Jelajah Lombok : Kota Mataram

Ayam Taliwang Pak Udin @ Cakranegara

Setelah kami takjub dengan suasana di Bandara Internasional Lombok, rombongan menuju Pasar Cakranegara (Depan Gedung Eks Bioskop Irama) Jl. Pejanggik untuk mencicipi plecing kangkung, ikan dan ayam bakar di Warung Ayam Taliwang Pak Udin. Sambel mangga-nya mak nyuusss…. Saya juga mencicipi Beberok Terong (semacam sambal terong gitu) …Lumayan kenyang malam itu, o iya saya juga kepedasanšŸ™‚

Hotel Santosa Lombok

Setelah itu kami langsung menuju ke Hotel Santosa Lombok, di kawasan Senggigi. Sengaja memilih pinggir pantai, jaga-jaga kali aja nggak ada waktu buat jalan-jalan ke pantai. Keesokan harinya baru bisa jalan-jalan di sekitaran hotel. Ternyata di pantai belakang hotel, banyak penjual baju, mutiara dan souvenir lain khas Lombok. Eeehhh ikan warna-warni juga keliatan loh di pinggir pantaišŸ™‚

Lesehan Ayam Taliwang Irama

Makan siang kembali menikmati menu ayam taliwang, kali ini kami makan di Restoran Lesehan Ayam Taliwang Irama (Jalan Ade Irma Suryani) yang bernuansa pedesaan dengan ruang menyerupai rumah adat sasak, di sini ada pilihan menu berdasarkan tingkat kepedasan, jadi amanlah bagi saya yang tak terlalu tahan dengan pedas. Tak lupa menikmati minuman Es Kelapa Muda Madu, konon madu Lombok juga termasuk jenis madu yang khas. Ini kali ke-2 saya berkunjung ke restoran ini (pertama tahun 2004 kalau tidak salah hehehe). Di depan restoran ini banyak ibu-ibu menjual perhiasan mutiara.

Sentra Kerajinan Cukli

Setelah makan, saya memisahkan diri dari rombongan menuju Sentra Kerajinan Cukli di kawasan Rungkang Jangkuk, Sayang-sayang. Hampir sebagian besar rumah di sini membuat kerajinan Cukli. Cukli adalah potongan dari kerang yang dipotong berdasarkan bentuk geometri tertentu lalu ditempelkan dan dirangkai menyerupai ukiran di atas kayu ( baik mahoni maupun jati). Di sana kita bisa melihat proses pembuatannya. Harga kerajinan sangat beragam, tergantung tingkat kerumitan, dan bahan dasar kayu yang digunakan.

Pasar Seni Sayang-Sayang

Di pasar seni ini tersedia berbagai macam kerajinan khas Lombok, cukli, mutiara, kerang, kain tenun, kaos, gantungan kunci, perhiasan, hiasan dinding, replika rumah sasak, mainan khas lombok dll.

Sentra Kerajinan Mutiara

Setelah capek muterin Pasar Sayang-sayang, rasanya tak benar-benar ke Lombok kalau nggak liat pasar mutiara….ke mana lagi kalau bukan ke Pasar SekarbelašŸ™‚

Padahal, di sana juga cuman lihat-lihat dowang. Ada sihĀ  beli beberapa cincin dan bros untuk oleh-oleh.

Capek juga ngiterin pasar mutiara, kok ya pengen ngeliat toko itu satu persatu *ibu-ibu banget yak*

Toko Kaos ARIEF

Sopir yang mengantarkan kami mengajak mampir ke toko yang menjual kaos khas Lombok, di jalan Umar Maya No 45.

Tentu saja gayung bersambut, langsunglah kami menuju toko yang dimaksud. Dan benar saja, isi dompet kami semakin menipis. Hehehehe…..

Lumayan bingung memilih kaos yang beraneka ragam dengan kisaran harga yang masih masuk akal, tiba-tiba saja daftar nama penerima oleh-oleh mendadak lebih banyakšŸ™‚

Tahu 151 A Abiantubuh

Selain telor asin, madu, kangkung dan makanan olahan dari rumput laut, ada lagi makanan khas untuk oleh-oleh, yaitu tahu. Rasanya enak sekali, namun harganya lumayan (dibandingkan dengan standar harga tahu di Jakarta loh ya). Sore itu kami hanya memesan saja (dengar-dengar antrinya lumayan kalau tidak memesan dulu), dan kami ambil keesokan harinya sekaligus perjalanan menuju bandara.

Sate Bulayak @ Taman Udayana

Ada tempat nongkrong di sepanjang Jalan Udayana, pas malem pertama kami datang , sempat melewatinya dan ramai sekali. Karena sore itu kami melewatinya kembali, kami sempatkan mampir meski suasana masih sepi. Ada beraneka ragam makanan dan minuman yang dijual di sana, tapi hanya Sate Bulayak yang menarik perhatian. Bumbunya hampir menyerupai bumbu kari, satenya imut-imut, disajikan beserta lontong. Sate Bulayak ini disebutkan sebagai salah satu makanan khas Lombok.

Malimbu dan Pura Batu Bolong

Perjalanan kembali ke hotel di kawasan Senggigi, dimanfaatkan untuk mampir ke Pura Batu Bolong dan Malimbu. Tadinya pengen lihat matahari tenggelam, sayang tiba-tiba gerimis, jadi langsung balik ke hotel deh.

Kami tak sempat berfoto di Pura Batu Bolong, sudah gelap dan sepi sekali.

***

Tempat yang kami kunjungi di atas lokasinya ada di dalam kota, jadi jarak tempuhnya hanya kisaran 10 sd 15 menit dari satu tempat ke tempat lainnya. Hanya perjalanan ke hotel yang memakan waktu sekitar 20 menit. Sementara Malimbu dan Pura Batu Bolong lokasinya melewati hotel Santosa.

Pas sampai di Maaram, langsung browsing mencari tempat yang menarik untuk dikunjungi selama di Mataram, ternyata kesasar ke blognya Bu Enny, tulisannya berjudul Daerah Wisata yang Layak dikunjungi di Pulau Lombok. Terimakasih ya bu Enny….tulisannya banyak membantu, apalagi waktu kami sungguh terbatas, jadi langsung saja kami percayakan ke pak sopir untuk mengatur rute perjalanan yang paling memungkinkan buat kami. Urutan penulisan di atas berdasarkan urutan rute yang dipilih oleh pak sopir yang mengantar kami keliling Lombok.

Pos ini dipublikasikan di kuliner, kunjungan, Mama, pERJALANAN, Umum, wISATA. Tandai permalink.

18 Balasan ke Jelajah Lombok : Kota Mataram

  1. edratna berkata:

    Wahh mbak Dewi sedang piknik di Lombok….jadi pengin makan plecing kangkung.
    Saat kesana, bandaranya masih yang lama…sekarang sudah pindah ke yang baru.
    Senggigi, selalu membuat kita ingin kembali.

    • Devi Yudhistira berkata:

      Iya bu, bandaranya jauuuhhh pisan, tapi ada juga enaknya, menurut info dari teman-teman, kl dari bandara kita bisa mampir ke tanjung Aan dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke kota

      Kami bawa oleh2 kangkungšŸ™‚

  2. Tebak ini siapa! berkata:

    Wah asiknya liburanšŸ™‚

  3. Dewi berkata:

    Huhuhuhu…sungguh ingin ke Pasar Sayang-Sayang ituuuu

  4. SlameTux berkata:

    Sata Bulayak? enak banget tuh kayaknya, jadi kepengen yang mau ke Lombok…šŸ˜€

  5. Lidya berkata:

    lautnya biru bagus banget ya mbak.pasti senang liburan disana

  6. monda berkata:

    ini sambunagan yang dulu itu mbak….
    pengennya ke Lombok…,
    refernsinya nanti pasti langsung cari ke sini dan bu Enny..

  7. Ann berkata:

    Kangkung and tahu Lombok paling top, tapi banyak makanan yang pedasnya gak sopan

  8. aan berkata:

    sedih lgunya…
    jdi gk niat ngebaca blog ne.. lbih baik denger lgunya.
    bkin mrinding n kabur k link lain.

  9. Terima kasih banyak khususnya kepada Ibu Edratna / Ibu Enny ( pemilik Blog ini ) dan Lombok Lovers….kami sebagai orang Lombok merasa bangga melihat dan membaca komentar2nya, semoga Lombok terus dapat berbenah namun tetap menjaga keaslian dan keasrian Alam, Budaya, Adat istiadat, Kuliner dan segala sesuatu yang membuat Lombok Lovers harus berkunjung lagi ke Lombok….Salam dari Lombok

  10. Salam Hangat dari Lombok.
    Terima kasih sebesar-besarnya khusus kepada Ibu Edratna / Ibu Enny ( pemilik Blog ini ) dan Lombok Lovers…kami sebagai orang Lombok sungguh merasa bangga melihat dan membaca semua komentar2nya, semoga Lombok selalu terus berbenah namun tetap menjaga dan memelihara ke-alamian alamnya, budaya, kuliner dan segala sesuatu yg harus membuat Lombok Lovers menjadwalkan kunjungan berikutnya…..Salam dari Lombok

  11. Salam Hangat dari Lombok.
    Terimakasih sebesar-besarnya kami sampaikan khususnya kepada Ibu Edratna/Ibu Enny ( pemilik Blog ini ) dan Lombok Lovers, kami sebagai masyarakat Lombok merasa sangat bangga melihat dan membaca komentar2 positif tentang Lombok namun kami juga sadar masih banyak yang perlu ditingkatkanā€¦semoga Lombok selalu menjadi pilihan utama wisata anda.
    kontak kami.
    Lombok Wahana Wisata Tours & Travel.
    Perumahan Bumi Selaparang Asri III
    Jl.Pirus Raya Blok CG.08, Blencong ā€“ Gunung Sari
    Lombok Barat ā€“ Nusa Tenggara Barat.
    Phone / SMS : 081803712043 | 081917980478
    E-mail : lowawitours@gmail.com
    YM : sopian.lowawi | budi.lowawi
    website : http://www.pulauwisata.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s