Ulek-an

Di daerah Banyumas dan sekitarnya, alat ini disebut ciri dan munthu. (Gambar diambil dari inyonge.com).

Ada yang menyebut ciri dan mutu, ada yang bilang cobek. Saya lebih terbiasa menyebutnya cobek dan ulekan. Anda punya sebutan lainkah?

Selain untuk menghaluskan bumbu, mama sempat mengenalkan juga fungsi dari alat ini pada saya.

Mbak, nek ono tamu sing mbak ora seneng, mlebu sik terus golek ulekan, seko njero diacungke neng arah tamune, mesti mengko tamune ndang muleh!

Qiqiqi…entahlah, apa itu bener atau mama lagi bercanda, saya sendiri kurang paham waktu itu. Tapi saya belum pernah sekalipun melihat mama melakukan adegan ini.

Lalu, apakah saya pernah mencobanya?

Jawabannya : pernah!

Apakah saya berhasil? Jawabnya adalah : TIDAK!

Yang ada, saya ketawa geli saat melakukannya (dari dapur kost-kostan), tamunya ga pulang-pulang juga.  Teman saya yang jadi tuan rumah sebel berat jadinya. Apa salah prosedur ya? Harusnya saya acungin ulekan di depan doi, pasti doi langsung kabur ! Iya ga?

 

Pos ini dipublikasikan di Mama. Tandai permalink.

11 Balasan ke Ulek-an

  1. nh18 berkata:

    Yang jelas …
    Lempar ke Tamunya …
    itu pasti pergi … hahaha …

    Ya bu …
    saya pernah dengar tips tradisional ini …
    apa pernah mencoba … belum …
    saya belum pernah mencoba …

    salam saya Bu

  2. ysalma berkata:

    hahaha,,
    mungkin ulekannya dibawa kedepan tamunya, sambil nguleknya kayak orang marah,,
    kemungkinannya,,
    tamunya berpikir,, wuihh, dimasakin nih, makin betah deh,,
    tamunya ga enak, mau masak ya,, ga usah tak beliin makanan ke depan aja ya,, ga jadi balik2 juga 😀

  3. bundadontworry berkata:

    kudu di lemparin langsung ke muka tamunya kali Devi, baru manjur tuh ,
    dijamin pasti sang tamu langsung kabur ………. 😀
    salam

  4. Prima berkata:

    Mbak Devi: (mau aku sambel, atau pulang??) sambil nunjuk pake ulekan…

    Tamu: “Vi, kenapa? ngajak rujakan ya? Yuuukkkk…”

    Mbak devi: (-_-‘)

    • Devi Yudhistira berkata:

      Itu pasti kamu tamunya ya prim…..

      Prima : Mbaaakkk, ni aku bawain bunga…cantik2 lo…

      Devi : (duh si tengil dateng tuh, bawa bunga beracun, dikira gw ga baca blognya kali)…nihhh buatmu prim (lempar ulekan)

      Prima : adooohhh…ampuunnn….

      • Prima berkata:

        wuakakakakkakka….

        Bunga beracun Vs Ulekan…wkakakakaka….

        Oh iya mbak, di lab ada ulekan dan cobek kecil dari porselen, namanya: mortar (cobek) dan pistil (ulekan)… 😀

  5. Wah, saya kalau bertamu mesti lihat2 sekitar nih. Ada ulekan apa enggak. Kalau ada, mending buru2 kabur. Wakakaka…

    *kabuuuuur beneran*

Tinggalkan Balasan

