Belajar Pecahan Pizza Mainan

Syafa punya mainan baru, judul sebutannya “masak-masakan” tapi isinya sih seperangkat peralatan restoran pizza, Pizza Roof. Ada spagheti, pizza yang sudah terbelah 6, pisau, tempat saos, tempat keju, dan cup coca cola…

Sambil mainan, sambil mengenalkan penyebutan untuk tiap bagian belahan pizza. Yang penting terdengar aja oleh Syafa. Setiap Syafa bilang mama mau pesen apa??? ‘Mama mau satu per 6 pizzanya ya…atau dua per enam…’ Pokoknya Syafa masih terus semangat menawarkan seolah-olah jadi petugas restoran pizza. (agak maksa kita harus pesen 🙂 ).

Rafif, yang sudah lebih dulu mengenal pecahan mulai deh mengutak-atik pizza (meski sama Syafa terus dilarang, but isengggg tetep jalan terus, sambil belajar tapinya).

“Adek..mama maunya 1/6 jadi kalo ditambah 1/6 lagi jadinya 2/6. Abang maunya 3/6 aja deh…yang ini berarti 3 belahan dek…eh, tuh kan sama dengan 1/2. Jadi 3/6 = 1/2 ya yah?”

Iya itu namanya pecahan senilai, pengen tahu Fif??? (siiippp, nangkep penasaran Rafif)

“Iya, pake lingkaran apa kotak yah??? Lingkaran aja”

Rafif asyik deh berkutat dengan gambar lingkaran2 yang sudah digaris dibagai menjadi 4,6,8. Sambil mengisi 1/2 = 2/4= 3/6 = 4/8.

Kakak Rahma, sudah mulai pecahan campuran, dulu awalnya sama dengan Rafif, pengenalannya pake gambar lingkaran yang digunting-gunting. Terus ditempel-tempel, diwarnai, baru deh dinamai bagiannya. Sekarang Rahma lebih senang diajak tebak-tebakan penjumlahan pecahan, setelah dikenalkan pecahan campuran, jika ditebakin 3/4 + 3/4, akan dijawab  satu setengah (OMG, susah ya nulis angkanya tyt), dulu pas belum tahu pecahan campuran dia akan bilang 6/4.

Pecahan yang dikenalkan tentunya masih pecahan yang angkanya sederhana banget, penjumlahannya juga masih yang sama penyebutnya. Disesuaikan dengan konsep penjumlahan yang sudah dikuasai.

Terkait :

Games pengenalan pecahan

Belajar mengenal konsep pecahan

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, Kakak Rahma, Syafa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s