Mlipit

Pernah mendengar kata ‘mlipit’?

Mlipit ini adalah kosa kata bahasa Jawa. Hm…Jawa bagian mana saya sendiri kurang tahu tepatnya.

Beberapa teman dari Jawa Barat menjawab tidak tahu artinyaūüėČ

Beberapa teman dari Jawa Timur juga nggak pernah denger katanyaūüėČ

Kalau teman dari Jawa Tengah, ada yang menjawab tahu artinya, ada juga yang baru pernah denger juga¬†ūüėČ

Bikin saya bingung, sebenernya dari mana tuh kosa kata itu berasal…

“Alhamdulillah, anakku pinter…le setrika klambi mlipit tenan”

Kurang lebih, mlipit bisa diartikan sebagai = rapi, halus, licin .

Setelah saya inget2, penggunaan kata ‘mlipit’ lebih cenderung digunakan untuk “hasil setrikaan yang rapi, halus, licin alias tidak lecek’.

Meski kadang kita gunakan untuk menilai penampilan seseorang, tapi tetep aja kaitannya dengan pakaian yang dipakai.

“Cah iku nek nganggo klambi mesti mlipit tenan”

***

Kenapa tiba-tiba saya bercerita soal mlipit?

Huuuffffhhh…si abang sudah mulai memprotes hasil setrikaan saya, selaluuuu saja baju abang disetrika ulang sama dia sampe bener-bener mlipit!!!

Atau, saya kudu sedia waktu ekstra kalau harus nungguin si abang setrika bajunya sendiri, lamanyaaa…kalau belum bener2 mlipit, bakalan belum berhenti…

Ssssttt….kayak siapa tuh?ūüėČ

Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif. Tandai permalink.

10 Balasan ke Mlipit

  1. ~Amela~ berkata:

    waah.. si abang luar biasa..
    nyetrika adalah pekerjaan yang bukan favoritku..
    panas, dan bikin emosi kalau bajunya ga licin2.. *kayaknya sih gara2 aku ga pinter nyetrika*

  2. Lidya berkata:

    wah ehabt si abang sudah bisa setrika sendiri ya

  3. nh18 berkata:

    Mlipit itu ,,, diam-diam keluar ruangan …

    (itu mlipir ooommmm …)

    Hehehe
    Salam saya

  4. Aku dari Jawa Tengah tapi ga tahu apa itu mlipit. Tahunya mlipir & mlipat

  5. Necky Effendy berkata:

    hahaha…baru aja mau pelesetin jadi mlipir…eh udh keduluan sama om enha….
    apa kabarnya mbak? baru mampir disini lagi…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s