Tergugah Lagu

Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya
Merdeka Merdeka
Hiduplah Indone
sia Raya

Sudah ga asing lagi mendengar lagu ini dinyanyikan di upacara bendera. Kesan saya, biasa sajah pas dengar paduan suara menyanyikan lagu kebangsaan. Ada hal yang lebih menarik perhatian, “memandang prosesi pengerekan bendera”, sambil terus mengira2 apakah bendera bisa sampai atas dengan ritme kerekan yang sama atau kemudian pengerek harus mempercepat atau memperlambat tarikan tangannya hanya untuk mengepaskan dengan selesainya lagu…habis itu, ikut bernapas lega kalo ritmenya bisa paaaaassss bener 🙂 sementara kalo nggak pas, juga biasa saja, seringnya nggak pas.

Namun perasaan akan berubah seketika jika mendengar (bahkan kadang kita diminta ikut menyanyikan bersamaan) lagu ini dalam acara tertentu, seperti saat wisuda, perpisahan sekolah, prosesi pemberian piagam/sertifikat/piala dalam lomba (termasuk nonton kejuaraan olahraga di TV)… air mata selalu tak tertahankan…menetes…entah kenapa lagu itu menjadi sangat emosional terdengarnya, harukah? banggakah? nasionaliskah???

Menurut cerita teman2 yang tinggal di luar negeri, hal yang sama juga terasa saat mereka upacara hari merdeka di sana…..

Satu lagu lagi yang sering membuat merinding…. “Indonesia Pusaka”

Lagu Indonesia Pusaka menjadi mengharukan kala acara perpisahan dinyanyikan oleh bos (pejabat-red) yang pensiun….saya tidak tau persis, apakah jika yang menyanyikan staf biasa seperti saya bisa menimbulkan hal yang sama 🙂 …..jarang ada staf pensiun yang diacarain soalnya…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tergugah Lagu

  1. nh18 berkata:

    Saya pikir jika lagu ini dinyanyikan dengan sepenuh hati …
    dan dengan nada yang baik …
    siapapun yang mendengarkan
    siapapun yang menyanyikan

    pasti akan tergetar

    Ini lagu yang dahsyat

    Salam saya Ibu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s