Hitungan Plat Nomor

Kemacetan di Jakarta sepertinya bertambah parah.

Kesempatan bersama dengan anak-anak di perjalanan juga semakin lama jadinya.

Dua hari ini anak-anak sedang senang main tebak-tebakan plat nomor mobil. Intinya sih “menghitung” cuman operasinya terserah mereka.

Tentu saja levelnya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Kakak Rahma menghitung hasil perkalian dan pangkat, abang Rafif menjumlahkan dan perkalian sederhana. Mereka sama-sama menentukan nomor mana yang mau dihitung.

misal 1990. (Rahma : 19 x 90, sedangkan Rafifi 19+90)

2425  (Rahma (2 pangkat 4) x25, Rafif 24+25)

Selain itu, ada yang cukup membuat mama dan ayah jadi ikut menebak-nebak operasinya, karena Rahma memberikan angka dan hasil jawabannya saja. Kamilah yang bertugas memikirkan angka-angka itu diapakan. Ini sangat menyenangkan buatnya, saat mama dan ayah kesulitan menebak…seringnya emang ga ketebak…hehehe, nanti Rahma akan dengan semangat menjelaskan dari mana dia memperoleh angka tsb.

Bagaimana menurut anda?

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, Kakak Rahma. Tandai permalink.

20 Balasan ke Hitungan Plat Nomor

  1. advertiyha berkata:

    ikutan sempoa ya mbak?
    Wuuiii,, rahma hebat,,,!!!

    pasti akan ada jawaban.. “siapa dulu dong mamanya,,, 😛 ” hehehehe

  2. bundadontworry berkata:

    wah, kakak Rahma kreatif sangat ya Devy…….
    senangnya punya anak2 yang sehat dan pinter………. ( siapa dulu donk ibunya) 😀
    salam

    • Devi Yudhistira berkata:

      Hahaha…Bunda bisa aja…

      Alhamdulillah, kreatif sepertinya kena imbas sekolah dan ayahnya yg suka banget bikin2 mainan penunjang belajar.

      Kalo mamanya cerewet amat sangat bund…(cenderung bawel)

  3. Bundanya Dita berkata:

    Wah..seru juga permainannya. Anak2 nya kreatif nih. Nanti saya tiru idenya ya mam kalau Dita sudah bisa diajak bermain angka 🙂

  4. nh18 berkata:

    Pendapat saya …
    LUAR BIASA …

    Kali ini gantian ….
    Mama dan Papanya yang dipaksa untuk berkata …
    “AAAhhhhhaaaa !!!”

    (Saya tidak akan pernah lupa postingan yang satu itu …)

    Salam Saya

  5. dina.thea berkata:

    salam kenal bunda 🙂 , kalo namanya orang kreatif, semua hal bisa dijadikan alat belajar ya,

  6. jeepiid berkata:

    idenya boleh juga, cuma kami kesulitan nerapinnya,
    hari pertama kami naik BAJAJ (konsentransi ga dapet y ada malah budhi nih kuping)
    hari kedua kadang naik M01, liat angka plat nomor, (sheeet) nulis (lupa salah satu angka) nengok lagi… yaaa.. dah kehalang tuh plat nomor akibat kegesitan meliakliuk abang supir M01…
    hari ketiga (heeem mesti berhasil…) kami naik motor biar bisa ngikuti nomor mobil y kami sepakati, ternyata… apa y terjadi.. TETAP GAGAL.. krn kesulitan nulis pas lg menghitung dipunggung, goyang2 trus..
    hari keempat… (bagaimana n dg cara apa, tunggu aja up load tannya)

  7. Pakde Cholik berkata:

    banyak cara untuk belajar ya.
    Rahma jadi penjurunya ya jeng, baguslah-anak sulung harus begitu ya.
    salam hangat dari Surabaya

  8. monda berkata:

    mbak, ini juga yg kulakukan kalau lagi sendirian di mobil dan kena macet,
    nambah ngurang aja sih, he..he..
    aku udah buat draft tentang ini juga lho

  9. Aar berkata:

    Bagus sekali ide kegiatannya mbak Devi. Anak-anak hebat ya.. sudah makin jago tambah, kali, bahkan pangkat…
    Ikut bahagia membaca sharingnya.. ^_^

  10. Ping balik: Plat Nomor Kreatif « Kisahku

  11. Lyliana Tia berkata:

    Hebaat.. kreatif sekalii… 🙂 … kalo begini pasti biar macet nggak bakal jadi bosan… boleh nih ditiru 😉
    Salam kenal ya Bunda.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s