Presentation Day @ MI Istiqlal

Hari Sabtu yang lalu kelas Rahma ada kegiatan ‘Presentation Day’.

Kegiatan ini wajib dihadiri oleh orang tua murid. Senang sekali melihat anak-anak yang mencoba menampilkan presentasi buatan mereka sendiri menggunakan powerpoint.

Tema yang ditetapkan adalah tentang hewan dan tumbuhan. Kebanyakan dari anak-anak memilih tentang tema hewan, ada sapi, hamster, lebah, burung, kucing, kutu, kelinci, sapi, ikan, kura-kura. Ada juga yang memilih tumbuhan, yaitu sirih dan lidah buaya.

Ini adalah pengalaman pertama untuk anak-anak kelas 3A. Lucu banget melihat tingkah mereka. Ada yang nggak mau maju, meski akhirnya mau juga maju setelah disemangati oleh teman-temannya, ada yang sudah susah payah bawa pot berisi sirih dan lidah buaya, tapi mereka malu untuk membawa ke panggung, ada yang udah buat kostum tapi gamau pakenya.

Pas sesi tanya jawab juga seru banget…pertanyaan anak-anak itu looo suka-suka mereka, daaannn yang njawab juga suka-suka mereka….(apalagi Rafif yang juga ikutan masuk, pengennya nanya mulu, dan pasti kebayang kan bagaimana gayanya?), beberapa ortu ikutan bertanya, untuk memberikan contoh apa-apa saja yang bisa ditanyakan.

Terlihat sekali bedanya anak sekarang dengan anak SD jaman saya dulu. Dulu, kalau ditanya ‘Siapa yang mau bertanya, atau ada pertanyaan?’ biasanya saya dieeemmm aja tuh, nah kalo anak sekarang, mereka justru dengan pede-nya berebut mengacungkan tangan, setelah ditunjuk, baru deh mereka mikir mau tanya apa…hehehe…

Yang paling hebat…ide buat membawa madu dan membagikan ke semua teman yang datang dari presenter yang membawakan tema madu. Ide inilah yang menjadikannya juara favorit pilihan anak-anak🙂

O, iya pas pemilihan presenter cilik favorit, ada juga loh yang dengan pedenya memilih dirinya sendiri …wkwkwk….

Meski demikian, acung jempol deh buat anak-anak…semuanya hebat! (untung mamanya ga disuruh presentasi juga…bisa gaswat deh kalah sama anak…)

***

Lalu bagaimana dengan kakak Rahma??? Meski di rumah, kami membiasakan mereka presentasi di depan anggota keluarga, ini pertama kalinya kakak tampil presentasi di depan umum.

Kak Rahma bikin tentang sapi, jadi kakak pengen dibuatin motif belang sapi di kerudungnya. Presentasinya dilengkapi foto-foto yang diperoleh saat kami berkunjung ke peternakan sapi di Cikole. Pas presentasi, jarang sekali membaca slide karena sudah hapal. (gimana nggak hapal, lawong habis kunjungan dulu, langsung bikin poster tentang apa yang dilihatnya di sana, terus ternyata dicatat di buku diary juga, jadi pas bikin presentasi tinggal nyalin diary-nya itu).

Sebelum mulai presentasi, abang Rafif ngebantuin kakak bagiin buku kecil berisi gambar dan tulisan kakak tentang sapi.

(Kata kakak : ‘Ma..aku pengen buat itu lo…apa namanya, yang kalo mama ikutan pelatihan kan selalu ada fotocopian slide pembicaranya itu lo…apa namanya?’)

Tadinya kakak minta presentasinya yang dibagikan, sayang sekali printer di rumah lagi bermasalah, jadi kakak membuat manual.

Ada kejadian yang bikin bete kakak, pas mau berangkat, adek Syafa maksa pengen pake kerudung sapi dan bros sapi kakak….jelas aja ga boleh…tetep aja maksa, nangis😦 akhirnya kakak merelakan bros sapi dan ayah mbuatin kerudung motif sapi buat adek syafa yang ditempel pake doubletip (mana sempat ngejahit lagi…..), makasih ya ayah….

Alhamdulillah, kepandaian kakak dan teman-temannya bertambah lagi….terimakasih Allah Ar-Rasyid…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selamat ya buat anak-anak kelas 3a, semua berhasil mengalahkan rasa takut untuk tampil di panggung. Semua anak dapat piala, sementara untuk presenter terbaik 1,2,3 akan diberikan sertifikat dari sekolah.

Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, belajar dari anak-anak, Istiqlal, Kakak Rahma. Tandai permalink.

19 Balasan ke Presentation Day @ MI Istiqlal

  1. Susindra berkata:

    Acaranya seru ya mbak. Kita bisa menimba banyak ilmu di situ.
    Btw, bros flanelnya bagus sekali. Aku juga suka banget bikin kreasi kain flanel. Kalo sudah jadi rasanya gimana…. gitu. Sementara sih baru buat hadiah ultah teman.

  2. Lidya berkata:

    melatih keberanian ya mbak

  3. gusngger berkata:

    Keren banget!

    Keterampilan presentasi perlu diasah sejak dini. Komunikasi, presentasi, dan mendengarkan adalah penting. Saya juga banyak melatih anak-anak dan remaja untuk itu.

    Salam…

  4. KangPanjoel berkata:

    Ide bagus dan patut dicontoh sekolah lain.
    Melatih keberanian dan menyampaikan gagasan didepan umum. (termasuk jg melatih kreatifitas orang tua nyiapin brosnya…hehe..)

  5. bundamahes berkata:

    what?? powerpoint???
    eyke kalah booo ma kak Rahma!😳

  6. bundadontworry berkata:

    duh, bener2 hebat anak2 sekarang ya Devi, mereka telah terlatih utk berani tampil dan mempresentasikan hasil karya mereka .
    dahsyat……semoga anak2 indonesia bisa lebih berhasil seperti anak2 yang ada dibelahan dunia yang lain ,amin
    salam

  7. Kereeeeeen…
    Kelak pasti jadi anak unggulan semua…
    BTW, ortu-nya jangan sampek kalah sama anak2nya… Hehehe…

    Salam

  8. nh18 berkata:

    Ini keren Bu …
    Keren banget …
    Membuat anak-anak menjadi terbiasa untuk bicara di depan kelas
    Mempresent sesuatu untuk khalayak ….

    Like This Bu …

    Salam saya

  9. mamaray berkata:

    aku kenal sapi di jilbab Kak Rahma… hihihi

  10. Prima berkata:

    adikku yang kelas 6 ngapain aja coba???? ckckckcck… lha dia pemalu banget, ada guru malah kabur…. aneh… boro2 presentasi, ngomong sama orang dewasa/ belanja ke warung aja kaya gugup… (- -‘)

  11. chocoVanilla berkata:

    Wuiiih, keren tenan iki. Sekolahe nang endi to? adoh seko Bogor ya, Jeng? Nek cedak ngono wis tak pindah mrono anakku😀 Di sekolah diajarin power point tapi gak dipresentasikan gitu. Hebat, Jeng!

  12. Agung Rangga berkata:

    huwa…
    Masih anak-anak, cuma hebat banget bisa melakukan presentasi…😯
    pasti ini berkat bimbingan gurunya…😉

  13. fitrimelinda berkata:

    duh..anak-anak sekarang berani-berani dan pinter-pinter..jadi malu..🙂

  14. nunik berkata:

    Dev, kayaknya keberanian Rahma nurun dari mamanya ya……..
    aku inget pas jaman dulu kamu nyanyi di gondangdia itu loh…di depan kita2…
    Lagunya aku masih ingat…setangkai anggrek bulan…dst…dst…he..he..he

  15. Islamic Finance berkata:

    wah itu awal keberanian dalam public speaking, harus dipupuk sejak awal

  16. zee berkata:

    Anak-anak Indonesia sekarang tidak kalah hebat dengan anak-anak di luar sana. Seperti katamu mbak, anak2 sekarang ini pede-pede banget, tidak malu2 saat mau mengutarakan pendapat….🙂

  17. archer berkata:

    wah asiknya bergaul dengan anak-anak seruu hehe

  18. Ikkyu_san berkata:

    wah anak jepang kalah! Di sini tidak boleh pake komputer loh. Harus tulis tangan. Krn bahaya komputer membuat anak-anak tidak lancar menulis kanji. Komputer baru diajarkan di kelas 5 kalau tidak salah.
    Aku sendiri skr terbiasa pakai komputer jadi sudah lupa kalau mau menulis kanji🙂

    EM

  19. Ping balik: Bagi ide dong…. | Belajar dari anak-anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s