Membuat Lapbook

Membaca postingannya mbak Lala soal Lapbook Ballet yang dibuat oleh Tata, jadi pengen ngajakin anak-anak buat bikin lapbook.

Bulan ini, anak-anak banyak liburnya, karena mulai tahun ini, MI Istiqlal sudah mulai ketempatan buat ujian anak kelas 6. Kebayang, masuk-masuk mereka sudah mendekati tes kenaikan kelas….(semoga bu guru tidak menjejali mereka dengan pelajaran yang di’rapel’ akibat kebanyakan libur).

Mbak Dewi rupanya sudah beramal menyiapkan kegiatan memasak buat anak-anak di TPA (termasuk bahan dan peralatannya), juga melukis di atas kaos saat Ultah Javas (makasih ya mbaaaakkkk…sering2 yak….hehehe). Tentu saja anak-anak senang sekali…

Sementara aku dan Riri, lalu Riri yang menyampaikan ke mbak Dewi (meskipun anak-anak kami ini bersekolah, ke TPA  dan bahkan kami berkantor di lokasi yang sama, hampir tiap sore ketemu, tapi kadang suka lupa mau bicara apa pas ketemu, jadilah sering peristiwa pesan berantai macam ini di antara kami) sepakat untuk mengajak anak-anak membuat Lapbook. Masing-masing anak dengan tema yang berbeda, lalu berencana untuk pinjem-pinjeman secara bergiliran dan berkala,  artinya meskipun hanya bikin 1 tema, mereka bisa mempelajari banyak tema dari lapbook temannya.

Kegiatan selanjutnya adalah browsing dan memperlihatkan wujud lapbook di internet kepada anak-anak. Anak-anak sepertinya kurang tertarik….bisa jadi karena belum melihat langsung seperti apa lapbook itu. Diam-diam aku membuatkan sebuah lapbook buat Syafa. Temanya tentang Kucing, template-nya aku ambil dari sini. Rupanya, upaya ini berhasil menarik minat mereka untuk membuat lapbook.

Sabtu kemaren anak-anak seharian membuat lapbook dengan tema pilihan masing-masing. Mereka mencari informasi dari buku, lalu mencoba menuangkan ke lapbook, senangnya melihat aktivitas mereka.  Kali ini mereka masih perlu bantuan, selanjutnya…insya Allah mereka  bisa lebih mandiri. Minggu pagi, mereka belajar mempresentasikan di depan anggota keluarga.

NB: to bu Riri dan bu Dewi, ini dia hasil karya kami….(ditunggu ya karya kalian, nagih maksudnya…hehehe)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, Kakak Rahma, Permainan, Syafa. Tandai permalink.

22 Balasan ke Membuat Lapbook

  1. bundamahes berkata:

    ini yang diaplot di fesbuk itu kan Mbak???

    ***iya dek…ayo bikin untuk mahes***

  2. d e w o berkata:

    lapbook itu sebangsa notebook ya?
    (kabuuuuuur)

    ***iya mas…sebangsa itu lah (dasar luw, kabur2an aja kerjaannya)***

  3. Dewi berkata:

    Nah itu Mba…padahal dah niat mau ngasih contoh dgn bikin dulu sendiri. Sdh nyiapin bahan2 pas bareng nyiapin cat buat melukis kaos itu…tapi sampai saat ini masih teronggok dibawah meja kantor…perlu niat yg luar biasa besar untuk memulai 😦
    Dasar ibu yg mualezzz…
    *sabtu minggu maunya nyantai aja…gamau beraktivitas…

    ***sepertinya minggu besok sdh jadi, kan udah belanja spidol 🙂 ***

  4. giewahyudi berkata:

    Saya kira juga laptop + netbook..
    Semoga anak-anaknya makin kreatif ya Mbak..

    ***amin..makasih doanya ya***

  5. dhila13 berkata:

    wow.. lapbook kyk gitu toh.. baru tau.. hehe

    salam… 😉

    ***saya juga baru tau mbak…***

  6. sedjatee berkata:

    Sobat Sedjatee
    Terimakasih telah memberi dukungan pada tulisan kami
    Dukungan Sahabat telah memberi semangat pada kami
    Untuk memenangkan kontes menulis berantai Kecubung 3 Warna
    I’m nothing without you, salam sukses….

    sedj

    ***sip sip sip, melu seneng rek….***

  7. aciid berkata:

    wah keren tuh..
    bru segitu ja uda bsa buat kyag gitu 😀
    kreatip deh 😀

    #################################
    Mohon dukungannya atas event blog yang sedang saya ikuti..
    Mohon dibantu dengan mengklik “recomend facebook” dan mengcomment artikel saya
    Thanks ya semua 🙂

    >>> http://www.greand.co.cc <<<<
    #################################

    ***weh acara apaan itu? gimana caranya? bentar ya kuliat ke tkp 🙂 ***

  8. chocoVanilla berkata:

    Waaah, anak-anakmu kreatif tenan yo, Jeng. Salute buat mereka 😀

    ***yoi yu…sapa disit biyunge lah…sapa juga budhenya…budhe choco jeh ***

  9. Lidya berkata:

    kira-kira Pascal bisa ga ya buat lapbook


    ***pasti bisa mbak…***

  10. gusngger berkata:

    Keren makin kreatif!

    Apa bisa dibuat bisnisnya ya?

    *mode bisnis: on

    ***otomatis paaakkk, pasti bisa …kau tau yg kumau***

  11. yanrmhd berkata:

    siplah! mengasah kreatifitas anak, anak makin cerdas, ibu gak akan pernah was-was…hehe 😀

    semangat! do the best… 😉

    ***terimakasih buat semangatnya yaaaa***

  12. Iksa berkata:

    Dikantorku juga masih pada bikin juga tuh … he he he

    ***siapa yg pada bikin mas? ***

  13. niQue berkata:

    kreatif sekali, nanti mo ajarin ponakan bikin ah 🙂

    thanks info nya ya mba

    ***sama-sama…ayuk ndang diajak para ponakan 🙂 ***

  14. mamah Aline berkata:

    mau nyobain ngajarin aline bikin lapbook juga mbak…, kreatif banget anak-anak n lucu 🙂

    ***ayuk ayuk…ajak aline tukeran lapbook sama Rafif yuk mbak…***

  15. trisula berkata:

    Wehh….speechless….aku melihat bintang di wajah mereka…
    Mama Devi coba belikan crayon merek Pentel….beda banget hasilnya….agar imajinasi dan realitas yg mereka tuangkan tidak jauh berbeda


    ***bintang? weh, mana bintangnya mas?…
    Pakdhe aja yang beliin ya, kalo ke sini, titipin mamah aja….
    Gimana dhe? Kalo dijadiin project di Mataram ya’opo? ***

  16. Prima berkata:

    Ohhh… ngerti! ini tuh kaya bikin mading ya mbak, sisinya macem2… tapi satu tema,,, hahahaha… kreatif ya!! seru! *adikku kalo disuruh bikin, palingan juga cuma bilang: ah males! >,<

    ***itu sih kakaknya yg males ngajarinnya weeekkkk****

  17. riri berkata:

    SEMANGAT… sepertinya…harus dimulai…OK OK bu harus SEMANGAT…

    ***ayo bu, kamu pasti bisa…anak-anak juga pasti senang***

  18. bundadontworry berkata:

    anak2 yang hebat dan kreatif semuanya 🙂
    ( siapa dulu dong ibunya ? ) 🙂
    hasilnya keren ya Devi 🙂
    salam

    ***hai siapa dulu dong oma-nya…bundo lily….qiqiqi***

  19. Nova berkata:

    wah, aku juga pingin bikin lapbook deh. keren2 banget karyanya.
    salam kenal:)

    ***salam kenal nova, hayuk hayuk bikin…***

  20. Imelda berkata:

    baru tau itu namanya Lapbook. Aku pikir bikin lap dijadikan satu seperti buku, kalau basah satu ganti halaman lainnya. Seperti ini ada di Jepang dipakai untuk keset kamar mandi, seperti membolak balik keset gitu 😀 Nanti kalau ada gambarnya aku kasih tau deh

    EM

    ***boleh boleh mbak, aku tunggu di TE…mbak, sering-sering ya posting pembelajaran di Jepang 🙂 ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s