Stimulus Keaksaraan (membaca dan menulis) pada anak

Syafa sudah mulai tertarik dengan huruf-huruf. Anang Rafif yang memberikan stimulus dengan bermain di kamar. Puzzle huruf (evamat) yang ditempelkan di dinding, ternyata selain berguna sebagai pelindung agar kepala tidak langsung terbentur dinding, bisa dimanfaatkan sebagai sarana bermain dalam rangka menumbuhkan keaksaraan pada anak.

Dulu, kepada Rahma (anak pertama, sekarang 6 thn), kami mengenalkan huruf-huruf dan juga menggunakan kartu-kartu metode Glenn Dolman. Namun yang kami lakukan waktu itu benar-benar mengandalkan stimulus melalui buku..buku…dan buku…(mengenal bentuk,warna,cerita,benda). Entah ada hubungannya atau tidak, hasilnya memang sangat luar biasa, Rahma menjadi seorang kutu buku. Kemauannya membaca dan menulis sangat luar biasa bagi kami. Baca..baca..kertas..kertas…menjadi makanan sehari-hari mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi, kami bahkan sering kewalahan dengan hobynya yang kadang membuat Rahma lupa waktu. Rahma menjadi sosok yang agak pendiam (tidak mudah bergaul), suka melakukan kegiatan sendiri, kurang menyukai kegiatan yang membutuhkan energi/fisik (termasuk bersih-bersih/beres-beres mainan). Stimulasi buku,buku,buku agak berkurang semenjak Rahma masuk KB di RA Istiqlal.

Dari sekolah, kami mulai mengenal bermacam2 mainan yg bisa menstimulus kemampuan membaca dan menulis yang meliputi seluruh aspek yang mempengaruhi kecerdasan anak. Kegiatan-kegiatan apa saja yang mendukung keaksaraan juga baru mulai kami kenal, bahkan kami baru tahu bahwa ternyata “meronce dan menggunting” itu adalah bagian penting yang berpengaruh terhadap  kemunculan keaksaraan (membaca dan menulis) anak.

Rafif, 5thn (adik Rahma). Semenjak Rahma sekolah, kami langsung melakukan penyesuaian pembelajaran di rumah dengan pembelajaran di sekolah. Tentu saja ini berlaku buat Rafif (selisih umur setahun dgn Rahma). Dengan permainan, kami mulai menstimulus dengan meniru stimulus di sekolah yang sifatnya sangat menyeluruh, hasilnya…lebih luar biasa lagi. Selain senang membaca, Rafif memiliki kecerdasan yang lebih beragam dibandingkan dengan Rahma. Memang belajarnya harus selalu sambil bermain, beda dengan Rahma yang mau belajar dengan anteng membaca buku. Rafif ini selain suka membaca buku, suka sekali berteman, mudah menyesuaikan diri, bermain yang membutuhkan energi, termasuk bersih-bersih, bahkan memasak.

Bukan bermaksud membandingkan, sekedar ingin sharing saja…keduanya tentu saja sama-sama hebat di mata kami. Rahma bisa membaca di akhir KB dan mulai lancar di pertengahan TK-A, sementara Rafif baru mulai bisa di pertengahan TKA dan sampai sekarang masih belum lancar (menjelang kenaikan ke TK-B).

Untuk Syafa, kami lebih memilih  stimulus seperti Rafif. Rafif-pun akan dengan senang hati berbagi apa yang diperolehnya di sekolah, dengan mengajak Syafa melakukan hal yang sama di rumah. Ketika kami menyebut kata-kata, Syafa akan dengan senang hati menunjukkan huruf awal dari kata yang kami sebutkan. Baru sebatas itu sih, namun itu surprise yang luar biasa bagi kami. Pernah malam-malam kebangun, Syafa minta main tebak-tebak huruf di dinding lagi….kosa katanya juga kami tambah terus…makasih ya bang Rafif atas idenya.

Lebih jauh tentang meronce dan menggunting akan kami tulis lain waktu ya…(jadi bersambung ceritanya )

Tulisan tentang keaksaraan yang pernah kami buat sebelumnya :

Lihat juga Membaca sebagai salah satu sarana meningkatkan potensi anak

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Abang Rafif, Anak-anak, Kakak Rahma, Syafa, Umum. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Stimulus Keaksaraan (membaca dan menulis) pada anak

  1. Ping balik: Belajar Membaca dengan Balon | Belajar dari anak-anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s