Peringatan Hari Kartini : Pusat Jajanan Betawi

Peringatan Hari Kartini di RA Istiqlal, yang berlangsung hari Rabu, 21 April 2010, sangat meriah. Kagum sekali dengan acra model beginian, maklum, baru kali ini melihat acara yang saya pikir perlu dicontoh oleh saya sendiri, dan mungkin tean-teman lain yang senasib dengan saya (baru pernah melihat/mendengar-red).

Tema peringatan Hari Kartini kali ini adalah “BETAWI”. Sekolah disulap menjadi “Pasar Jajanan Betawi”.

Sehari sebelumnya, anak-anak membuat berbagai macam tulisan di spanduk, masing-masing kelas membuat sebuah spanduk, dengan hiasan gambar dan cap tangan anak-anak. Spanduk ini digunakan untuk mengawali peringatan hari Kartini.

Karnaval mengelilingi Masjid Istiqlal sambil membawa spanduk dan tulisan-tulisan, diiringi gemuruh tabuhan alat musik khas Betawi dan galon aqua yang dimainkan oleh guru dan papa/mama. Cuaca yang agak panas tidak melunturkan semangat anak-anak yang sangat excited dengan karnaval ini. Mereka mengenakan baju betawi, dengan clana batik, atasan putih berkalung sarung dan pakai peci, untuk muslimah mengenakan kebaya, kain, selendang. Ganteng-ganteng dan cantik-cantik…Mama/ayah juga diwajibkan pake baju yang sama.

Sebelum mereka masuk ke arena Pasar Jajanan Betawi, mereka menyaksikan acara silat sambil berbalas pantun. Kalo yang ini sih mama/papanya yang seneng ngeliatnya, jarang-jarang ngeliat berbalas pantun kayak begini. Anak-anak bersorak gembira ketika tokoh yang diperankan oleh pak guru memenangkan pertandingan silat, sehingga anak-anak boleh segera masuk.

Di dalam sudah menanti stand-stand yang ditunggui oleh ortu, berperan sebagai penjual makanan khas Betawi. Kerak telor, kue cucur,birpletok, manisan kolang-kaling, es doger, es goyang, kue putu, rengginang, gado-gado, sayur asem, es kopyor, roti buaya tersedia di acara ini. Masing-masing kelas mendapat tugas membawa beberapa makanan.

Anak-anak dipersilakan membeli dengan menggunakan kupon. Dalam acara ini didatangkan abang penjual kerak telor sekalian pikulannya. (bahkan menurut informasi, beberapa tahun yang silam, acara sejenis pernah dimeriahkan oleh abang none Jakarta). Mereka bergiliran dari stand yang satu ke stand yang lain, mencicipi semua makanan yang ada sedikit demi sedikit.

Acara ini dihadiri oleh wakil dari Dinas Pariwisata, di penghujung acara, anak-anak berkumpul sambil menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh tamu undangan dari dinas Pariwisata ini, tak lupa mereka juga diberi hadiah jika bisa menjawab dengan benar. Ada sedikit pemaparan tentang tempat wisata yang ada di Jakarta. Tamu undangan juga pake baju betawi loooo.

Selama bulan April ini, anak-anak di RA istiqlal memang sudah dikenalkan mengenai apa saja tentang BETAWI. Peringatan hari Kartini menjadi momen pembelajaran yang lebih kongrit buat mereka. Sebuah upaya mengenalkan budaya negeri sendiri kepada anak-anak sejak dini, dengan cara yang menyenangkan, semoga menjadi sesuatu yang indah untuk dikenang oleh mereka kelak. Semoga mereka menjadi generasi penerus bangsa ini, dan menjadi generasi yang lebih baik, amin. Sayang sekali ada beberapa media yang meliput, reporternya tidak menggunakan baju betawi. 🙂

***terimakasih kepada seluruh pihak yang turut serta menyiapkan, menyelenggarakan, dan memeriahkan acara ini.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, RA Istiqlal. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s