Mengajak anak membuat presentasi

Presentasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah :

1 pemberian (tt hadiah); 2 pengucapan pidato (pd penerimaan suatu jabatan); 3 perkenalan (tt seseorang kpd seseorang, biasanya kedudukannya lebih tinggi); 4 penyajian atau pertunjukan (tt sandiwara, film, dsb) kpd orang-orang yg diundang;
mem·pre·sen·ta·si·kanv menyajikan; mengemukakan (dl diskusi dsb)

Jadi kepikir soal presentasi, gara-gara lagi utak-atik bikin presentasi.

***

Mulai usia berapa sih anak-anak bisa membuat presentasi???

Sebenarnya, tanpa sadar kita sudah sering sekali mengajak anak membuat sebuah presentasi. Bahkan, mereka sudah punya kemampuan untuk mempresentasikan dengan baik.

… membuat gambar lalu menceritakan kembali gambar tsb saat kita bertanya hal-hal seputar gambar mereka…

…membuat tulisan tentang bahan-bahan dan cara membuat kue yang telah dipraktekkan, lalu menceritakan kepada siapa saja yang datang ke rumah…

…menyusun balok/lego/maket dari kardus, lalu setelahnya sibuk menceritakan kepada kita apa yang sedang mereka buat…

Haaaiiii…. coba deh ingat-ingat lagi, bahkan mereka mampu membuat ‘tema/topik’ tertentu…banyak sekali hal yang tidak pernah kita duga soal kemampuan mereka.

***

Padahal….mereka sangat senang saat diminta membuat gambar tentang apa saja yang mereka lihat di tempat wisata/perjalanan/toko buku/tempat2 yang mereka kunjungi, mereka juga senang menggambar apa yang telah mereka lakukan. (kebanyakan mereka lebih suka menggambar daripada menulis 🙂 )

***

Semoga, deskripsi saya mampu menjawab, mulai usia berapa kita bisa mengajak anak membuat presentasi.

(gambar diambil dari www.artikata.com)

Terkait :

Terimakasih buat Madrasah Istiqlal, tempat kami sekeluarga  belajar.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, RA Istiqlal, Taman Penitipan Anak, Umum. Tandai permalink.

10 Balasan ke Mengajak anak membuat presentasi

  1. Hafid Junaidi berkata:

    he em, anak kecil lebih suka gambar, presentasi juga lebih banyak didominasi gambar agar mudah mempengaruhi seperti pikiran anak kecil ^_^

  2. chocoVanilla berkata:

    Kalo Si Cantikku kebetulan cerewet jadi dia senang sekali mempresentasikan pengalamannya di sekolah. Sering juga melalui gambar 😀

  3. zizima berkata:

    nah bener ini..
    makanya dulu pas masih TK tiap pulang selalu ditanya, ngapain aja tadi? diajarin apa? nyanyi apa? jadinya ya tujuannya ini yaa.
    Tapi kok dulu saya lebih suka mengkeret ya kalo disuruh cerita di depan orang asing, hehehe.

  4. ahmadblog berkata:

    aku senang kalo presentasi,,dengan gtu kita bisa mengungkapkan lebih,,boleh tukar link yudhistira??

  5. tengku berkata:

    selamat pagi…!
    pagi yang cerah untuk berkunjung ketempat sahabat.
    Semoga hari ini lebih menyenangkan dari hari kemarin…

  6. Prima berkata:

    ntar tak suruh adikku presentasi ah… 😛 *suka ngerjain adik sendiri

  7. ais ariani berkata:

    mbak devi..aku ajah yang setua ini masih seneng mbikin presentasi pake gambar2 lucu.
    tapi, memang imajinasi anak kecil itu sangat menyenangkan,
    dan kemaren pas di kelas kreatif yang aku ikutin, anak kecil itu biasanya cenderung lebih kreatif dibandingkan orang dewasa loh…

  8. liamareza berkata:

    mbak aku mau diajarin presentasiiii..:P

  9. Bibi Titi Teliti berkata:

    waduh…
    Presentasi ya?

    Kayla udah pinter diajak debat nih…
    Kalo pake presentasi juga…
    Bisa mati kutu aku…hihihi…

  10. sejak anak mulai lahir sudah menampilkan ….presentasi, ketawa, minta gendong, gambar, dan lainnyalah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s