Tukang Ketoprak

Hari Minggu kemaren, tak ada angin tak ada hujan, pas masuk rumah tiba-tiba abang berteriak memanggil mama :

“Maaaaaahhh….mamaaaahhh….ada cita-cita baru aku deh mah…”

“O,yaaa? Apa itu, bang?”

“Tukang Ketoprak” (sambil meletakkan ketoprak yang baru saja dibelinya di meja makan)

“Berdagang maksudnya ya bang? Alhamdulillah, yang penting profesi yang halal ya bang!”

“Hebat loh mah, bang Kasim itu duitnya sekaleng roti” (sambil ngeloyor pergi)

***

Hehehe…..anak-anak lucu banget ya, cita-citanya berganti-ganti…jadi inget dulu, saya juga suka berganti cita-cita dengan enaknya sesuai sama sikon yang dihadapi…mulai dari juragan kacang, petani, pedagang kue keliling, tukang es krim, dokter, insinyur pertanian, guru, astronot (jamannya heboh astronot wanita dari Indonesia itu looo) bahkan  pegawai bank…..qiqiqiqi….

Jadiiiii,,,ya nggak heran kalau denger anak-anak berujar soal cita-cita yang berubah terus…

***

Senin malam, abang sibuk memasak nasi goreng buat ayah. Menyiapkan dan meracik bumbu, hingga memasaknya…senangnya kalau punya koki cilik di rumah🙂 (trimakasih ya bang, abang hebat!)

Tapi kokinya ini selain hobi masak, juga hobi makan…qiqiqi, jadi pas menikmati hasil masakannya, dia bakal ikutan nimbrung buat minta sesuap demi sesuap sampai banyak suap hehehe…

Sambil makan, dengan antusias abang menceritakan soal cita-citanya jadi Tukang Ketoprak yang pernah dibahas hari Minggu-nya.

“Hebat banget lo mah, bang Kasim itu, bisa bikin ketoprak enak. Mamah tau nggak, kemaren itu aku kan belajar bikin sendiri sama bang Kasim. Aku minta bikin sendiri…eeehh boleh lo mah, pertamanya kan bawang putih dipotong, terus kalau mau dikasih cabe juga boleh, kasih gula merah dikit, bumbu kacang, ditumbuk deh semuanya, kasih air putih dikit, kasih potongan tahu yang udah digoreng, bihun sama ketupat, terakhir kerupuk…jadi deh, enak banget rasanya!” (semangat banget ceritanya)

“Baik banget ya bang Kasim, abang pasti seneng banget ya boleh nyoba bikin sendiri”

“Iya mah….mah, tau nggak…aku juga nanya loh, kenapa kok harga ketopraknya naik, katanya bahan-bahan sekarang mahal-mahal. Aku juga nanya pesen dibikinin gerobak buat jualan bisa nggak ke bang Kasim aja pesennya. Terus kira-kira harganya berapa, gitu mah! Terus kubilang, harga gerobaknya misal 100 ribu, yang 50 ribu buat kayu, yang 50 ribu buat pakunya….bang Kasim malah ketawa, kubilang aja…aku beneran ini bang, kalau murah aku mau pesan”

(maaf ya baaanngg, mama bener-bener pengen ketawa pas denger, bukan ngetawain cita-cita abang, tapi cerita abang soal pesen gerobak bener-bener diluar dugaan mama)

“Abang beneran mau pesan gerobak buat jualan?”

“Iya mah….”

“Ya udah minta bikinin kakek aja ya pas liburan besok…”

“Bener yah? boleh?”

(Alhamdulillah….bahagianya mama dan ayah melihat wajah abang yang sumringah banget malem itu, apalagi mendengarkannya sambil menikmati nasi goreng buatan abang…bahagianyaa…)

Love you, bang!!!

Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif. Tandai permalink.

8 Balasan ke Tukang Ketoprak

  1. Imelda berkata:

    aduuuuuuh manissss sekali! Aku bisa bayangkan wajah abang yang berseri-seri bersemangat gitu. Senang ya sebagai orang tua melihat perkembangan dan pergantian cita-cita… Enjoy!

  2. ~Amela~ berkata:

    waah.. abang pinter banget sih, kakak aja belum pernah nyoba bikin ketoprak lho..
    kapan2 belajar sama abang aah

  3. Nh Her berkata:

    Si Abang ini memang khas bener …
    Dia selalu tidak ragu-ragu untuk berbincang dengan siapa saja … bertanya kepada siapa saja …
    rasa ingin tahunya besar …

    Ini modal yang sangat besar Bu Devi

    Salam saya

  4. Lidya berkata:

    aku suka banget ketoprak loh, wah pasti ketoprak buatannya abang enak banget nih

  5. Agung Rangga berkata:

    wuaaah, si abang pinter banget ya cerita tentang cita-citanya~😀
    hihi, itu beneran mau dibikinin gerobak bun?:mrgreen:

  6. Myra Anastasia berkata:

    Salut juga utk mamanya yg tdk “mematikan” cita2 pilihan anaknya.. Jd nya si abang tetep semangat utk bercerita & berpikir positif🙂

  7. eny hayruni berkata:

    hebat yuaaa,… bunda n anaknya kompak n semangat teruussss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s