal!’……….

Buat saya, sungguh lucu permintaannya, karena baru kali ini saya diminta nemenin belajar, pake dipaksa…qiqiqi…sisi lain, saya sedang memanen ‘kebiasaan buruk’ yang sering saya lakukan ke adek…apa itu? …sering banget pake senjata kalimat ‘tar mama bilangin sama bu guru loh!’ ……***hayooo-hayooo ngaku, siapa yang suka gitu juga ke anaknya….?***

Pas saya ceritain ke bu guru, bu guru tertawa sambil bilang, ‘wah rupanya adek salah tangkap ya bu…saya bilang begini ke anak-anak, -pekan depan kalian akan mid test, nanti kalian belajar ya…yang belajar dan baca buku, kalian sendiri ya, mama cukup menemani saja-‘ …..hehehe, satu hal yang biasa terjadi di anak kelas 1, sering bias mengartikan kalimat….wkwkwk…

*****

Hari Sabtunya, si kakak ngajak adek belajar bareng….

Dek, buku kamu mana…ayo, belajar, besok kan test’

‘Di sekolah semua kak’

‘Haaaah? Gimana dong’

‘Ya nggak papa, kenapa emang? Kata Mama, bukuku suruh ditinggal di sekolah biar tas ga berat’

‘Tapi kan mau test’

‘Tapi aku nurut mama kak’

Hadeeeh, saya panik sendiri denger percakapan mereka. Salah saya juga sih…kenapa ga bilang suruh bawa pulang bukunya karena mau test. Ampuuuunnn deeeh!

(nanti kapan-kapan saya ceritain deh kenapa saya punya ide ninggal buku di sekolah hehehe)

*******

Hari ke 4 mid test, pulang sekolah adek lesuuu banget.

‘Waah, anak mama sepertinya lagi capek banget niiih’

‘Iya mah…huuuhhh’ adek keliatannya bete banget.

‘Sini-sini deeh, apa apa niih, sebel banget sepertinya’ biasanya kalau dah gini si adek bakal langsung senyum kalau mamah mengulurkan tangan buat meluk adek.

‘Aku capeeeek mah, tiap hari ngerjain soal terus, kapan selesainya sih, bosen, malesin ih….ga enak ternyata di MI, ga bisa banyak maiiin. Kenapa juga sih harus ngerjain soal teruuus? tiaaaap hari soal melulu,iiihh, capek deh pokoknya’

Kali ini saya melongo, shock juga denger keluhan adek, karena kakak sama abang ga pernah ngeluh kayak gini pas kelas 1 dulu hehehe….

Ups…padahal masih 4 hari lagi nih test-nya….

Pos ini dipublikasikan di MI Istiqlal, Syafa. Tandai permalink.

3 Balasan ke Serba-serbi si Kelas 1 : Mid Test Pertama

  1. Ping balik: Serba-serbi si Kelas 1 : Tas Berat | Belajar dari anak-anak

  2. bundaMaRish berkata:

    ‘tar bunda bilangin sama bu guru loh!’ itu jurus jitu tauk Mbak!🙄

  3. Lidya berkata:

    si Adek ini mirip pascal mbak, kalau dikasih tau sesuatu harus bener2 detail dan jelas kalo ga nanti nangkepnya begitu. semoga lancar ya UTSnya

Tinggalkan Balasan

