Me n mom : TTS

Pas mama di rumah, mama mengajak saya menemani ngobrol di kamarnya.

Kirain mau ngobrol sesuatu yang serius, pas masuk kamar… kulihat mama lagi ngisi TTS!!!

Whhhaaaaa… kebayang deh apa yang bakal jadi topik obrolan kami. Yaaa…apalagi kalau bukan soal pertanyaan TTS itu sendiri…qiqiqi

Mama…mama….

*****

Jadi inget jaman kecil dulu, satu hal yang tak pernah mama lewatkan adalah mengisi TTS dan berbagai macam kuis di koran atau majalah langganannya. Lalu rajin mengirimkan jawabannya lewat selembar kartu pos.🙂

Pernah suatu kali mama marah banget, gara-gara TTS-nya sudah saya isi dengan kata-kata yang ga jelas…waktu itu saya baru bisa menulis dan nggak mudeng soal per-TTS-an.

4 kotak ya diisi PAPA,

5 kotak diisi MAKAN,

3 kotak diisi IBU,

2 kotak diisi IF atau IS (hahaha, liat jawaban mama di TTS sebelumnya)

ngisinya pake bolpen, jadi mama kesusahan ngehapusnya…..

Sejak itu, mama menjadikan momen mengisi TTS sebagai ajang belajar menulis dan membaca buat saya. Mama mengajarkan bagaimana strategi mengisinya, saya membacakan soal, mama menjawab, saya menuliskan jawabannya di kotak-kotak kosong itu🙂

Yang saya salut banget, usahanya mama itu looo….tak segan bertanya ke papa atau ke siapa yang ada di rumah (eehh kadang juga nanya ke pembeli di warung) kalau ada soal yang tak terpecahkan olehnya.

Seiring bertambah usia, tentu saja mulai berganti peran, saya yang sering jadi sasaran mama bertanya saat ada soal TTS susah. Dulu sih sering bete kalau lagi asik main terus dipanggil sama mama, suruh tiduran di sebelahnya saat mama asyik dengan TTS-nya, sampai akhirnya saya ketiduran.

Tapi setelah jauh dari mama, kangen juga loh rasanya menemani mama dengan TTS-nya itu. Pas kost dulu, bahkan tiap pulang kampung sengaja saya beli buku TTS, meski mama protes buku TTS yang saya beli di stasiun itu ga seru…sering salah kotak katanya…tetep aja saya nekat beli, biar bisa tidur-tiduran di sebelah mama…hehehe

*****

Minggu kemaren, rupanya mama yang kangen ditemani saya ngisi TTS…. (diem-diem saya meneteskan airmata, ya ampun maaaa, berapa lama saya ga bisa menemani mama ya? maafkan aku ya maa…)

aarrggghhh, mama, love you full….

Pos ini dipublikasikan di Harmony, Mama, masa kecil. Tandai permalink.

17 Balasan ke Me n mom : TTS

  1. ~Amela~ berkata:

    huaaaa.. jadi kangen mamaku mbakk, kalau aku ngapain yaa, dulu juga suka ngisi tts sih.. tapi ga sampe jadi rutinitas..
    boleh juga ya itu idenya belajar membaca dan menulisnya lewat ngisi tts

  2. Imelda berkata:

    sama mbak Devi… mamaku juga hobi isi TTS…. sampai dia kena stroke th 1999😦
    sejak itu dia susah menulis, bahkan bahasa yang dia bisa katakan kembali ke bahasa Ibunya- bhs belanda, padahal selain papa dan aku, orang rumah banyak yang ngga ngerti.
    Sebetulnya summer th ini aku berencana membelikan dia iPad supaya bisa main dengan touch screen. Tapi sebelum aku sempat membelikannya, Tuhan sudah panggil 30 hr yal……

    Sebisanya kita lewatkan waktu untuk ibu…lewatkanlah bersama. Meskipun aku selalu berkata yang penting bukan kwantitas tapi kwalitas :(…. hiks 20 th aku sudah keluar Indonesia😦
    Dan… tidak ada kata cukup untuk orang tua kita

  3. monda berkata:

    mbak beliin kumpulan TTS kompas, seruu, tapii siap2 banyak ditanyain ya

  4. ayankhermawati berkata:

    wadoh mbak saya termasuk orng yg gak suka ngisi TTS,soalnya dulu ngisi ulangan di sekolah jg dah pusing apalagi isi TTS,heeee…..
    salam kenal mbak…
    salam juga bt mama nya saya acungkan jempol deh bt mama nya…

  5. chocoVanilla berkata:

    Ngisi TTS itu salah satu antisipasi pikun lho, Jeng. aku pernah baca di manaaaa gituuu😀

    Ibundaku juga suka ngisi TTS koran, tapi kalo gada yang ditanyain menyerah deh hehehehehe….

  6. Millati Indah berkata:

    Wah, ibu saya malah gak suka isi TTS. Saya sama kakak saya yang hobi isi TTS di koran. Tapi, kalo di koran, biasanya ada satu pertanyaan yang gak bisa dijawab.

  7. Myra Anastasia berkata:

    sy udah lama bgt mbak gak ngisi TTS.. padahal itu asik bgt ya🙂

  8. Diandra berkata:

    terharu aq membacanya…
    jadi teringat ibuku…

  9. 1 park avenue berkata:

    untuk iseng2 seru juga main TTS…sekalian asah otak juga siih…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s