SETIAP ANAK MEMPUNYAI MASALAH UNIKNYA SENDIRI

Selain dilahirkan tak berdosa dan baik, setiap anak muncul di dunia ini dengan masalah-masalahnya sendiri yang unik. Sebagai orangtua, peranan kita adalah membantu anak-anak kita menghadapi tantangan mereka yang unik. Saya dibesarkan di sebuah keluarga yang mempunyai tujuh orang anak, dan walaupunketujuh anak ini seayah dan seibu, masing-masing menjadi orang yang sama sekali berbeda. Saya sekarang punya tiga anak perempuan berumur 25, 23, 13. Ketiga anak ini masing-masing berbeda dan selalu berbeda, dengan kekuatan dan kelemahannya masing-masing.

Sebagai orangtua, kita dapat membantu anak-anak kita, tetapi kita tidak dapat meyingkirkan masalah serta tantangan mereka yang unik. Dengan cara pandang seperti ini, kita dapar megurangi kecemasan kita karena kita tidak perlu memusatkan perhatian untuk mengubah mereka atau memecahkan masalah-masalah mereka. Kepercayaan yang lebih besar akan membantu baik orangtua maupun anak. Kita dapat membiarkan anak-anak kita menjadi diri mereka sendiri dan lebih memfokuskan perhatian dalam membantu anak tumbuh sebagai reaksi terhadap tantangan hidup. Bila orangtua menanggapi anak-anak dengan sikap yang lebih rileks dan penuh kepercayaan, anak-anak akan mempunyai kesempatan lebih besar untuk percaya kepada diri sendiri, kepada orangtua, dan masa depan yang belum dikenalnya.

Tiap anak mempunyai tujuan pribadinya sendiri. Kalau orangtua menerima kenyataan ini, mereka akan lebih tenang dan dapat bersikap rileks dan tidak merasa harus mengambil tanggungjawab atas setiap masalah yang dihadapi anaknya. Terlalu banyak waktu dan energi akan terbuang sia-sia kalau kita selalu berusaha untuk mengetahui kekeliruan apa yang telah dilakukan anak-anak kita, dan bukannya menerima bahwa semua anak punya masalah, kesulitan dan tantangan. Tugs kita sebagai orangtua adalah membantu anak-anak kita menghadapi dan mengatasi semua itu dengan berhasil. Selalu ingatlah bahwa anak-anak kita mempunyai serangkaian tantangan dan bakat mereka sendiri, dan tak ada yang dapat kita lakukan untuk mengubah siapa anak-anak kita itu. Tetapi kita pasti dapat memberi mereka kesempatan untuk menjadi apa pun sebaik mungkin.

Pada masa sulit, bila kita mulai berpikir ada yang tidak beres dengan anak-anak, kita harus kembali ingat bahwa anak-anak kita berasal dari surga. Mereka itu sempurna dengan cara mereka, dan mempunyai tantangan mereka sendiri. Mereka tidak hanya membutuhkan sikap ikut merasakan dan bantuan kita, tetapi mereka juga membutuhkan tantangan mereka. Penghambat unik yang mereka hadapi untuk mengatasi keadaan mempunyai arti penting bagi mereka untuk menjadi apa yang mereka cita-citakan. Masalah-masalah yang mereka hadapi akan membantu mereka menemukan dukungan yang mereka perlukan dan mengembangkan karakter mereka yang khusus.

Bagi setiap anak, proses tumbuh dengan sehat berarti akan ada waktu-waktu penuh tantangan. Dengan belajar menerima dan merangkul keterbatasan-keterbatasan yang ada pada orangtua mereka dan dunia, anak-anak dapat mengetahui kemahiran hidup yang begitu penting seperti mengampuni, menunda kepuasan, menerima keadaan, bersikap kooperatif, kreatif, mengerti perasaan orang lain, berani, tekun, mengoreksi diri, menghargai diri sendiri, mandiri dan menentukan arahnya sendiri.

From : Children are from Heaven, John Gray.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Anak-anak, Umum. Tandai permalink.

Satu Balasan ke SETIAP ANAK MEMPUNYAI MASALAH UNIKNYA SENDIRI

  1. Maya berkata:

    ya setuju sekali … setiap anak memang berbeda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s