Bedak Dingin Cap Bunga Tanjung

Jaman saya kecil dulu, si mamah suka banget makein saya ‘wedak adem’ atau bedak dingin kalau cuaca lagi panas banget, katanya sih biar nggak biang keringat dan berasa adem.

Bahan dasar untuk membuat bedak dingin adalah beras. Cara membuatnya juga masih tradisional (info dari rekan kerja yang ngakunya pernah lihat cara membuatnya sih *agak meragukan*….tapi berdasarkan hasil browsing, ternyata info tersebut lumayan akurat hehehe). Beras yang akan dibuat bedak direndam air semalaman, terus habis itu air rendamannya dibuang, terus direndam lagi semalaman. Kalau berasnya sudah hancur waktu dipegang, baru deh beras dimasukin ke kain buat diperas. Kalau sudah ditambahkan rempah-rempah. Biar baunya lumayan harum, dicampur sama bunga mawar atau bunga tanjung. Terus dibikin bulatan kecil-kecil, dijemur deh…

Gampang kan bikinnya? Yaaaaakkk, kali-kali aja mau pada bikin sendiri di rumah, bisa dicoba, tar kalau sudah jadi jangan lupa diupload…siapa tau saya bisa mintašŸ™‚ atau saya beli deeehhh….Kalau saya sih mendingan beli jadi aja, lebih praktis.

Pas saya dinas ke Banjarmasin, sempet heran juga liat beberapa anak pulang sekolah, kok wajahnya coreng moreng putih, lebih anehnya lagi, mereka cuek-cuek aja, gada juga teman lain yang terlihat meledek. Kata sopir angkot, di sana memang orang sudah terbiasa pake pupur basah (sebutan bedak dingin di sana). Dan keluar rumah coreng moreng juga biasa, yang penting kulit ga rusak kena sinar mataharišŸ™‚ **jangan-jangan ini rahasianya kenapaĀ  orang sana rata-rata berkulit putih**

Jadilah di sana saya beli tuh pupur basah. Murah, isinya juga banyak banget. Pakenya kan ga perlu banyak-banyak, paling cuma sebiji kalau buat muka doang. Ternyata penampakan pupur basah dengan wedak adem mamah dulu, ga jauh beda… bulet-bulet kecil agak pipih dikit.

Kasiat bedak dingin ini banyak banget…untuk menyejukkan muka, mempertahankan kelembaban kulit, menghaluskan kulit, bisa juga ngilangin bekas jerawat dan bikin kulit lebih cerah *putihan dikit maksudnya*.

Jadi ya kawan, saran saya nih yaaaa…..kalau ada teman yang pergi ke Banjarmasin, minta oleh-olehnya Bedak Dingin Cap Bunga Tanjung saja….selain manfaatnya banyak, harganya juga masih bisa bikin teman yang beliin tersenyum bahagiašŸ™‚ ***jangan minta oleh-oleh kain sasirangan atau batu/permata Martapura, bakal manyun deeehh yang dimintain oleh-oleh***

Teruuussss….., kalauĀ  ada yang pengen tapi temennya ga ada yang pergi ke sana juga,Ā  bisa juga kok mesen dan beli sama saya, dijamin murah harganya (ujung-ujungnya promosi deh).

šŸ˜‰

****

***masih edisi ngoprek draft tulisan,

ternyata tulisan ini dibuat 24 Oktober 2011,

wuidiiihh…

Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, Mama, oleh-oleh dan tag , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Bedak Dingin Cap Bunga Tanjung

  1. Lidya berkata:

    kalau habis melahirkan aku suka dikasih sama mertua mbak, tapi belum pernah aku pakaišŸ™‚

  2. ratri berkata:

    hi slm kenal. bedak tu dipake semaleman apa dipake kaya masker gt?? coz ak punya tp lom pernah pake…

  3. chotim berkata:

    boleh donk mb pesen,,no.yg bs d hub.i brp???

    085655617584

  4. nur aida berkata:

    gimana caranya saya dapat memesan online karena saya ada di jawa timur .

  5. yanti berkata:

    mb apa masih jual bedak dingin bunga tanjung?

Tinggalkan Balasan

