Umur berapa anak dilatih berpuasa?

Bagi orang yang sudah terdidik, terbiasa, terlatih, serta sadar dan dengan niat yang ikhlas, walaupun terasa letih, mengantuk, lapar dan haus, namun mengerjakan puasa dapat dilakukan dengan senang hati.

Oleh karena itu, meskipun anak di bawah umur belum wajib melaksanakan puasa, namun orang tua wajib mendidiknya agar setelah dewasa dia mampu dan senang mengerjakan puasa.

Bagaimana cara melatih anak untuk berpuasa? Mulai umur berapa?

Pendidikan agama, termasuk pendidikan puasa harus dilaksanakan sedini mungkin, yaitu sejak usia balita dan pra sekolah. Bahkan dapat dilaksanakan sejak anak berumur 0 tahun, dengan membuat suasana berpuasa dilingkungan hidup anak pada hari-hari puasa.

Misalnya : mengajak anak mendengarkan percakapan orang-orang di sekitarnya mengenai puasa, menciptakan suasana kesibukan ibu memasak da menyiapkan makanan berbuka puasa di sore hari, suasana waktu berbuka puasa, pergi tarawih ke masjid atau tarawih sekeluarga di rumah, suasana pada waktu bangun sahur, suasana puasa itu sendiri, yaitu tidak ada orang yang makan/minum di siang hari, dll.

Kebanyakan orangtua tidak sampa hati menyuruh anaknya berpuasa, karena takut kurus atau sakit sehingga orangtua membiarkan anaknya tidak pernah terlatih melakukan puasa. Adapula yang sengaja tidak mau menyuruh atau melatih anak berpuasa karena kasihan kepada anak. Dengan anggapan anak masih kecil dan belum berdosa.

Jadi sampai umur berapa orangtua baru tega/sampai hati melatih anaknya berpuasa???

Walaupun umurnya sudah mencapai 10 tahun, besar kemungkinan anak akan menolak karena tidak terlaith sehingga sulit sekali untuk memulainya walaupun anak-anak sudah besar.

Sebenarnya, bila mengetahui cara mendidikkan puasa kpd anak sedini mungkin, maka mudah sekali melaksanakannya. Orangtua tidak perlu khawatir, anak pasti senang melakukannya. Tentu saja sesuai umur dan kemampuan anak. Anak akan senang sekali dan merasa bangga bila ia berpuasa. Bahkan kalau disuruh oleh ortunya untuk membatalkan puasanya, anak itu tidak mau.

Andaikata anak sudah mantap mengerjakan puasa tanpa dipaksa atau terpaksa, maka berarti pendidikan puasa bagi anak balita telah berhasil. Tinggal menambahkan pengertian tentang puasa dan hikmahnya.

(Sumber : Pedoman Pelaksanaan Pendidikan/Latihan Amaliyah Ramadhan untu Balita, Nibras OR Salim, RA Istiqlal Jakarta)

Artikel terkait :

Cara Melatih Balita Berpuasa

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, RA Istiqlal, Umum. Tandai permalink.

3 Balasan ke Umur berapa anak dilatih berpuasa?

  1. Ping balik: Melatih Balita Puasa « Belajar dari anak-anak

  2. memang benar pendidikan anak dimulai di usia nol dan saya sangat setuju dengan pemikiran ini, cuma kadang kita terkena kendala yaitu orang tua yang kurang bisa menempatkan porsi pendidikan untuk anak. BTW tulisan diatas merupakan salah satu alternatif pemikiran yang bagus sekali. Trim’s

  3. Ping balik: Ikut Pesantren Balita di RA Istiqlal | Belajar dari anak-anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s