Ayo menyanyiiii…

Metro TV pagi ini….ngebahas tentang lagu anak-anak, bintang tamu Kak Seto.

Lagu apakah yang sering didendangkan oleh anak-anak sekarang???? Rupanya mereka lebih senang menyanyikan lagu orang dewasa, bahkan sangat hapal.

Apakah kira-kira pengaruh terhadap mereka???? tentu saja lebih banyak pengaruh tidak baiknya karena tema-tema lagu dewasa biasanya tentang cinta, putus cinta, lelucon, dengan kata-kata unik yang bisa jadi kata tersebut bermakna kurang baik atau bahkan makian.

Banyak hal yang mengakibatkan demikian, orangtua yang tidak mengenalkan lagu anak-anak, tayangan TV yang notabene-nya untuk anak-anak tapi mereka menyanyikan lagu dewasa, kurangnya acara khusus lagu untuk anak-anak . Menyedihkan memang, seolah dipandang kurang menjual hingga tidak pernah dipikirkan. Yang ada malah tayangan-tayangan yang semakin membuat anak-anak meniru gaya dan adegan orang dewasa.

Menurut Kak Seto, ada beberapa kiat untuk mengantisipasi fenomena tsb…intinya adalah “Mari mulai dari diri kita sendiri”

  • perkenalkanlah anak-anak dengan lagu anak-anak yang sesuai dengan usia mereka
  • kembangkan bakat terpendam kita sebagai pencipta lagu, atau setidaknya pencipta lirik (coz boleh-boleh aja kan kita pakai nada lagu yang sudah ada, tinggal mengganti liriknya). Buat lagu untuk anak-anak kita
  • nyanyikan lagu anak menjelang tidur
  • belikan kaset/CD lagu anak-anak
  • pro-aktif….mencari atau bahkan memberi masukan kepada stasiun2 TV atau radio untuk membuat program khusus lagu anak-anak

Anak-anak sangat tertarik dengan nyanyian…lagu juga menjadi sebuah ajang pembelajaran bagi mereka. Lirik lagu bisa menjadi sebuah informasi dan pesan moral bagi mereka tanpa mereka merasa sedang dinasehati atau sedang menghapal sebuah teori.

Ayo menyanyiiiiii !!!!!

Bila kau mau makan

Gunakan tangan kanan

Bila mulai makan

Bismillah, jangan lupakan (cipt. Ibu Nibras)

Kalo yang ini ciptaan saya…hahaha, silakan dinyanyikan dengan nada lagu semaunya 🙂

Sekarang waktunya tidur ,

Besok kita bangun pagi,

Bangun tidur  langsung mandi,

Tak perlu diingatkan lagi

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, Mama. Tandai permalink.

7 Balasan ke Ayo menyanyiiii…

  1. nh18 berkata:

    HHmmmm …
    (maaf nih … kalo bicara musik saya akan rada nyerocos … hehehe)

    Secara tekhnis ada dua hal mengapa Anak-anak sebaiknya menyanyikan lagu anak-anak …

    #1. AMBITUS …
    Wilayah nada … nada terendah sampai nada tertinggi yang bisa dicapai oleh seseorang…
    Ambitus Orang dewasa dengan Ambitus Anak kecil sangat berbeda …
    Anak kecil mempunya wilayah nada yang terbatas …
    Sedangkan lagu Dewasa diciptakan … tentu dengan wilayah nada yang sesuai dengan dewasa … i.e lebar …
    sehingga jika anak kecil menyanyikan lagu dewasa … akan ada beberapa bagian … yang dipaksakan … Menjerit-jerit sampai urat lehernya keluar … dan ini tidak baik bagi kesehatan pita suara si Anak

    #2 SYAIR …
    Ini yang penting …
    Sebelum menyanyikan sebuah lagu … setiap orang … termasuk anak kecil … harus memahami apa artinya … apa maknanya … agar dia bisa memberi penghayatan yang sesuai …
    Nah … syair lagu dewasa kan … Ibu tau lah seperti apa … banyak cincah … cincah … belum lagi … ada kata-kata jangan dari belakang … sakit minta ampun … aaaarrrrggghhh ini syair atau apa sih …

    Dan perlu diluruskan …
    Ada beberapa lagu yang dinyanyikan oleh orang dewasa … tetapi karena ambitus dan syairnya “safe” bagi anak-anak … maka lagu itu ok-ok saja dinyanyikan oleh anak-anak …

    (tu kan saya nyerocos …)
    (mohon maaf ibu …)

  2. Lagi-lagi pengalaman yang sama.

    Anak saya umurnya 3 tahun, tapi udah pintar nyanyi cinta-cintaan. Band yang paling digemarinya adalah… Wali, Kangen, ST12, Hijau Daun… beuh!
    Lagu wajib sebelum tidurnya bukan “Nina Bobo”, melainkan “Jamilah Jamidong”. Duh!

  3. nh18 berkata:

    Kok berani-beraninya saya komentar nyerocos ???

    naaaahhh ada baiknya ibu baca yang ini …
    (hehhe promosi halus …)

    http://theordinarytrainer.wordpress.com/2008/08/04/ngajar-nyanyi/

    • Devi Yudhistira berkata:

      weits….acung 2 jempol tangan buat om NH18…ternyata bakatnya memang selalu jadi “GURU”…salut om, multi talenta bahasa kerennya. Boleh juga Rahma les piano… 🙂
      Trimakasih ya om atas komentarnya, ini sangat informatif, karena tinjauan dari segi teknik menyanyi (yg jelas say gatau blas), semoga bisa menjadi masukan buat teman-teman semua.

  4. rully berkata:

    hehehe.. terimakasih mbak dev udah ngingetin… soale aku sekarang jarang nyanyiin lagu buat fani… jadi inget obrolan kemaren dengan temen seruanganku. aku ditanya, lagu dewasa apa yang bisa dinyanyiin fani… aku bingung jawabnya, soale fani hampir gak pernah nyanyi lagu dewasa, kecuali refrain lagu parasit-nya gita gutawa, sambil sok nari balet (emang cocok lagu parasit buat nari balet hehehe)…

    • Devi Yudhistira berkata:

      o iya, jaman aku kecil dulu ada acara di TVRI latihan menyanyikan lagu baru, lengkap dengan solmisasinya deh, generasimu masih ada ga ya??? sekarang adanya ya Idola cilik yg lagunya juga dewasa…
      Soal Fani…jangan2 kamu ga pernah ngajarin nyanyi rul???masih mau kan ngajarin Fani nyanyi…hehehe….aku nih diajarin lagunya Debu sama Rahma Rafif, ya cengaar cengiiirrrr….(aliran KLA Project je…)

  5. kak Zepe berkata:

    Hai …Nama saya Kak Zepe
    Saya punya banyak koleksi lagu anak-anak.
    Saya sudah punya 30-an koleksi lagu anak terbaru
    Dan sudah dipakai oleh beberap Paud dan TK di
    Seluruh Indonesia….
    Semoga Bermanfaat!
    Klik saja: http://www.lagu2anak.blogspot.com
    ,,,,,,,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s