Ide Ultah : Bajak Laut

Tanggal 30 April yang lalu anak-anak diundang maen bareng di rumah Rafi, teman sekelas kakak Rahma. Sebenernya, acara ini berbarengan dengan ulang tahun Rafi, tapi karena Rafi nggak pengen rame-rame, judulnya ‘maen bareng dengan tema Bajak Laut’. Ijinkan saya menuliskannya, siapa tau bermanfaat buat teman-teman yang sedang nyari ide acara ultah…🙂

Dalam acara ini, anak-anak bersama-sama membuat prakarya:

  1. topi bajak laut dari karton warna hitam dihiasi stiker tengkorak dan pedang
  2. teropong bajak laut dari gulungan karton tissue gulung
  3. kantong koin/kantong harta karun
  4. penutup mata ala bajak laut dari karton hitam dan karet hitam.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan ‘Ekspedisi Pencarian Koin Emas dan Harta Karun’. Ayah Rafi membuat peta harta karun menggunakan kertas minyak dan spidol warna warni untuk petunjuknya. Mereka harus mengenakan semua atribut bajak laut yang sudah dibuat, lalu dibagi dalam 2 tim yang berlomba menemukan petunjuk demi petunjuk yang ada di suatu tempat. Kebetulan, rumah Rafi berdekatan dengan rumah oma-nya, jadi ekspedisi pencarian ini semakin seru karena jalurnya dibuat ke rumah omanya juga. Harta karunnya sendiri sebenarnya ada di rumah Rafi. Kotak Harta Karun dibuat oleh bunda Rafi menggunakan kardus yang dilapisi kertas emas, lalu diisi aneka makanan kecil, permen coklat koin emas dan silver, dan stiker.

Untuk muslimah disediakan juga meronce kalung. Awalnya, untuk berjaga-jaga siapa tau mereka nggak tertarik dengan permainan bajak laut, ternyata dugaan itu keliru besar, karena muslimah juga nggak kalah semangat ikutan mencari harta karun.

Saat kotak harta karun ditemukan, mereka sibuk berebut dan mengambil harta sebanyak-banyaknya. Yang bikin kami semua geli, adegan berebut itu rupanya hanya seru-seruan saja, karena setelahnya mereka semua berkumpul membentuk lingkaran duduk di lantai sambil menumpahkan harta yang mereka peroleh, dan mereka sibuk menikmati hasil buruannya beramai-ramai alias saling berbagi….

Tiba acara makan. Rafi minta disediakan nasi kuning. Siang itu menu makan yang disediakan adalah : Nasi kuning, telur dadar diiris tipis, kering tempe, ayam goreng, nugget, mie goreng. Minuman favorit anak-anak adalah ‘Es Ketimun’ , apalagi buatan oma Rafi memang top markotop, konon es timun ini adalah minuman khas dari Aceh (omanya Rafi orang Aceh).

Selesai makan, anak-anak sholat berjamaah ke masjid. Habis itu pada maen bola ke lapangan….eits…jangan dikira ini sesi maen bola pertama siang itu, karena maen bola sudah bersesi-sesi sambil menunggu yang diundang pada dateng. dan tiap ganti kegiatan. Alhamdulillah, kekhawatiran kami acara bakal bubar gara-gara pada pengen main bola tidaklah bisa dibenarkan, karena mereka benar-benar menaati kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya, hanya 30 menit maen bola🙂

Pas mereka udah kumpul lagi, baru deh acara potong kue tart dan makan es krim dengan toping pilihan mereka masing-masing. Bunda Rafi menyediakan berbagai macam rasa es krim dan pilihan toping : chochocrunch, meises, chacha.

Waktunya pamit, semua mendapat bingkisan berupa map keren dan tas mungil berisi aneka makanan kecil.

Terimakasih ya Rafi…Met Milad, semoga Rafi jadi anak yang sholeh dan selalu menjadi kebanggaan ayah dan bunda…amien.

****

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

(Maaf, fotonya menyusul yaaa, sementara gambar masih pinjem dari http://www.leehansen.com)

***update…sudah ada fotonya🙂

Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, Ide Ultah. Tandai permalink.

17 Balasan ke Ide Ultah : Bajak Laut

  1. bundadontworry berkata:

    wuih, idenya hebat banget ya Devi🙂
    oh ya selamat ulang tahun utk Raffi ganteng
    semoga selalu sehat dan jadi anak sholeh dan pinter ,amin
    salam

  2. Lidya berkata:

    happy bday buat Rafi. Jadi bajak laut boongan aja ya jangan bajak laut yang jahat🙂

  3. mars berkata:

    selamat ya buat Rafi, semoga umurnya berokah dan bermanfaat. Amin🙂

    ditunggu fotonya ya, pasti seru😀

  4. arman berkata:

    waaa seru amat…
    ditunggu foto2nya….🙂

  5. vittayuni berkata:

    waaah seruuu….. boleh dicontoh nih idenya….
    Salam kenal mbak Devi…..

  6. apiqquantum berkata:

    Hmmm bisa banyak belajar tuh…

    Nanti biar bisa ngalahin bajak lautnya somalia itu!

  7. Agung Rangga berkata:

    wah, seru-seru!😆
    yang perempuan pakai topi bajak laut juga gak bun…😀

  8. Ann berkata:

    Bisa kebayang ramenya hari itu, met ultah buat Rafi, meskipun telat.
    Es Ketimun itu parutan timun dan air gula ya. Minuman buka puasaku itu.

  9. nh18 berkata:

    Bajak Laut ?
    waahhhh … !
    waahhhh ?

    Salam saya

  10. kangmartho berkata:

    bagus..
    bagus…
    bagus…
    anak2 pasti senang….

  11. Ikkyu_san berkata:

    asyiknya yah.. seandainya apartemenku sedikit besar bisa sembunyikan harta karunnya. Kalau di “kandang kelinciku” ini pasti harta karunnya langsung ketemu😀

    EM

  12. monda berkata:

    ide yang kreatif,daripada ulang tahun yang cuma nyanyi2 dan bagi2 kue

  13. Abang Rafif & Dik Syafa ngga ikut?

  14. moon miftah berkata:

    Keren sumpah, btw saya juga sangat suka dunia bajak laut, akhirnya nemu juga referensi buat tutup mata and aksesoris bajak laut, thanks ya guys

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s