Kagum dan sadar

Pagi tadi Rahma dan Rafif pengen membahas lebih dalam mengenai Festival Anak Laki-laki dan Festival Anak Perempuan yang dirayakan di Jepang.

Subhanallah, browsing materi tentang Jepang membuat saya melongo dan tambah takjub terhadap negara yang satu ini. Masyarakat yang begitu menjunjung tinggi kebudayaan negaranya sendiri, bagaimana orangtua menanamkan berbagai tradisi kepada anak-anak, benar-benar membuat saya salut!!! Bagaimana mereka bisa sangat bangga dengan tradisi dan negaranya sendiri? Bagaimana cara memupuk rasa itu ya? Salah satunya, mereka sangat menghormati penggunaan bahasa Jepang di negaranya sendiri, dan bangga menggunakan barang-barang buatan dalam negeri.

Hm, jadi membandingkan dengan negara sendiri, Indonesia yang saya cintai. Membandingkan orangtua di sana dan orangtua di Indonesia (termasuk saya tentunya). Jadi teringat betapa banyak ragam budaya yang ada di Indonesia, yang belum saya kenalkan kepada anak-anak, yang pasti ga kalah menariknya dengan budaya di Jepang.

Semoga dengan membahas Jepang kali ini, saya bisa menyelipkan bahwa satu hal yang saya kagumi tentang Jepang adalah bagaimana orang Jepang bangga dan cinta kepada negaranya sendiri. Bisa jadi itu adalah  salah satu kunci kenapa Jepang bisa menjadi negara yang hebat dan membuat saya sangat kagum.

Boleh saja kan kita meniru semangat mereka itu? Agar kita bangga dengan negara kita ini. So, gimana caranya ya…..???? 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Mama. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kagum dan sadar

  1. ula berkata:

    bener banget.. bahwa kita memang harus memupuk raa kecintaan pada negara kita pada anak2, memang kita harus belajar dari anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s