Jelajah Lombok : Luar Kota

Jadwal pesawat kembali ke Jakarta sekitar jam 13.00. Tapi kami siap-siap sedari pagi, karena pengen berkunjung ke Desa Sasak dan Pantai Kuta-nya Lombok (kami harus melupakan kunjungan ke Tanjung Aan mengingat waktu yang terbatas, kalo ke Gili Trawangan sudah jelas2 nggak masuk ke jadwal kami soalnya nggak mungkin banget waktunya). Kebetulan arahnya searah dengan Bandara, kurang lebih sekitar 40 menit… *trimakasih ya pak Kisman yang sudah membantu kami mengatur rute kunjungan di sela waktu yang serba mepet sana-sini*

Desa Sasak SADE

Desa tempat tinggal suku Sasak yang kami kunjungi adalah Desa Sade, di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. (Jalan Raya Praya-Kuta). Lokasinya kurang lebih dapat ditempuh  antara 10-15 menit dari Bandara Internasional Lombok. Papan nama berhias atap khas Sasak yang merupakan tugu selamat datang ada di  sebelah kanan jalan, sementara desanya ada di sebelah kiri jalan. Memasuki Desa Sade, kami disambut oleh seorang bapak yang bertugas memandu kunjungan kami selama di desa Sasak.

Di sebelah kanan ada rumah kepala suku dan di depan rumah tsb ada rumah panggung yang digunakan sebagai balai pertemuan warga. Lalu di antara 2 bangunan itu ada tempat yang menjual berbagai macam cinderamata suku Sasak.

Suasana adat yang sangat kental ternyata membawa aura yang berbeda, apa perasaanku aja ya? Entah apa namanya perasaan itu….qiqiqi….Rasanya seperti kalau kita berkunjung ke Keraton Yogya *lebay yak*

Penduduknya juga sangat-sangat ramah, sambil berkeliling pemandu menceritakan soal adat istiadat yang masih berlaku di desa tsb. Di sana kita bisa melihat proses mulai dari memintal benang sampai menenun kain, lalu kita dipersilakan masuk ke rumah asli Sasak yang hanya terdiri dari 2 ruang utama dan lantainya dipel menggunakan kotoran kerbau.

Di sana kami juga melihat ibu-ibu yang sedang berkumpul memasak bersama, karena kebetulan akan ada acara kunjungan ke makam leluhur. Sayang kami tak sempat belajar menenun, tapi masih sempat belajar membuat selembar atap dari rangkaian ijuk, susah banget loh ternyata menganyamnya🙂

Kita juga bisa membeli hasil tenunan, namun harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan di pasar Sayang-Sayang.

 

Minjem Hasil Tenun🙂

Belajar Membuat Atap Ijuk

Dalam Rumah Bertingkat

Menenun

Rumah Kepala Suku

Memintal Benang

Lumbung Padi


.

Pantai Kuta

Kunjungan kami lanjutkan ke Pantai Kuta dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari Desa Sade, kali ini butuh komitmen kuat, karena perkiraan di sana hanya bisa paling lama 15 menit.  Subhanallah, bener-bener bagus. Pasirnya seperti butiran merica🙂 semoga kali lain berkesempatan ke sana lagi bareng anak-anak. Airnya sungguh jernih.

Alhamdulillah, tepat waktu sampai bandara, cuma kesusahan masuk bandaranya juga, ..untung sebelum ke Desa Sade kami sudah sudah mampir ke Bandara in terlebih dahulu…. *jadi kami bisa langsung berlari  saat medengar sudah mendengar nama kami disebut-sebut berkali-kali*

***

Semoga lain waktu diberikan kesempatan berkunjung ke sana lagi bersama anak-anak😉

Pos ini dipublikasikan di kunjungan, Mama, pERJALANAN, wISATA. Tandai permalink.

11 Balasan ke Jelajah Lombok : Luar Kota

  1. nh18 berkata:

    Saya belum pernah kesini nih …

    penerbangan jam 13.00 … masih sempat jalan ke sini …
    mantap

    salam saya

  2. dewo berkata:

    Wah asyik banget… indah.

  3. chocoVanilla berkata:

    Wuidih, keren banget! Kebayang pasir speeti merica, waaaa pengeeeennn….
    Jeng, kuwi ngepel nganggo kotoran kebo trus ambune piye?

  4. Ann berkata:

    Pernah sebulan di Lombok taunya cuma Senggigi doang😦
    Next time harus ke Kuta Lombok nih Desa Sade juga

  5. mamaray berkata:

    yeeeeeeeeeeeeee, sama Mbak Triiii….😀

  6. aji, Indonesian berkata:

    waktu ke Lombok ngga sempet ke Kuta.. there has to be next time.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s