Apa Manfaatnya Bagiku?

Sosok itu memberikan komentar di blog ini seraya mengabarkan soal kuis yang digelar di blog-nya. Kuis yang bertajuk Kuis Bang Aswi. Meski sosok itu adalah seseorang yang lihai menulis cerpen, bahkan profesinya kini adalah penulis dan editor (juga desainer grafis) , bukan berarti sosok itu rajin menulis blog. Ini terbukti dari perjalanan blognya sejak 3 tahun yang lalu, baru tahun 2011 sosok itu berkomitmen untuk “Postaday2011. One post a day in 2011″. Semoga tercapai ya bang!

***

Segala sesuatu yang ingin Anda kerjakan harus menjanjikan manfaat bagi Anda, atau Anda tidak akan termotivasi untuk melakukannya. (Quantum Learning :Bobby DePorter & Mike Hernacki).

Banyak sekali alasan seseorang untuk menulis blog. Setiap blogger punya alasan sendiri-sendiri. Namun, apapun alasan itu, semua mewajibkan sebuah kegiatan yaitu : menulis.

Bagi banyak orang, menulis bukanlah hal yang mudah. Bagi seorang blogger, ‘konsisten menulis’ lebih sulit lagi….(la wong menulis aja kadang masih kesusahan).

Lalu bagaimana kita me’manage’ kemauan untuk menulis di blog?

Sosok itu berpendapat : Bagaimana jika kita tanyakan kepada diri sendiri, apa tujuan awal nge-blog? maka saya akan melengkapi pertanyaan itu dengan menanyakan pada diri sendiri, “Apa manfaatnya Bagiku?”

Awal nge-blog, tujuan utama saya adalah menyimpan artikel-artikel yang sering saya dapat dari pelatihan, majalah, blog, yang berhubungan dengan pendidikan anak-anak, daripada saya harus menyimpan dalam bentuk hardcopy, yang kalo membutuhkan, musti nyari satu persatu. Kalau disimpan di blog (tentu saja copy paste atau mengetik ulang dengan mencantumkan sumbernya), tinggal dicari di arsip, ketemu deh….

Lama-kelamaan timbul keinginan untuk menulis, tak mudah buat saya membuat sebuah tulisan…sempet macet lamaaa banget, sampai akhirnya nemu juga topik yang asyik buat ditulis (menurut saya lo yaa), apalagi kalau bukan soal anak-anak dan yang berkenaan dengan pendidikan, pengasuhan, perjalanan saya (termasuk pembelajaran) mengejar cita-cita menjadi ibu yang bisa membentuk kebiasaan positif dan meninggalkan kenangan yang membahagiakan bagi anak-anak dan suami.

Jadi apa manfaat blog buat saya dan keluarga saya?

  • Menjadi ajang belajar menulis.
  • Mendokumentasikan kegiatan dan cerita tentang anak-anak, suatu saat kelak mereka bisa membaca kembali kenangan masa kecil mereka.
  • Bisa memotivasi untuk melaksanakan hal-hal yang saya tulis, banyak tulisan yang saya buat memang sengaja untuk mengingatkan diri sendiri.
  • Sedikit berbagi cerita soal pengasuhan dan cara bermain bermakna yang banyak saya dapat dari sekolah anak-anak, sekaligus ajang diskusi dengan teman bloger.
  • Menambah tali silaturahmi.
  • Membuat anak-anak termotivasi untuk menulis juga.
  • Bagi keluarga yang berlainan kota, mereka bisa ikut membaca cerita kita, jadi update juga dan serasa tak ada jarak.

Lalu bagaimana dengan manfaat buat orang lain?

Tentu saja saya sendiri tidak bisa menilainya, sejauh mana tulisan-tulisan saya ini bermanfaat buat yang membacanya. Syukur Alhamdulillah jika bisa memberikan manfaat buat orang lain.

Dengan mengingat apa manfaatnya bagiku, menjadi sebuah ‘kekuatan pribadi’ dan menjadi cara yang sangat baik untuk memberikan ‘motivasi pada diri sendiri’ untuk tetap menulis. Meski saat ini, belum bisa konsisten 1 postingan /hari.

Bagaimana? Mau mulai mencoba konsisten menulis 1 tulisan setiap hari?

 

Pos ini dipublikasikan di kuis, Mama. Tandai permalink.

14 Balasan ke Apa Manfaatnya Bagiku?

  1. Hafid Junaidi berkata:

    wah, belum brani mbak, paling-paling minimal seminggu sekali ^_^

  2. rully berkata:

    mbak devi duluan…, aku kemudian 🙂

  3. Adi berkata:

    Pernah dulu, cuma bertahan sebulan, huhuh, ide benar2 habis menulis setiap hari, tapi sebenarnya apapunn itu bisa ditulis diblog dengan bumbu gaya bahasa dari penulis, tentunya walau setiap hari,p
    Postingan harus berkualitas..

  4. Abi Sabila berkata:

    satu tulisan setiap hari? salut untuk blogger yang bisa melakukan ini. Saya sendiri sebenarnya juga kepingin, tapi sejauh ini belum bisa. Terbatasnya ide, juga pertimbangan bahwa harus ada manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain dalam setiap postingan, menyebabkan saya belum bisa melakukan ini. Bagaimanapun, kualitas harus tetap di jaga, tidak hanya mengejar kuantitas.

  5. Prima berkata:

    Maunya gitu mbak… cuma ya, karena mood gak bisa dipaksa, jadi nulis sesuai mood saja, wkakakakaka…

    sekarang prinsip saya, jauhkan yang membuat diri sendiri stres, mudahan ngeblog gak bikin malah stres…. wkakakkakaka…

  6. nh18 berkata:

    Satu postingan setiap hari ?

    sepertinya mudah …
    tapi susah lho …
    hehehe

    salam saya

  7. ais ariani berkata:

    maaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuu
    *menjawab dengan lantang*

    iyah mbak, aku ketularan juga semangat nya bang aswi
    jadi semangat buat post a day.
    bener juga yah, mengingat manfaat blog bagi diri sendiri bisa menjadi motivasi intrinsik (saaahh..)

  8. bundadontworry berkata:

    dulu iya, aku bikin komitmen sama diri sendiri , one post per day.
    malah pernah saking semangatnya bisa publish tulisan sampai 3 atau 4bh per hari.

    nah, akhir2 ini ,kok ya kambuh penyakit malas nulis, malas reply komen, malas bw, malas semua2nya 😦
    kayaknya harus kembali nulis lagi seperti dulu, semoga bisa .
    salam

  9. Fiyaa berkata:

    Assalamu’alaikum
    dulu sempat rajin posting, ada ajaaaa yang pengen di-share..
    tetapi lama-lama saya jadi lebih selektif milih cerita yang patut dipublish…
    hihi

    semangat nge-BLOG 🙂

  10. gerhanacoklat berkata:

    wah kakak berat itu kalo berkomitmen hehe
    aku berusaha kak bisa nulis tiap hari
    😀

  11. Bang Aswi berkata:

    Yuk ah konsisten menulis rutin, meski tidak tiap hari ^_^
    Hatur nuhun ya sudah berpartisipasi…

  12. dheeasy berkata:

    Kunjungan pertama ke “rumah” ini dan saya jadi ikut bertanya “apa manfaatnya ngeblog bagi saya?” dan jawabannya… *saya list dalam hati saja… 🙂

    _salam kenal mba’ 🙂 _

  13. jeepiid berkata:

    blm berani trus terang klo aku, dan biasa malah cerita sedih y bisa ngalir u/ ditulis krn butuh penyaluran, mesti bikin id baru u/ ngluarin unegku2,
    moga kedepannya aku bisa

  14. Susi berkata:

    Menulis 1 posting tiap hari? berat banget, bang. Meski tetap bisa, sih kalo mau. Apa sih yang ga bisa kalo kita mau?
    We are as big as we feel, gitu kata orang londho sana.
    Sukses sama blognya, ya. And ijin tukeran link karena teman Susi jarang yg apdet blog.

Tinggalkan Balasan

