Bermain Gelembung Sabun

Akhir-akhir ini Jakarta seringkali diguyur hujan. Ini menyebabkan anak-anak kehilangan kesempatan bermain di luar rumah. Sebenernya, mereka senang main hujan, cuman yaaa apa iya setiap hujan terus kudu hujan-hujanan? ***bisa galau emaknya kalo ujan-ujanan mulu***

Dulu dah pernah nyimpen tulisan soal permainan di kala hujan, tapi ternyata tulisan itu dah tahun 2008…pastinya dah perlu ada kegiatan baru yang bikin anak-anak nggak bosan.

Untunglah ada internet….ayah-pun browsing sana sini nyari ide. Dan pilihan jatuh ke gelembung sabun. Anak-anak diajak melihat berbagai video di web www.bubblemania.com, mereka tambah semangat untuk melakukan kegiatan ini. Browsing cara membuat larutannya, ternyata beberapa menyebutkan kalau mau bagus, dicampur pakai pakai gliserin. Tapi ada beberapa resep sederhana yang menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur.

Ayah membuat beberapa peralatan  yang mau dipake, tugas si mamah uji coba membuat takaran larutannya, soalnya resepnya beragam banget, si Kakak yang mencatat takaran-takaran dan mengamati hasil gelembung sabun yang terbentuk, si Abang yang tugas meniup…adek Syafa, ikutan niup *anak bawang tapinya* hehehe…

***Sementara ini, larutan yang paling oke takarannya sbb (soalnya kami masih akan terus uji coba) :

  • 75 ml air + 1 sdk makan gula pasir, diaduk
  • tambahkan 25 ml sabun cuci piring

Anak-anak betah main ini dari pagi sampai sore…. dan si abang seneng banget pas berhasil bikin bubble in the bubble 🙂 …ini lumayan susah kalau menurut saya, soalnya saya juga blm pernah berhasil.

Kegiatan ini dilaksanakan hari Minggu, 8 Januari 2012 yang lalu, tapi masih menyisakan rasa penasaran, hingga dicoba kembali hari minggu kemaren meski cuman sebentar.

Semakin sering melihat videonya, semakin ga sabar, penasaran banget gimana sih takaran yang bisa menghasilkan gelembung yang super keren…*ini sih mamah sama ayah yang penasaran*

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, ayah, Kakak Rahma, Mama, Permainan, Syafa, tips. Tandai permalink.

13 Balasan ke Bermain Gelembung Sabun

  1. nh18 berkata:

    Bubble in bubble …
    waaahhh asik nih …

    yang saya tau sih dulu yang pake gel merah itu …
    kalo yang pake gelembung sabun belum pernah tau saya

    salam saya Bu Devi

  2. Lidya berkata:

    seru main balon sabun.aku contek ya resepnya

  3. vizon berkata:

    Aku pernah dikasi resep oleh seorang teman, katanya pakai air perasan daun kembang sepatu dicampur sabun deterjen atau sabun colek. Ketika dicoba memang lumayan berhasil menghasilkan banyak gelembung. Tapi, sampai bisa bikin bubble in bubble kayaknya patut belajar lagi nih..

    Terima kasih Mb Devi sudah memberikan tautan di atas, ini bakal jadi alternatif permainan asyik buat anak-anak nih.. 🙂

  4. Imelda berkata:

    aku di rumah selalu bikin pakai shampoo untuk main di kamar mandi. Lumayan juga

  5. Adang Hamdani berkata:

    Coba pakai ramuan berikut (Pengalaman Pribadi):
    Daun bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L) Satu genggam tangan orang dewasa ditumbuk sampai halus lalu dicampurkan dengan 1 liter air, aduk dan remas-remas hingga lendirnya keluar. Saring campuran tersebut dengan kain sehingga hanya didapatkan cairan berbentuk lendir, sisa daun digulungkan dengan kain lalu remas hingga semua lendirnya keluar.

    Siapkan 3/4 bungkus kecil sabun krim pencuci piring merek apa saja, lalu tuangkan dalam wadah kosong (bisa gayung), tambahkan setengah gelas lendir hasil penyaringan lalu aduk sabun dengan tangan hingga benar2 benar lumer, jika perlu sambil diremas-remas. Ingat, sabun dan lendir harus benar-benar menyatu dan tidak tampak lagi gumpalan-gumpalan sabun.

    Campurkan semua lendir yang tersisa ke dalam larutan sabun, lalu aduk hingga benar2 merata. Tambahkan pewarna kue jika perlu. Larutan balon telah siap digunakan. Dan lihatlah hasilnya…..
    Balonnya dasyat..!!

  6. mamaray berkata:

    hohooh… bisa dicoba… 😀

    thanks, Mbak….

  7. mainan edukasi berkata:

    Yth Pemilik blog yang keren dan halo semuanya.., salam kenal dari saya Nur Ahmadi Jepara, Jateng, kami butuh botol kecil transparan ukuran 50-70ML tuk bikin gelembung sabun, kmi btuh 1Rb botol sebulan, ada yg bisa bantu? kalo ada yg punya produk balon sabun yang sudah jadi, silakan ditawarkan ke kami, kali aja cocok dgn kualitas dan harganya, Silakan kontak kmi di: 081326794215, tksih semuanya ya?

  8. aneomen berkata:

    Salam kenal Smua…….wah topiknya seru bangets…..

  9. Hindun berkata:

    Makasih resepnya bun. Lumayan buat obat sementara, soalnya cairan sabun yg dibeli dr tukang balon udah abisss. Manjur juga nih. Anak2q lgsg asyik main gelembung sabun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s