Bertanggungjawab

Pagi ini mama dibuat terbengong-bengong oleh adek Syafa, 2thn.

Seperti biasa, Syafa ikut mengantar abang dan kakaknya ke sekolah, dapet bonus maksa  melongok ke dalam kelas abang, bahkan kadangkala ikutan masuk pula. Kali ini Syafa memaksa ikutan masuk, lalu tak lama kemudian Syafa keluar menghampiri mama yang sedang ngobrol sama ortu murid yang lain. Melihat salah seorang ibu meletakkan beberapa gelas jus ke dalam tas plastik, Syafa pun mendekati dan langsung minta…(wha…malu deh mama..). Mama sih pengennya ga usah dikasih saja, tapi beruntunglah Syafa karena mamanya kak Adhela mau beramal (makasih ya mbak Yus).

Sibuklah Syafa dengan sedotan yang mau ditublein ke gelas plastik jus itu…Tiba-tiba ada yang menetes ke lantai 3 tetes karena Syafa memegangnya miring. Langsung deh Syafa memberikan jus itu ke mama, dan berjalan masuk lagi ke dalam sekolah abang…waduh, ngalamat mama telat deh sampai kantornya..bakalan nungguin sampai adek Syafa keluar lagi. Ternyata, adek Syafa tiba-tiba nongol sambil membawa kain pel…dan mengepel bekas tetesan jus yang ada di dekat kerumunan ibu-ibu…lalu mengembalikan kain pel itu ke tempat di mana dia mengambilnya.

Subhanallah…kepandaian Syafa sudah bertambah..bertanggungjawab.

Terus terang, melihat tetesan yang hanya 3 tetes itu, mama juga tidak kepikiran untuk mengelap alias membiarkan saja. Mama jadi malu sama Syafa,…sekaligus GR karena banyak yang komentar atas spontanitas Syafa (karena semua yang di situ tahu, itu inisiatif Syafa sendiri).

Ketika ada yang nanya, di rumah biasa begitu ya bu? Mama hanya bisa menjawab, ya begitu deh…sudah anak ketiga kali ya, kami sudah dapet pelajaran banyak, sudah lebih ‘tega’ dan tegas sama anak. Seiring bertambahnya pengetahuan kami dalam mendidik anak, tentu saja  jadi menyadari banyak kekeliruan kami dalam mengasuh anak-anak. Semoga di masa yang akan datang kami bisa terus bebenah diri dalam hal ini…Insya Allah.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, Syafa. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bertanggungjawab

  1. ke2nai berkata:

    pendidikan yg baik emang berasal dr rumah y mbak.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s