Es Cinderella

Ada yang pernah tau nggak es cinderella?

Saya yakin, jenis es ini pasti hampir ada di semua kota ‘pada jamannya’ hanya saja sebutannya mungkin berlainan.

Ternyata mencari penampakan es ini di google lumayan sulit, pake kata kunci es cinderella ga nemu…baru deh nemu pake kata kunci es krim. Yang paling mirip penampakkannya yang saya pake sebagai ilustrasi gambar di sini. Meskipun itu juga sebenarnya bukan gambar es krim, melainkan gambar ‘hard disk’ 🙂  silakan cek di sini.

Yang menjadi kesukaan saya adalah rasa kacang hijau, warnanya hijau dan di ujung atasnya ada butiran-butiran kacang hijaunya…hm…uuueeennaaakkkk… Lainnya kalo nggak salah ada yang warnanya pink, kuning, coklat, putih.

Saya selalu dapat gratisan dari tetangga sebelah rumah yang punya Pabrik-nya. Tiap pagi banyak sekali penjual es yang datang mengambil es yang dijual keliling menggunakan gerobak yang di dalamnya ada accu buat nyetel tape, lalu ada speaker kecilnya. Jadi sambil keliling ada musiknya gitu. Musiknya ya lagu-lagu anak-anak atau lagu ‘madu dan racun’, ga kayak es krim sekarang yang punya musik khas perusahaan masing-masing saat keliling. Saban sore, tukang es itu pada balik, es yang ga laku biasanya dibagikan gratis kepada tetangga oleh si empunya pabrik.  Kebayang kan antrian anak-anak tiap sorenya???

Banyak juga accu yang dipake, dan sebagai usaha sampingan, si empunya pabrik juga menerima ‘setrum accu’. Energi accu masih sangat laris manis kala itu. Sampe rela ngantri berhari-hari hanya mau nyetrum accu, biar TV bisa nyala kembali dan ga perlu nonton TV di kelurahan.

Kenapa dinamakan es cinderella? Ada yang tau ga?

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Mama. Tandai permalink.

8 Balasan ke Es Cinderella

  1. Prima berkata:

    Gaaaakkkkk…saya malah belum kebayang, gimana ya? tapi kalau es yang bentuknya silinder ada kacang ijonya pernah tuh, es potong kali itu mah ya, hehehehe…

  2. bundadontworry berkata:

    sama kayak Prima juga., bunda gak pernah tau tuh es Cinderella,
    yang tau dulu waktu kecil, ada es yg namanya es goyang, krn ketika di bikin dan dijual, gerobak es nya digoyang2 kan oleh penjualnya , rasanya juga macam2, Devi, ada yg kacang ijo, coklat juga vanilla 🙂
    salam

  3. Invincible Tetik berkata:

    Salam mbak >_<
    Kalo tetik taunya itu bukan es cinderella namanya
    di jombang sebutnya es Goyang He.. he.. eh..

  4. enyong berkata:

    Ha ha ha aduh dadi kemutan jamane cilike enyong..awal taun 80an kayane… unggal dina angger ana es krim kuwe liwat ngarep umah mesti enyong njaluk detukokna…. Es Krim Cinderella…

  5. Sunu berkata:

    Wah jadi teringat masa tahun 80an… setiap sore menunggu dengan uang Rp.25,- yang paling enak memang yan ijo…

  6. babevaganza berkata:

    Tetangga ada yang punya pabriknya,ternyata dmn2 ada pabriknya ya,dulu blm musim franchise,kirain cuman di tempatku yang ada..hhh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s