Cara Membuat Telur Mata Sapi dengan kuning telur pas di tengah :)

‘Anakku tuh ya, nggak mau makan telur mata sapi kalau kuning telurnya ga di tengah!’

Ups, tentu saja terkaget-kaget saya dibuatnya.

Untunglah anak-anak saya  ga pernah protes kalau saya masakin telur mata sapi yang letak kuningnya ga pasti, kadang di pinggir,tengah, bahkan kadang pecah.

Pas denger, yaaa …jujur aja, rada-rada geli, heran, dan juga aneh, karena menurut saya, mau dimanapun letak kuning telurnya, tetep aja kan namanya telur mata sapi, rasanya juga yaaaaa ga beda-beda jauuuhhh…

Eiittss…jangan-jangan, kalau kuningnya ga di tengah, namanya bukan telur mata sapi kali yaaa?

Iseng,tanya ke paman google, hasilnya nih ya… :

Telur mata sapi : telur ayam (itik) yang digoreng tanpa diaduk dahulu (kuning telurnya masih utuh) *menurut Kamus Besar*

Telur mata sapi (dari bahasa Perancis Œil de Bœuf) adalah hidangan dari telur (biasanya ayam) yang digoreng dengan minyak goreng panas tanpa diaduk terlebih dahulu. Di Indonesia dikenal juga sebagai telur ceplok. *menurut wikipedia*

Qiqiqiqi…ternyata kagag ngaruh kan mau letaknya di mana tuh kuning telur, namanya tetep Telur Mata Sapi🙂

Memang siiihhh penampilanya bakalan cantik kalau memang kuningnya bisa di tengah.

Terus bagaimana cara bikinnya biar kuningnya bisa di tengah?

Tips: untuk membuat telur mata sapi yang cantik
Jika ingin membuat telur ceplok yang cantik dengan bagian kuning di tengah? Pisahkan dulu kuning telur dan putihnya. Goreng bagian putihnya. Setelah setengah matang, tuang kuningnya di bagian tengah. Masak sampai kuning matang dan telur mata sapinya yang dihasilkan benar2 cantik karena kuning telurnya pas di tengah.

Membuat telur mata sapi dengan bentuk bulat dan bagian kuning telur berada di bagian tengah memang menarik dan menggugah selera. Caranya mudah, gunakan wajan yang agak cekung berukuran kecil atau cetakan kue serabi/kue lumpur. Gunakan minyak sedikit jangan sampai merendam telur. Tuang telur dengan hati-hati dan biasanya kuning telur akan otomatis berada tepat di tengah. Jika letak kuning telur berada di pinggir, goyangkan penggorengan atau dibantu dengan sendok, dorong kuning telur agar tepat berada di bagian tengah, lakukan saat telur baru dimasukkan/masih mentah agar kuning telur bisa didorong dengan mudah. Pilih telur yang baru, karena telur yang baru biasanya kuning telurnya berada di tengah, sedangkan telur lama kuning telurnya biasanya mudah sekali rusak dan tidak menghasilkan bentuk yang bulat saat dibuat telur mata sapi.

Ada yang mau berbagi tips lainkah???

😉

Pos ini dipublikasikan di iseng, Mama. Tandai permalink.

21 Balasan ke Cara Membuat Telur Mata Sapi dengan kuning telur pas di tengah :)

  1. Hehehehe kocak juga ya jika denger anak-anak mau makan kalau kuning telur terletak di tengah
    Powered by Telkomsel BlackBerry®

  2. ~Amela~ berkata:

    oke banget mbak tipsnya..
    tapi berhubung suami ga mau makan putih telur, jadi sepertinya saya bakal lebih sering masak telur dadar.. hehehe

  3. Lidya berkata:

    tips yang pertama tuh mbak bisa saya coba nanti

  4. nh18 berkata:

    Dari kecil …
    saya jarang bahkan tak pernah dibuatkan telor mata sapi yang bulet …
    pasti Ibu membuatnya … pecah …
    dan bagi kami … ini paling enak sedunia …

    hahaha

    salam saya Bu Devi

  5. Ikakoentjoro berkata:

    Aku biasanya kalo bikin telur ceplox, matanya kekiri atau kekanan alias ga center banget dech😀

  6. whysooserious berkata:

    Telur ceplok memang nggak ada matinya🙂
    Kalo buat saya sih nggak penting kuningnya di tengah apa enggak, yang penting mateng. Hehehehe, salam kenal…

  7. AL berkata:

    Kalo dulu saya waktu kecil, sampe sekarang sih, gak mau makan telur mata sapi kalo kuningnya mateng! Maunya, si kuning seperempat mateng aja. Masih cair. Tapi putihnya harus mateng. Pas udah gedean, coba bikin sendiri ternyata susah! Buset, betapa keren dan sabarnya (almarhum) ayah saya, ya, hiks… Eniwey, krn ibu gak bisa masak, jadi yg masak ya ayah :p

  8. monda berkata:

    untuuuung aja di rumah nggak ada special request untuk telur ceplok, asal kuningnya mateng kering aja

  9. Imelda berkata:

    dulu aku di jkt juga telurnya ya macem-macem, soalnya kami masaknya pakai mentega. Mama ngga suka kalau pakai minyak. Setelah ke Jepang, suamiku maunya yang pinggirnya kriyuk-kriyuk tapi kuningnya matang (ngga peduli tengah atau ngga). Nah ternyata utk masak yang pinggirnya kriyuk2 gitu harus dengan cukup banyak minyak, dan….ditutup spy kuningnya matang hehehe. aneh-aneh aja ya😀

  10. Indra berkata:

    Aku gak pnh bisa buat yg kuningnya kliatan spt dlm foto2 itu lho, kecuali kalau kuningnya 1/2 matang. Kli ku tunggu sampai kuningnya matang biasa pinggiran putihnya sdh gosong, pdhal sdh pake api kecil. Kasih tau dong mbak, gimana caranya….? Tq. Salam: Indra

    • Ira Novelia berkata:

      kalo bisa masaknya di wajan anti lengket ndra, trus minyaknya gorengnya sedikit aja dan dimasak dengan api kecil, oh ya jangan lupa ditutup ya, supaya yang kuningnya matang🙂

  11. Puspa HP berkata:

    aq mau tanya donk…
    bikin telur setengah matang pake microwave gmn ya?
    tekanan panasnya yg apa dan berapa menit masaknya…?
    belajar uda 1 kg telur tak habisin tp ga jadi2…

    • Devi Yudhistira berkata:

      hadew mbaakk…semoga ada teman2 yg bs memberikan jawaban ya mbak, krn saya malah g pernah pake microwave

      • Puspa HP berkata:

        aq cowo mbak…
        aq uda nemuin kok caranya, hasilnya bisa divariasi dengan minyak goreng, mentega n zaitun sesuai selera…

        membuat setengah matang menggunakan microwave jika tanpa minyak goreng/mentega/olive oil disarankan menggunakan wadah yg tanpa lengket…

        kalau ingin bentuk seperti digoreng dengan wajan biasa, kuning telurnya di coblos dahulu dengan tusuk gigi ato garpu, coblosan kecil saja biar ga meledak…

        gunakan tekanan panas MEDIUM dengan lama pemasakan 2 menit atau MEDIUM HIGH dengan lama pemasakan 1 menit, lebih dr itu kuning telur akan mengering…
        (hasil bervariasi dikarenakan perbedaan jenis microwave, ada yg menggunakan microwave dengan ukuran derajat panas dan tidak)

        kalau ingin dengan bentuk telur utuh dengan kulitnya, saya belom mencoba… (takut meledak se kulit kulitnya. Ada gambaran jika ujung atas kulit telurnya dikelupas sedikit…

  12. royyan berkata:

    Tips sederhana tapi tidak setiap orang tahu.
    membaca artikel ini saya jadi tahu.
    terima kasih telah berbagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s