Pertanyaan Anak : Alat Kontrasepsi itu apa?

Gara-gara tulisan Jika di Apotek, jadi keinget soal satu ketrampilan yang harus dipunyai oleh petugas (dan juga saya,sebagai seorang ibu, dan siapa saja deh…bisa saja ini dialami oleh teman-teman semua) di toko bagian obat-obatan.

Kalau dulu, saat ikut mama ke apotek, selalu terjadi adegan penarikan tangan setelah bacaan saya sampai kepada tulisan "Lingkaran Biru". Saat itu saya memang selalu membaca semua tulisan dengan keras, jadi kalau sudah sampai kalimat itu, pasti mama akan menarik tangan saya untuk duduk manis di sebelahnya, tanpa penjelasan, dan saya juga menurut saja, tanpa banyak tanya. (Baru bertahun-tahun kemudian saya ngeh, kenapa mama melakukan itu).

Lalu bagaimana dengan saya, apakah saya melakukan apa yang dilakukan mama? Jawabnya ‘IYA’ qiqiqi…entahlah, kok jadi refleks gitu.
Tapiiiiiii, itu kan kalau di apotek langganan, kalau tidak? *mana saya hapal letak-letaknya*

Hingga suatu hari…..

Kami sekeluarga pergi ke sebuah swalayan bagian obat-obatan, sekonyong-konyong si abang bertanya kepada petugas di bagian tsb,

"Mbak…kalau alat kontrasepsi itu apa sih?" (sambil menunjuk tulisan di etalase di dekatnya)

"Hm….apa ya….anu….hm….itu…." (embak petugas memandangku, mendengar suara abang yang kenceng, tentu sajalah saya segera menghampiri)

Pandangan mbak petugas itu, kalau boleh kuartikan setengah memohon agar saya yang menjelaskan pada si abang, anak sholeh yang rajin banget tanya-tanya itu. Lalu apa yang saya lakukan? saya berlagak sok acuh gitu deh….*maafkan saya mbak, saya juga lagi SHOCK iniiii* …masih mikir, kira-kira bagaimana menjawabnya….

"Ini bukan obat anak-anak ya dek, obat anak-anak di sebelah sana" (lembut mencoba menjawab)

"Iya, aku mau beli tolak angin anak, tapi alat kontrasepsi itu apa?" (ulang si abang tak kalah kenceng dari yang pertama tadi)

*nyengir-nyengir deh emaknya, sambil tetep mikir kudu jawab apa*

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

16 Balasan ke Pertanyaan Anak : Alat Kontrasepsi itu apa?

  1. bundamahes berkata:

    trus dijawabnya apa Mbak?! dishare doooonk buat siap2 nih…šŸ˜€

  2. Lidya berkata:

    benar ternyata tebakanku kemarin, yang ditanyakan alat kontrasepsi yašŸ™‚

  3. ahsanfile berkata:

    Wakakakaaa… kue mesti nang ngumah ana bekase dadi si abang penasaran ..
    hi hi hi .

  4. Dewi berkata:

    aku selalu coba jelaskan secara simpel dan mudah dimengerti mereka tanpa harus menjelaskan detil… dan terakhir dibalikin lagi pertanyaannya ke mereka.
    heheh..soalnya mereka selalu memperhatikan saban jam 9 malam aku selalu buka dompet dan ambil strip pil kbku.

  5. Asop berkata:

    Oh, ternyata kontra-itu ya…šŸ˜€

  6. Imelda berkata:

    hmmm mungkin aku akan bilang : “Obat khusus untuk papa mama yang sudah punya anak. Bukan untuk anak-anak atau mbak-mbak yang belum menikah.”

  7. monda berkata:

    pengalaman sama waktu si adek baru bisa lancar baca
    baca baliho iklan rokok :”merokok bisa menyebabakan gangguan kesehatan, …,…, impotensi, …dst..
    impotensi itu apa ma…?
    nama penyakit….
    penyakit apa …(masih keukeuh nanya)?
    kujawab aja … belum ada bahasa Indonesianya :D sambil cepat2 mengalihkan perhatian

  8. Wakaka… untung Kirana masih bayi, tapi dia mengiranya permen:

    http://dewo.wordpress.com/2011/09/22/permen-kndm-permen-dewasa/

    *kabuuuur*

Tinggalkan Balasan

