Kelas Mendongeng

Belajar mendongeng bersama teman-teman masa kecil benar-benar sesuatu bangeettttt!

Dulu, kami banyak menghabiskan waktu bermain (dan belajar) bersama. Tiada bosannya. Bercerita tentang apa saja, berkhayal tentang apa saja. (Kehebohan kami pernah saya ceritakan di sini).

Kini….kami semua sudah menjadi ibu, bahkan mempunyai putera-puteri lebih dari satu. Ada yang memilih menjadi ibu rumah tangga, ada yang mempunyai usaha sendiri, ada yang menjadi anggota AU, ada yang menjadi pustakawati, dan ada yang menjadi guru TK, dan saya sendiri menjadi PNS.

Hal yang sungguh sempat membuat kami terkaget-kaget adalah kenyataan bahwa salah satu dari kami pada akhirnya menjadi guru TK, setelah perjalanan panjangnya bersekolah di sebuah pesantren, membuka warung nasi beberapa tahun, dan akhirnya terpanggil menjadi seorang guru di sebuah TK Islam di kampung kami.

Tentu saja kami kaget, bener-bener sebuah dunia yang tak pernah terbayangkan, bahkan tak pernah ada dalam pembicaraan kami saat SMP dan SMA dulu. Memang, ada waktunya kami berangan menjadi guru, tapi itupun menjadi dosen, bukan guru TK.šŸ˜‰

Alhamdulillah….dengan adanya teman yang menjadi guru TK, kami jadi sering sekali mendapat ilmu baru menghadapi anak-anak. Mulai dari tips mengatasi anak, bagaimana memberikan stimulasi pada anak, juga soal membuat prakarya. Meski dulu tak pernah terpikirkan, kami semua sangat mensyukuri hal ini.

Kali ini, kami sepakat membuat kelas mendongeng jarak jauh, yang menjadi tutornya adalah bu guru Yulfa. Yulfa sering menjuarai lomba dongeng, kami juga pengen dong belajar dari dia soal hal ini. Profesinya sekarang bukan hanya guru anak TK saja, ketambahan satu lagi…. jadi guru mendongeng bagi kami semua.

Kelas mendongeng kali ini ditujukan buat anak khususnya, tapi kalau mamahnya pengen ikutan juga boleh. Ssssttt…padahal, kalau anaknya yang belajar, pastilah mamahnya juga ikutan belajar, apalagi semua instruksinya ditujukan buat si mamah, baru deh mamah memikirkan cara menyampaikan ke anak masing-masingšŸ˜€

Ga boleh main-main, karena bakal ditagih hasil tugasnya sama bu guru! Meski kadang kami minta perpanjangan waktu mengingat mood dan kegiatan anak-anak yang gak sama waktunya…..(ngeles ajaaahhh)

Hasil karya anak-anak difoto/discan dan di-upload di fb dan BBM untuk mendapat masukan dari bu guru Yulfa. Anak-anak semakin semangat saat melihat hasil karya teman di kelas mendongeng yang sudah terbit duluan…

Dengan adanya kelas mendongeng ini, kami jadi sering mendiskusikan bagaimana cara memotivasi anak dengan berbagai karakter agar mau mengerjakan tugas yang diberikan. Beda umur, beda juga hasil karyanya, beda juga cara merayunya….(kudu belajar).

Sesuatu banget kan?

Terimakasih ya teman-teman…terimakasih ya buat Yulfa yang sudah mau berbagi ilmu kepada kami….

šŸ˜€šŸ˜‰šŸ˜€

*****

Ikutan yuuukkk….

Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, belajar dari anak-anak, Mama, Pelatihan. Tandai permalink.

3 Balasan ke Kelas Mendongeng

  1. ~Amela~ berkata:

    aku mau dong mbak diajarin mendongeng

  2. monda berkata:

    senangnya mbak …., reuni akhirnya jadi tempat belajar …, dan biarpun guru TK saja tapi ilmunya bu Yulfa banyak ya……,

  3. Lidya berkata:

    tips mendongeng dong mbak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s