Pelatihan Crafting : Replika Makanan Flanel @ The Ningrat

theningrat-1Hari Minggu, 3 Pebruari 2013 The Ningrat mengadakan  acara “Berbagi Inspirasi, Berbagi Semangat” dalam bentuk “Pelatihan Crafting” membuat replika makanan dari flanel.

Baca pengumuman acara  ini di facebook mbak Kusumaning Ratih (pemilik The Ningrat)  seneng banget deh. Siapa yang nggak mupeng kalau lihat replika makanan dari flanel yang diproduksi oleh The Ningrat, replikanya keren-keren banget dan bener-bener muuuuiiiirrriiiipppp tenan!

Langsung membayangkan ekspresi kakak yang bakal antusias banget kalau dikasih kabar tentang ini, karena kakak sudah lama banget pengen belajar membuat replika makanan dari kain flanel.

Ternyata beneran, pas kakak dikasih tau, woooowwww bukan main senangnya, saya segera mendaftarkan diri ke mbak Ratih atas nama kakak, dan juga  saya sendiri dong…**saya kan mupeng juga bisa bikin replika keren kek mbak Ratih**

Lokasi pelatihannya di Villa Mutiara Gading 2, Bekasi. Pas liat google map,ups…lumayan jauuuhhh….tapi tak apalah, melihat senyum bahagia kakak, rasanya jarak tak jadi masalah, apalagi waktunya bener-bener pas, pas kakak libur sekolah dan kami tidak ada acara lain.

Setelah melalui perjalanan yang lumayan berliku *disertai acara kebablasan dan nanya sana sini*  sampai juga kami di rumah mbak Ratih yang juga menjadi tempat produksi The Ningrat.

***

lat2Suasana pelatihan serius tapi santai membuat kami ngobrol banyak hal…saya ingin sekali berbagi beberapa hasil obrolan kepada teman-teman yang sering berkunjung ke sini…semoga bisa ikutan kebagian semangat dan dapet inspirasi🙂

lat7

Mbak Ratih, yang berasal dari Purwodadi-Grobogan ini, sejak kecil ternyata memang sudah hobby crafting untuk mengisi waktu luangnya. Mulai dari bikin kristik, tas manik-manik, smock bantal, dan masih banyak lagi. Siapa sangka justru hobby yang terus ditekuni itulah yang menjadikannya sebagai ‘mompreneur’ seperti sekarang ini.

all

Mulai jatuh cinta pada flanel saat tinggal di Bandung. Ketika itu, mbak Ratih melihat sebuah toples cantik berhiaskan flanel, ada rasa penasaran untuk mencoba membuatnya sendiri. Mbak Ratih membeli kain flanel lembaran, lem uhu ukuran terkecil, dan dacron juga beli ukuran yang puuuaaallliiing kecil, maklumlah…semuanya dipas-pasin sama uang modal yang hanya Rp. 20.000 saja. Rencananya bahan itu mau dipake buat menghias toples bekas kue lebaran. Tapi pas mulai mau mengerjakan, baru terpikirkan olehnya “Kalau toples dipake buat tempat kue, pasti akan kotor, dan bakal dicuci berkali-kali kalau mau pake lagi. Padahal semua hiasannya ditempel pakai lem,….waaahh, pasti cepet rusak deh hiasannya”. Pemikiran inilah yang mengurungkan niatnya untuk menghias toples dan mendiamkan bahan-bahan tersebut beberapa waktu.

Sampai suatu ketika, saat mbak Ratih menemani si sulung membeli donat (si sulung selalu minta dibelikan donat J.Co tiap jalan-jalan ke mall), mbak Ratih kembali teringat pada flanel-flanel yang sempat dibelinya dan masih tersimpan rapi.  Melihat  bermacam-macam donat yang didisplay, terbersit ide “sepertinya asik deh kalau bikin donat dari flanel“. Sejak itu, mulailah mencoba membuat kreasi berbagai macam donat dari bahan kain flanel. Tak disangka, ternyata ada teman yang memaksa pengen membeli aneka donat hasil karyanya, bahkan minta dibikinkan ini dan itu. Tentu saja kesempatan ini dimanfaatkan oleh mbak Ratih untuk belajar membuat aneka replika makanan dari kain flanel. Yaaaaa, meskipun hasilnya belum menggembirakan kala itu, namun kesungguhan niat dan ketekunan dalam berkarya, membuat setiap sentuhan tangan mbak Ratih di atas kain flanel menjadi sebuah karya yang apik dan bernilai.

Dulu mbak Ratih pernah mengajukan proposal untuk menulis buku ke Penerbit Tiara Aksa, namun ditolak dengan alasan mereka sedang cetak buku dengan tema yang sama…‘belum rejeki saya rupanya’ mbak Ratih menceritakan di sela-sela pelatihan.

donatBukan mbak Ratih namanya, kalau menyerah begitu saja untuk berbagi ilmu…selain mengadakan kursus membuat aneka kerajinan flanel, mbak Ratih juga pengen sering menyelenggarakan “pelatihan gratis” seperti yang saya dan kakak ikuti ini. Sebetulnya pelatihan ini ditujukan buat para ibu-ibu rumah tangga, namun saya yang notabene ibu bekerja juga diberi kesempatan kok mengikutinya, ini juga berlaku buat siapa saja juga pengen belajar berkreasi😉

Mbak Ratih punya keinginan, mengajak ibu-ibu rumah tangga untuk ‘doing something’ dengan melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan uang dan dilakukan di rumah, karena bisa berbisnis melalui internet. Yaaaaaaccchhh, butuh perjuangan! Karena di lingkungan  sekitar Mbak Ratih masih banyak ibu-ibu yang belum melek internet dan berpikiran bahwa yang namanya jualan itu ya harus punya toko (fisiknya), dan kemauan untuk berwirausaha masih belum ada.

Tetap semangat ya mbak….Insya Allah selalu ada jalan untuk semua niat baik mbak…

Terimakasih banyak sudah memberikan kesempatan kepada saya dan kakak untuk belajar langsung dari mbak Ratih. Cerita pengalaman mbak sangat bermanfaat buat saya dan kakak, “Berbagi Inspirasi, Berbagi Semangat”.

Semoga Allah memudahkan dan memberkahi setiap langkah mbak dalam berbagi kebaikan dan berbagi manfaat buat sesama….

***

Bagi teman-teman yang ingin melihat hasil kreasi, memesan, atau mengikuti pelatihan yang diselenggarakan The Ningrat, boleh menghubungi mbak Ratih via :

kukis2

***

kukis1Foto-foto hasil karya dipinjam dari FB mbak Ratih…pinjam ya mbak🙂

Pos ini dipublikasikan di blogging, inspirasi, Kakak Rahma, Mama, prakarya dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Pelatihan Crafting : Replika Makanan Flanel @ The Ningrat

  1. Yos Beda berkata:

    waaah mampir postingan ini bikin langsung laperrr..😀

  2. Lidya berkata:

    kalau dari rumahku deket mbak mutiara gading🙂 oh ya mbak aku pernah lihat kue2 flanel ini lucu-lucu mirip aslinya ya. pascal suka bacangnya, alvin donat🙂

  3. ipmawan hakim berkata:

    superrr sekali…..

  4. chocoVanilla berkata:

    Ya ampyuuun, mirip banget ya? Kreatif banget dan salute!
    Kuwi wis cedak nggonku Jeng, kok ra mampir…

  5. orange float berkata:

    kerajinan ini butuh ketelitian dan juga kesabaran yang sebanding dengan hasilnya yang cantik

  6. Walau pun replika, bisa bikin lapeeer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s