Tercerahkan…semangat!!!

“Temukan passion, dan rasakan hidup yang lebih bahagia”

Banyak orang yang mengartikan pekerjaan (job) dan karier sebagai sebuah kesatuan. Rene Suhardono, seorang CareerCoach meluruskan pemahaman akan kedua hal ini.

“Your job is not your career” ….. “We are the boss of our own career”

Pekerjaan (Job) adalah alat bagi perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi, sekaligus sebagai sarana bagi individu untuk memenuhi kebutuhan hidup, berkarya, berkembang secara pribdi dn profesional, sekaligus berkontribusi terhadap lingkungannya.

Karier didefinisikan sebagai hal yang sepenuhnya berhubungan dengan diri sendiri, mulai dari mengetahui tujuan hidup dan nilai-nilai yang dipegang untuk menjalaninya, memiliki motivasi, melakukan tindakan untuk perbaikan hidup saat ini, serta cara mencapai kebahagiaan.

Menurut Rene, karier adalah milik setiap pribadi, tidak seperti pekerjaan yang merupakan milik perusahaan, sehingga selalu ada keterbatasan. Oleh karena itu tidak ada yang pernah bisa memecat kita dari karier kita sendiri.

Lalu bagaimana dengan passion?

Passion yang secara harfiah diartikan sebagai hasrat, gairah keinginan yang besar, serta semangat, merupakan elemen menuju kebahagiaan hidup.

Rene menyarankan agar Anda tidak meletakkan passion pada pekerjaan, karena ini dua hal yang berbeda. Pekerjaan terkait dengan pemeuhan kebutuhan, sementara passion terkait karier. Passion memiliki peran penting dalam pengembangan karier.

Namun harus diingat, bahwa passion tidak melulu soal bidang yang Anda kuasai, melainkan hal yang prosesnya Anda nikmati.

Banyak orang mih ragu untuk bekerja sesuai passion mereka, karena beragam alasan. Wajar, mengingat menjalani passion tidak selalu mendatangkan manfaat ekonomis secara instan. Selalu ada resiko di setiap langkah yang diambil dalam hidup, termasuk untuk memutuskan melakukan hal yang Anda sukai sebagai wujud pencarian passion. Karena karier dan kehidupan adalah wujud ekspresi diri yang merefleksikan siapa diri Anda.

Berbeda dengan hobi yang merupakan sesuatu yang Anda nikmati, lebih dari passion adalah sesuatu yang Anda nikmati dan tidak bisa lepas dari hidup ANda, jika tidak melakukannya, seperti ada sesuatu yang hilang. Oleh karenanya, pengertian passion menjadi semakin sempit jika dikaitkan dengan posisi, pekerjaan atau profesi tertentu karena pengertiannya jauh lebih luas daripada itu.

The Hidden Treasure

Layaknya menemukan cinta, passion juga tidak bisa datang tiba-tiba. Syarat utamanya adalah kejujuran pada diri sendiri. Ketidakjujuran dengan alasan tidak ingin menyakiti atau mengecewakan orang lain, seperti tidak ingin mengecewakan orangtua yang menginginkan Anda menjadi pilot, atau ketakutan untuk memantapkan hati menjadi seorang pelukis karena takut tidak bisa hidup layak, hanya akan membuat Anda semakin jauh dari keberhasilan menemukan passion.

Beranikan diri untuk mencoba hal-hal bru, untuk mengetahui hal-hal yang Anda sukai dan tidak. Dengan begitu hati dan jiwa Anda dipaksa untuk lebih sensitif dan menjadi lebih reseptif terhadap apa yang terjadi di lingkungan.

Jika Anda merasa telah menjalani pekerjaan sesuai passion tapi hasil yang didapatkan tidak sesuai keinginan, tidak perlu khawatir. Cobalah untuk berdamai dengan keadaan. Sikap ini bisa berarti banyak hal, meinggalkan institusi tempat Anda berada sekarang misalnya, atau tetap bertahan dengan keadaan tersebut. Karena pada dasarnya passion tidak bisa dikaitkan dengan uang.

Sumber : Me Time:Passion 101: oleh Regina Panontongan, Majalah Kick Andy Mei 2011.

****

Ups…sudah lama banget ga baca soal beginian. Ceritanya begini, tiba-tiba ada yang nawarin baca Majalah Kick Andy, pas baca artikel di atas langsung bengooonnggg….maklum-lah, sadar diri kalo lemooottt dan gabisa langsung nyambung kalo baca yang begini-beginian (mang baca apaan yg langsung nyambung dev? *nggak mau ngaku kalo baca apapun juga kudu berulang-ulang bacanya ding*).

Jujur, pas pertama baca ada beberapa hal yang terbesit dalam benak saya :

  1. weeeehhh kok tumben saya tertarikbaca sampe selesai bahkan diulang-ulang.
  2. tiba-tiba saja merasa bersemangat, entah juga karena apa…
  3. kayaknya pernah baca di mana ya? dan tiba-tiba saja saya terpikir ke bunda Lily…ya, tepat sekali, perasaan nomer 2 itu memang ga beda sama perasaan yang sering timbul saat baca tulisan bunda Lily (*jangan GR ya bun*), bahkan sepertinya pernah juga saya baca di blog beliau, cuman pas balik lagi ke blognya, kok ga ada kolom search-nya, jadi sulit deh melacak tulisan yang mana (*sekaligus protes nih buuuunn, dikemanain kolom kotak kecil yang di dekatnya bertuliskan search???*)
  4. pagi ini gatau kenapa juga, pengen ngejadiin status di FB (dah lama ga bersemangat nyetatus)
  5. masih rada-rada ga nyambung juga, ga mudeng banget atau apa lah namanya , padahal bukunya dah mau dibalikin, saya putuskan artikel tsb saya ketik ulang dan tampil disini, kali2 aja komen dan pendapat teman2 bisa membantu saya yang beberapa minggu ini agak nge-hang dan terserang lemoottt akut! (*alesan tenan, saking gamau terima kalo ada yg protes bahwa ini copy-paste*)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Buku, inspirasi, Mama, Umum. Tandai permalink.

18 Balasan ke Tercerahkan…semangat!!!

  1. vittayuni berkata:

    Alhamdulillaah, saya sudah menemukan passion berkarir di rumah, hidup jadi asik walo masalah tetap selalu ada…..

  2. Ann berkata:

    Harus dibaca dengan seksama nih.
    Ngetiknya buru2 ya kok banyak huruf yg hilang 😉

  3. apiqquantum berkata:

    Hahaha… ada teorinya ada prakteknya.
    Yuk praktek yuk…
    Ditunggu di Bandung 28 Mei ya…

  4. Lho, bisa nge-hang juga tho?
    Salam hangat penuh smangad dari Makassar.

  5. amirul berkata:

    cermati dulu ah.. artikel panjang kok..

  6. Orin berkata:

    Beli bukunya Rene Suhardono lgsg mba Dev, biar lebih maknyuss 😉 Baca buku itu ga bikin nge-hang kok, aseli deh he he he

  7. Mas Kholiq berkata:

    salam kenal sobat…..
    kujungan balik ya……

  8. nanangrusmana berkata:

    sangat inspiratif….. salam kenal ya…tker link ya

  9. nh18 berkata:

    Galau ?

    Ini waktunya Tamasya …
    Tamasya ke Bina Ria
    Atau kemana …
    yang penting hati gembira …
    fikiran terang benderang seketika

    salam saya

  10. Imelda berkata:

    Kalo menurutku sih soal TPO aja
    Pas timingnya dengan keadaan hati kita saat itu, jadi langsung terserap dan
    CLING!

    asyik dong sudah tercerahkan… yang penting sekarang cerah terus, usir itu mendung yang menghampiri yah 😉

    EM

  11. Lidya berkata:

    kolom search kadang-kadang berguna juga ya

  12. Agung Rangga berkata:

    wah…
    Baru tau ada majalah kick andy… 😯

  13. Kakaakin berkata:

    terus terang saya juga mesti baca berulang kali buat memahami paragraf2 atas itu 😀
    *lemot* 😀

  14. ais ariani berkata:

    jadi, passion itu ada dalam karir? tidak semua pekerjaan itu termasuk karir,
    tapi bukan berarti kita tidak bisa kan bekerja dengan passion kita?
    hehehehhee….
    mbakyu, aku belon nemu passion ku!
    *malah ikut-ikutan nge hang
    😀

  15. bundamahes berkata:

    ga ngerti -_-“

  16. arik berkata:

    enjoy your live………..menikmati setiap detik kehidupan adalah wujud syukur kita kehadapanNYA

  17. Necky berkata:

    sudah baca bukunya….nice book. Cari passion kita kalau bisa bekerja sesuai dengan passion kita niscaya hasil pekerjaan kita jauh lebih optimal dibandingkan dengan kerja yang bukan passion kita…

  18. Prima berkata:

    passion aku??? dimanakah kira2 ya…. *ikut mumet…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s