MI Istiqlal Jakarta : Sekolah dalam sekolah

Berbeda cerita dengan Eskul Mandiri Kelas 4 yang digulirkan oleh ortu murid, ada yang lebih hebat lagi…yaitu ide “sekolah dalam sekolah” yang idenya dari murid kelas 5.

Luar biasa !!!

Kelas 5 membuat sekolah dalam sekolah. Mereka membuat sekolah, lalu ada yang berperan sebagai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru bidang studi. Idenya dari mereka sendiri. Susunan organisasinya dibuat seperti di sekolah yang sebenarnya.

Tujuan awalnya sih untuk kegiatan ‘belajar kelompok di sekolah’. Setiap hari mereka bergantian jadi guru, muridnya ya teman-temannya sendiri. Lalu siapa yang menentukan mata pelajarannya? Ya mereka sendiri juga yang memilih, mau ngajar apa, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Yaaahh, selalu ada anak yang tidak pede, dan untuk mereka yang ga pede, teman-teman memberikan dukungan dan menguatkan dengan kalimat “nanti kita sama-sama kok, saling bantu”. Karena itulah, mereka selalu menyiapkan bahan apa yang akan diajarkan kepada teman-temannya. Kalo ada yang ribut atau lupa peraturan, yang ditunjuk sebagai kepala sekolah akan menegur.

Optimalkah hasilnya ke nilai akademik?

hehehe….banyak sekali faktor yang mempengaruhinya.

Namun, jika mau melihat dari sisi lain, manfaat yang tidak bisa diukur dengan nilai justru sangat beragam. Selain memang belajar kelompok,tanpa disadari, mereka belajar ber-organisasi dan menjalankannya, lalu belajar mengenal potensi diri sendiri, bekerjasama, bicara di depan, menyiapkan materi, dll…

Hebat!!!

Bagaimana menurut teman-teman?

Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, belajar dari anak-anak, inspirasi, Istiqlal. Tandai permalink.

2 Balasan ke MI Istiqlal Jakarta : Sekolah dalam sekolah

  1. mamaray berkata:

    waaah, keren ini Mbak…
    memupuk kepercayaan diri anak-anak🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s