Aktualisasi Emak-emak di Era Digital :Pede aja lagiihh!

Begitu cepat waktu berlalu yak….

Sudah 2013….tanpa terasa, sudah 5 tahun lebih punya blog *masih yang gratisan*.

Pede aja lagiihh!

Ga pernah kebayang bikin tulisan sendiri, karena awalnya blog saya  bener-bener dijadiin tempat nyimpen artikel seputar pengasuhan anak-anak, tips, dan info-info apa saja yang ada hubungannya sama kegiatan anak-anak, termasuk buat nyimpen hasil karya anak-anak.

Mulai bikin sendiri, itu juga ngikutin tutorial yang ada di internet, sudah ada berapa blog hasil ujicoba saya pas awal-awal dulu, mulai dari blogspot, multiply, wordpress…semua pernah dicobain….

Waktu kakak masih di Kelompok Bermain, kakak rajin bikin tulisan, rasanya kok sayang banget kalau tulisannya ga diabadikan. Tulisannya lucu-lucu, kadang aneh, bikin terharu, bikin ketawa atau malah bikin bingung karena suka ga nyambung🙂 *kalo penasaran pengen ngintip, langsung aja ke blog kakak pas masih kecil ya*

Lalu…sempet nge-heng beberapa saat, ga pernah update, terus terserang virus malas, sampai akhirnya lupa passwordnya *hiikksss, parah banget ya saya* dan akhirnya kakak minta dibuatin blog baru.

Dulu saya ga pernah yang namanya blog walking. Hingga akhirnya mulai berdatangan komen-komen di blog saya, lama-lama saya malah keasyikan BW. Sejak rajin BW, saya dapet banyak teman baru dan membuat urat tidak pede saya jadi putus, saya mulai mencoba membuat tulisan sendiri, dengan berbagai topik *yang tentu saja kadang dapet ide dari BW juga lah*. Mulailah saya belajar menulis, sampai sekarang. Yaaaa…sudah lumayanan lah menurut saya *lumayan pede maksudnya, ga peduli mau dibilang bagus apa kagag, namanya juga belajaran*

Dari sekedar buat arsip, kegiatan nge-blog akhirnya menjadi sesuatu yang nagih. Selain nambah banyak temen, juga bikin mata jadi melek akan banyak hal, tanpa disadari tiap blogger punya keunikan sendiri-sendiri, ada yang suka nulis soal masak, jalan-jalan, jajan, kesehatan, lomba, prakarya dan masih banyak hal lainnya.

Saya mulai berani ikutan kompetisi blog, dan ajang sejenis yang diadakan sama sesama blogger, meski belum pernah dapet hadiah spektakuler, tapi buat saya ya itu sebuah prestasi yang membuat saya makin jatuh cinta sama nulis. Anak-anak juga ikut-ikutan semangat menulis, abang dan adek juga ga mau kalah sama kakak, minta dibuatin blog, bahkan kadang juga ikutan lomba blog. Senang rasanya kalau mereka mau belajar menuliskan pengalaman dengan bahasa mereka sendiri di blog masing-masing. Meski untuk itu, mereka harus rebutan laptop dan komputer.

Akhirnya bergabung ke Kumpulan Emak Blogger

Dulu saya malu kalau mau ikutan yang namanya kopdar dengan teman-teman blogger. Tapi bertemu mereka ternyata sungguh menyenangkan. Rasanya aura positif selalu muncul saat kopdar, rasanya ga ada kesenjanngan, mau orang penting kek, mau pejabat atau mau orang super kaya sekalipun, semua sama saat kopdar…semuanya adalah “blogger” dan ga pake embel-embel. Selagi waktunya memungkinkan, pengennya ya bisa dateng kopdar *anggap aja me time*

Lalu saya pun diajak oleh beberapa rekan blogger bergabung di beberapa komunitas blogger, salah satunya Kumpulan Emak Blogger (KEB). Di sini anggotanya perempuan semua😉

Ada yang lucu deh dengan KEB ini. Saya sering sekali melihat web-nya KEB, juga sering liat beberapa temen yang upload tulisan ke grup KEB di FB, dan saya pun merasa sudah mendaftar sebagai salah satu anggotanya, ternyata saya salah sangka saudara-saudara….pas saya lihat lagi, saya belum masuk ke anggotanya…hihihi…akhirnya saya daftar beneran deh *dulu merasa sudah mendaftar ternyata ga daftar beneran, baru mau akan, tapi ingetnya sudah daftar, faktor U kaliiii yaaa, pelupa*

Penobatan Srikandi Blogger 2013 : Amazing dan Inspiratif

Bulan April lalu, KEB baru saja menyelenggarakan pemilihan Acer Srikandi Blogger 2013 untuk para blogger perempuan yang aktif, eksis, dan berprestasi, tidak hanya di dunia maya, tapi juga di dunia nyata. Tadinya pengen ikutan, tapiiii…lagi ada kerjaan yang kudu diselesaikan *jiiaaahh…ngeleess*

Di ajang tersebut, para blogger mengikuti beberapa proses seleksi yang mengharuskan mereka menyelesaikan tugas demi tugas *yang ga gampang* agar bisa terus melaju dan masuk ke babak selanjutnya. Akhirnya kepilih deh 10 finalis Srikandi Blogger 2013. Beberapa diantaranya saya sudah kenal di dunia maya, cuma baru pernah kopdar sama satu finalis dari Bandung saja😉

Ahhh, pas lihat liputannya di web KEB tentang malam penobatan Srikandi Blogger 2013 , tiba-tiba aja ikutan terharu. Iya lah, ikutan bangga dong sama emak-emak yang berhasil masuk jadi finalis.

Keren banget deh!

Dengan ajang ini para emak berhasil membuktikan bahwa ‘blogger’ itu bukan profesi yang bisa dipandang sebelah mata. Mereka berhasil membuktikan bahwa mereka mampu menulis, tapi gak asal nulis! Mereka berhasil membuktikan bahwa mereka mampu menulis sesuatu yang kerkualitas!

Tentu saja, kalau buat saya pribadi ya very amazing dan inspiratif.

Bayangin aja, emak-emak kan identik karakternya tuh cerewet, suka heboh, suka ngerumpi, suka lebay…*jangan tersungging yak, piiisss sesama emak nih kite* Tapi, kalau disalurkan ke hal positif, juga bisa ‘ very amazing‘ coba aja tuh diliat, blog para emak-emak kan juga banyak curcolnya….curcol sembarang hal, dan kadang justru dari blog juga para emak bisa dapat masukan-masukan yang oke dari komen teman-teman sesama blogger.

Inspiratif…bermula dari menulis hal-hal yang sederhana, ada yang nulis hoby nonton film Korea, suka masak ini itu, atau bahkan cerita sehari-hari macam diary tumbuh kembang anak…para emak berani memulai debut sebagai seorang blogger, hingga akhirnya para emak makin piawai menulis. Dan hebatnya lagiiii, semua tugas dibabat habis sama emak-emak yang oke ini…..emak-emak yang masuk finalis Srikandi Blogger 2013 ini sepertinya juga sering menang di berbagai kompetisi blog. Keren ya? Dari 150 emak yang ikutan, dipilih jadi 50 terbaik…terus dikerucutkan lagi jadi 10 deh.

Foto dipinjem dari web KEB

Acung jempol deh buat para Srikandi Blogger yang keren-keren, sudah berhasil menunjukkan bahwa di era digital ini, aktualisasi diri  melalui blog adalah ‘sesuatu banget’. Sayang saya gabisa dateng di acara penobatan yang disponsori oleh Wardah, Acer dan Rinso  itu…jadi gabisa lihat langsung penampilan emak-emak yang disulap bak Putri Indonesia🙂 Tapi cukup puas lah bisa melihat di foto saja…

Ini dia pemenangnya, hadiahnya juga keren-keren yaaaakkk :

  • Srikandi Blogger : Alaika Abdullah. Mendapatkan 1 unit Acer Aspire V5-471PG (touchscreen notebook), paket Rinso (2 dus) & Paket Wardah, serta mewakili KEB di Asean Blogger di Solo.
  • Srikandi Favorit : Anazkia. Mendapatkan 1 unit Acer Aspire E1-471. paket rinso (2 dus) & wardah
  • Srikandi Blogger Persahabatan : Myra Anastasia. Mendapatkan 1 unit Acer Aspire E1-471. paket rinso (2 dus) & wardah
  • Blogger Inspiratif : Haya Aliya Zaki. Mendapatkan TV, paket rinso & wardah
  • Blogger Lifetime Achievement : Yati Rachmat. Mendapatkan TV, paket rinso & wardah.

Beneran, ikutan bangga punya teman hebat macam mereka!

Bangga juga dengan debut  emak-emak KEB yang mau mengadakan acara yang keren habis ini, semoga bisa terus menginspirasi para emak-emak dan ajang berbagi buat para emak-emak di seluruh dunia, baik blogger maupun bukan. Semoga kerja keras kalian membawa manfaat dan menjadi wadah aktualisasi bagi emak-emak di seluruh dunia.

Emak-emak jadi blogger? Kenapa tidak?

Hayuk emak-emak sekalian, di era digital sekarang ini,  saatnya menuangkan ‘kecerewetan’ menjadi sesuatu yang positif, ga perlu takut, pede aja lagiihh….

Jadi blogger yuk!

Kali aja kita bisa jadi next Srikandi Blogger😉

Pos ini dipublikasikan di blogging. Tandai permalink.

4 Balasan ke Aktualisasi Emak-emak di Era Digital :Pede aja lagiihh!

  1. Lidya berkata:

    aku dukung mbak ya untuk menjadi next srikandi

  2. nh18 berkata:

    Kuncinya hanya satu Bu Devi …
    Balance …

    Majulah Srikandi Blogger Indonesia

    Salam saya

  3. Lusi berkata:

    Selamat siang Mak. Jury visit. Semoga sukses ya🙂

Tinggalkan Balasan

