Bunganya masih ada…

Anak-anak senang sekali melakukan ritual memetik bunga setiap melihat pohon bunga yang dilewati sepanjang mereka berjalan kaki. Entah menuju TPA, menuju tempat parkir, atau di taman. Melihat aktivitas mereka, biasanya saya tidak melarang, melihat reaksi dan ekspresi mereka yang girang saat memetik dan mengumpulkan bunga. Seiring bertambahnya umur mereka, biasanya ada masukan-masukan baru yang membuat mereka mampu menahan diri untuk tidak memetik bunga-bunga lagi.

Dulu, kepada Rahma dan Rafif, saya bilang bahwa bunga itu adalah bagian dari tumbuhan ciptaan Allah, dan jika kita petik, pastilah pohonnya sedih… (masuk akal nggak sih ya???kurang tepat kayaknya ya???).

Sekarang, Syafa yang sudah 2 tahun 8 bulan sudah tidak lagi memetik bunga, padahal sebelumnya dia selalu nyamber bunga yang dia lihat…kali ini, saya memberikan pengertian yang berbeda dari kedua kakaknya. Terinspirasi dari novel Heidi , saat Heidi girang memetik banyak bunga dari puncak dan membawa ke rumah kakek, lalu keesokan harinya Heidi sedih karena bunga yang dipetiknya itu sudah layu dan tidak seindah sewaktu dipetik. Kakek bilang ke Heidi “Jika bunga itu kamu petik, kamu tidak akan bisa menikmati keindahannya keesokan harinya, lambat laun bunga itu akan layu, bagaimana jika kau nikmati sepuas hatimu saat kamu ke puncak, besok pasti masih tetap indah Heidi”….entahlah, saya kok sangat terkesan dengan kalimat itu….jadi saya pun berkata hal yang sama kepada Syafa.

Sekarang Syafa hanya mendekati dan melihat dari dekat bunga yang dia lewati, sambil bilang “Mama..bunganya masih ada….bunganya masih bagus ma…aku ga petik, aku lihat saja, bagus kan???”

Setelah itu dia akan bersenandung dengan nada andalannya…

bunga bunga bunga

lihat lihat lihat

bunga bunga, bunga bunga

aku lihat saja

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Syafa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s