Mengisi Liburan dengan Main (Matematika)

Kalah main utak-atik angka sama anak 10 tahun gimana rasanya ya?

Jawaban : Hiks…wis ga karu-karuan rasane…campur aduk, antara sedih, jengkel, penasaran, heran, bangga….

Tiap ikutan training instruktur APIQ, selalu dibuat bengong sama murid APIQ Bandung kurang lebih usianya 10 tahun. Hampir semua permainan angka bisa dipecahkannya, hitungan detik!

Salah satu permainannya adalah Mino Milenium. (semacam domino, tapi ini bentuknya balok, bukan kartu)

Aturan mainnya, ambil 2 mino. Siapa yang bisa menebak operasi matematika dari titik-titik yang kelihatan hingga hasil hitungannya adalah 24.

Operasi matematikanya-nya bebas.

Misal yang keliatan adalah 5,1 dan 4,6 maka bagaimana supaya menghasilkan 24?

“4 x 6…terus dikali 1 pangkat 5”

begitu seterusnya tiap kali dibuka 2 mino. Yang berhasil menjawab  paling cepat dan benar dapet 2 mino tadi. Yang terbanyak dapet mino, dia yang menang.

***

Rupanya, Rahma juga ikut penasaran. Sampai di rumah, kita main bareng. Seru juga. Rafif juga ikutan.

Sekarang….hiks…yang sering menang Rahma ….

Bener-bener deh…kita perlu banyak belajar lagi…

(meski dah tau rahasia Rahma…dia sering pake angka berapapun dipangkatkan 0…tetep aja kita kalah cepet hehehe)

Ayah tandingannya Rahma…kalo mama tandingannya Rafif.

Tetep aja pemenangnya anak-anak…

***

Bagaimana menurut anda, permainan ini?

Berapa soal yang sudah mereka jawab sambil bermain?

Berapa  operasi yang sudah mereka dengar saat teman memberitahukan jawaban?

Berapa pembiasaan istilah yang akan membuat mereka menemukan sendiri konsepnya saat bermain? (untuk anak yang lebih kecil)

dll….jika berkenan meneruskan dan berpendapat soal permainan ini monggo disebutkan….

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, ayah, Kakak Rahma. Tandai permalink.

16 Balasan ke Mengisi Liburan dengan Main (Matematika)

  1. Pakde Cholik berkata:

    Selamat pagi sahabatku
    Saya datang lagi untuk mengokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Teriring doa semoga kesehatan,kesejahteraan,kesuksesan dan kebahagiaan senantiasa tercurahkan kepada anda .
    Semoga pula hari ini lebih baik dari kemarin.Amin

    Saya juga menyampaikan kabar gembira bahwa sahabat mendapatkan tali asih dari manajamen BlogCamp karena artikel anda termasuk salah satu Juara dalam Kontes Unggulan Muhasabah Akhir Tahun (K.U.M.A.T).
    Silahkan cek di : http://abdulcholik.com/2010/12/30/k-u-m-a-t-juara-iv-sd-juara-xv/
    Silahkan segera mengirimkan nama dan alamat lengkap untuk pengiriman tali asih.
    Terima kasih.
    Salam hangat dari Markas BlogCamp di Surabaya

  2. Prima berkata:

    alamak saya lelet kalo suruh itung2an…. wkakakakaka… perlu konsentrasi penuh… gak bakat emang (-_-‘) *gak bakat apa lemot ya???

  3. nh18 berkata:

    Saya belum pernah mengetahui permainan ini bu …
    hmm … ini mesti cerdas menggunakan dan menaruh operasinya ya Bu …

    salam saya Bu

  4. Invincible Tetik berkata:

    Salam MBakkk
    wah kalo nanti ma anakq apa juga saya ajak main selain matematika ahhh
    masalahnya bundanya gak suka matematika
    he..he..he..

  5. Saya pelajari dulu ya Mba.

    Segenap Keluarga Besar “Ejawantah’s Blog” Management
    Mengucapkan
    SELAMAT TAHUN BARU 2011

  6. rime berkata:

    saya rasa ada 2 faktor yang mempengaruhi kenapa anak-anak lebih jago main angka:
    1. kemampuan matematis anak tersebut kebetulan lebih dominan dibanding orang dewasa yang jadi lawannya
    2. otak anak-anak masih segar dengan matematika.. beda dengan orang dewasa yang udah jarang ngitung pake otak, biasanya pake kalkulator atau Microsoft Excel, hehehe :p

    saya juga lemah di hitungan matematis.. tapi lumayan jago di logika. jadi waktu SD dulu kalau materinya lebih ke logika, saya cukup jago…. tapi kalau udah ngitung2 angka, langsung memble 😀

  7. nitnot berkata:

    matematika…identik ama guru yang sangar…dari esde ampe sma gw suka ama matematika…tapi kalo ama gurunya..ngeriii…heheee…

  8. apiqquantum berkata:

    Hehehe… pasti ada yang lebih sangar lagi juga ada yang lebih ramah.

    Saat ini anak-anak di Bandung juga sedang menikmati petualangan APIQ Quantum Liburan: Petualangan Sulap dan Permainan matematika Kreatif.

    Siswa di Bandung masih libur sekolah…

    Salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s