Cuci Piring

Kenapa ya, kalo mencuci gelas, piring, sendok, wajan, panci dll perabotan dapur…kok selalu dibilangnya “cuci piring” ?

*jiaaahh terlintas pas lagi nyuci piring (saya sendiri memakai istilah yang satu ini untuk menyebutkan kegiatan mencuci yang bukan piring dowang) hasil rapelan sehari*

Ngomong-ngomong soal cuci piring, dulu pas masih SD saya lumayan seneng kalo kebagian tugas ini di rumah, dibandingkan dengan nyapu atau ngepel. Meski ada juga beberapa orang merasa *jijai* kalo disuruh nyuci piring. Yaaahhh, boleh saja sih berbeda kesukaan, masing-masing tentu saja punya alasan sendiri  dan mana yang nyaman dikerjain juga beda-beda tentunya.

Nah, apakah mencuci piring juga punya SOP? Entahlah kalau di keluarga lain, yang jelas di keluarga kami, ada SOP yang dikenalkan oleh mama pada semua anggota keluarga.

SOP-nya, kalau mencuci piring…urutan yang dicuci adalah sebagai berikut :

  1. gelas (baik cangkir, mug, gelas biasa, gelas piala dan macam-macam wadah tempat air minum)
  2. sendok, garpu, pisau
  3. piring dan mangkok
  4. panci, wajan, dkk

Ada yang sama dengan pengalaman saya?

Atau punya SOP yang beda?

Pos ini dipublikasikan di iseng, Mama. Tandai permalink.

10 Balasan ke Cuci Piring

  1. monda berkata:

    iya urutanku cuci piring juga gitu
    dulu pas kami kecil dibuat piket cuci piring juga lho,
    dan ngepel itu juga paling males, sampai sekarang he..he…, sebel peras kain pelnya
    apalagi kalu lantai abis dipel, terus masih aja dilewat2in, rasanya gondok

  2. Lidya berkata:

    saya cuci yg kecil dulu baru yg besar.panci dan teman2nya paling akhir

  3. nh18 berkata:

    Ya saya rasa memang demikian …
    Rulenya adalah yang relatif paling bersih itu yang dicuci duluan

    Salam saya Bu

  4. ~Amela~ berkata:

    kalau saya nyebutnya kora-kora mbak.. hahahha
    SOPnya yang bener sih emang seperti di atas,,
    tapi kadang saya nyucinya ga sesuai urutan,
    kadang habis nyuci mangkok misalnya, tiba2 ada gelas susulan..

  5. chocoVanilla berkata:

    Sama, Jeng, Bahkan sebelum dicuci tak susun dulu sing rapi baru dicuci. Kurang kerjaan nampaknya, tapi enak bekerja berdasarkan susunan yang rapi😀

  6. @zizydmk berkata:

    SOP nya sama dengan yang diajarkan mamiku. Yang paling kotor tentu harus belakangan. Yang pertama kali adalah gelas….

  7. outbound malang berkata:

    Wah sam tu mbak seperti dirumah saya..
    biar gelas ndak campur sama lemak-lemak yang ada di piring, wajan, dll.

  8. hajarabis berkata:

    klo drumah saya urutan cuci piring sama kayak mbak.hehe
    mampir balik yakk

  9. Imelda berkata:

    Kalau aku sejak di Jepang urutan pertama adalah membilas semua kotoran lalu masukkan ke dalam baskom berisi air+sabun. Tinggalkan beberapa saat dulu baru cuci. Dgn demikian bisa menghemat air.
    http://imelda.coutrier.com/2010/10/15/air-keras-dan-air-lunak/

  10. Ann berkata:

    Wah ini kerjaanku dari kecil sampai sekarang tapi gak pernah ada SOPnya🙂
    biasanya yang berminyak-minyak yang belakangan

Tinggalkan Balasan

