Kayu apakah ini???

Kunjungan ke Tangkubanperahu menyisakan rasa penasaran yang tak kunjung terjawab, bahkan sampe sekarang.

kayuDi toko-toko cinderamata, ada kayu yang sangat menarik perhatian. Motifnya sekilas seperti batik, cuman yang membuat takjub bagaimana proses motif batik itu bisa muncul di permukaan kayu tsb. Awalnya saya pikir diukir-ukir dan dipahat-pahat kayak kayu ukir yang biasa saya lihat, ternyata motif itu memang sudah ada pada batang kayunya, akan motif akan ‘timbul’ dan berubah warna ketika kering.

Masalahnya, dengan segala keterbatasan saya, (hiks..pelupa),hasil wawancara yang sudah saya lakukan menjadi amburadul hanya gara-gara saya lupa nama kayu itu apa….

kayu-2kayu-1Entah bener entah enggak, konon pohon kayu ini, hanya ada di sebuah desa apa gitu namanya (lupa juga), yang gabisa tumbuh jika ditanam di tempat lain. Kenapa bisa punya motif seperti itu, karena konon dulu di pohon itulah selendang dayang sumbi (atau selendang sangkuriang ya…duh, lupabanget)  ditambatkan…(????) terus apa hubungannya ya kira2???

Pas temen-temen kantor berkunjung ke sana, saya wanti-wanti nitip nanya nama kayu itu, hasilnya malah semakin membingungkan…ada yang bilang kayu batik, kayu wanarasa,kayu motif….yang jelas kayaknya dulu kedengarannya bukan itu deh namanya….

So, adakah yang bisa menginformasikan nama kayu dan informasi ilmiahnya??? Bener-bener saya pengen tahu…

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Mama, Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s