LG apa Sharp ya???Sharing dong…

Pengen beli kulkas, survey harga bikin geleng2 kepala…mahal bener…gini deh kalo dah 7 tahun ga pernah lihat2 harga elektronik.

Cuman bingung aja, penjualnya tiap toko beda2 pendapat tentang merk kulkas yg menurut mereka bagus…

Sahring dong…pengalaman tentang per-kulkasan…yang kemaren kami pake Toshiba…sekarang kebingungan deh….

ditunggu ya masukannya…terimakasih sebelumnya.

*****

Update 28 Maret 2013 :

Ups, ternyata tulisan ini cukup fenomenal dan lumayan sering dikunjungi. Rasanya saya perlu update informasi nihhh…

Pada akhirnya kami dulu membeli dan memilih merk LGšŸ˜‰

Sesuai dengan kebutuhan (kulkas gede) dan harga terjangkau…

Sampai dengan hari ini, kulkas masih berfungsi sempurna dan ga baušŸ™‚

Cuma dinginnya emang dingin banget (buat yang di bawah) .

demikian sekilas infošŸ™‚

Pos ini dipublikasikan di Mama, Umum. Tandai permalink.

62 Balasan ke LG apa Sharp ya???Sharing dong…

  1. Farida berkata:

    Dev, ralat, aku ternyata pake Sanyo…(sampe di rmh lgsg lari ke dapur hehe..)

    • Afian berkata:

      Baru hunting nih,mo beli kulkas juga..cm buget minin,rumah kontrakan juga listriknya cm 450 watt ..kr2 kalo kulkas watt kecil apa pengaruh jg sm temperatur/dinginnya?

    • Nurul berkata:

      Mbak, mau tanya sanyo ada sistem defrost jg gak? Kompresornya sampau sekarang masih bagus kah? Terima kasih

  2. dona berkata:

    menurut saya sih, pilih yang LG aja,

    pengalaman; kakak sudah pake kulkas LG 2 pintu dari tahun 1996 sampe sekarang msh ok (dingin) dan gak ada bunga esnya lagi.

    salam,
    dona

  3. Dewi berkata:

    Saranku:jangan nanya ke penjualnya..mereka ga fair. Kejadian pas aku beli kulkas dan AC. Dua2nya bikin aku nyesel.
    Saran utama:beli yang non frozz artinya yg dua pintu (harganya emang aduhai).
    Suamiku korea minded,jadi sukanya kalo ga LG ya Samsung. Kalo sdh terbukti LG awet, LG aja deh..
    Aku juga mau ganti kulkas, tapi nunggu pindahan sekalian deh. Ntar mo milih LG juga

  4. bundagaluh berkata:

    huahahaha…sama juga dengan mbak farida, sampe rumah langsung cek ternyata aku pake Polytron…maap ya…jadi tambah bingung deh…^_^
    Cuma, emang mendingan yang dua pintu…ga repot dengan bunga es…mertuaku pake national 2pintu semenjak suamiku masih kecil (berarti sudah 32 tahun), awet sampe sekarang…

  5. bunda bingkie berkata:

    mmm.. sharp aja kali ya? dulu aku beli ac LG, ternyata lebih cepet jebol ketimbang merek jepang (jadi sekarang ganti nasional/panasonic). ato nggak beli toshiba aja? di rumah, kulkas saya ‘warisan’ dari mertua, mungkin dia beli sekitar 10taunan lalu. sampe sekarang masih dingin dan belum pernah rusak sama sekali, padahal cuma yang 1 pintu lho.

  6. Devi yudhistira berkata:

    wah, ternyata dari sekian ibu2 yg saya tanya langsung, banyakan yg gatau pasti kulkas di rumahnya merk apa….^_^ semua pada meralat…
    adek saya aja bilang sharp aja..ternyata dia pake panasonic…akhirnya kami beli LG teman-teman…yg paling ‘pas’ sama budget….meski pooling terbanyak itu sebenarnya ‘sanyo’ …
    Sekarang kudu mulai nabung buat ‘barang elektronik’ lainnya yg umurnya ya hampir sama dgn usia pernikahan (ketahuan, ga modal, semua alhamdulillah kado, makanya terasa banget pas beli sendiri) drpd kami terkaget2…
    akhirnya…perbekalan anak-anak sudah rame pake hiasan lagi….^_^
    terimakasih ya buat sharingnya….

  7. bunda galuh berkata:

    hehehe…sabtu kemarin aku pulang ke ibuku…beliau pake LG juga kok mbak…btw, masalah barang di rumah banyak yang dari kado…kok sama sih? ^_^

  8. keluargaprasetyo berkata:

    salam kenal..

    Mba, saya juga sedang nyari kulkas.. Kebetulan penggemar LG, tapi kata beberapa artikel yang saya baca, LG kurang baik karena ga ada garansi kompressor nya..

    Jadi, kemungkinan besar beli sanyo aja deh.. ^_^

  9. poing27 berkata:

    thun 20o8 sya bli kulKAs lg. Selang 3 bln ternyata ada keluhan kurg dingin. Stlah d servis-garansikan, ternyata kulKAs sya di replace dg yg totalLY brand new!
    wlopun g enakx ngGU sktar 1 blanan uTk dpt gntinya. Sekian share dr sya…

  10. dulwadul berkata:

    Di rumah Ibu saya, kulkas nya hampir seumuran dengan saya…kira-kira 32 tahun-an lah… Kebetulan merknya Sanyo.
    Kalau jama sekarang sih kulkas teknologi kurang lebih hampir sama… Jadi tinggal di perawatan aja. Mungkin tidak ada salahnya buat beli yg merknya sudah punya pengalaman lama produksi kulkas…:D

  11. Zulfa berkata:

    Aku pake Sanyo sudah 10 tahun masih bagus (dingin)….Sanyo aja dah….

  12. Afian berkata:

    Emang beda ya kwalitas 1pintu ama 2pintu?biasanya 2pintu wattnya besar..rumahku g kuat cm 450watt

  13. Afian berkata:

    Pas lg hunting kulkas..Jd bingung ;-(
    soalnya harus sesuain dompet ‘n daya listrik.. Tp pgn juga yang bagus kwalitasnya

  14. Lukman berkata:

    Gw terheran ngeliat kulkas(sharp) mertua gw dari awal 80an(sebelum istri sy lahir 1985) sampe skarang masih berfungsi dgn baik, padahal pintu dan kakinya sudah beberapa kali copot karna bodynya sudah ancur…cur…cur sampe2 harus di akalin pake kayu agar tetap bisa di pakai (dibuang sayang)…salut sama karya orang2 80an…

  15. parman berkata:

    beli 2002, skr masih ok. merek elektrolux

  16. Andra berkata:

    aku juga mau beli kulkas nih, juga cenderung beli LG

  17. win berkata:

    Di rumah. Ibu pake thosiba dr aku kecil (skrg umur dah 30th)..giliran rmh sendiri pake thosiba,dah 5th,dah 2x service..hmmm…

  18. Zahran berkata:

    mau beli kulkas tapi bingung bagusan mana SHARP sm LG YY…..

  19. Gilang Ginanjar berkata:

    sama bingung nih SHARP ato LG???
    SHARP type Samurai yg 180 liter harga 2,5jt 95 watt
    LG type GN-212RLT 210 liter harga 2,45jt 110 watt

  20. Devi Yudhistira berkata:

    Saya posting tulisan ini Januari 2009….pada akhirnya, kami membeli LG….
    usia kulkas sdh hampir 4 tahun…Alhamdulillah, dingin dan ga baušŸ™‚

  21. syifa berkata:

    sharp samurai selain design nya bagus (nambah mood kaya di game the sims :D), hemat energi listrik dan udah terpercaya merknya. ortu pk sharp yang nice chrystal (dulu bintang iklannya rano karno) dr aq kecil sampe sekarang umur 26 belum pernah rusak tuh ^_^

  22. joko tingkir berkata:

    panasonic makyusss tuh…..

  23. Hehehe…… aku juga lagi bingung…. akhirnya nanya sama mbah google dan ketemu forum ini…. skrng masih bingung juga antara LG, Samsung atau sharp coz mertua pake samsung dari tahun 1999 skrng masih bagus (dingin) sedangkan kakak ipar merekomendasikan beli sharp sedangkan ak cenderung ke LG ….?
    putusin besok pagi aja lngsung ke tokonya….

  24. Emde berkata:

    Iya kalo ke konter nya emang bikin bingung ya ,, smua saling menjatuhkan merk lain… Sharp kualitas dalemnya krg kuat ,, punyaku hampir pecah semua ,, lg mungkin lebih kuat.. ?

  25. Reic berkata:

    Just Info : menurut dari pengalaman saya dan tanya2 ke montir2 kulkas jika milih kulkas jangan terpaku sama merk karena semuanya sudah setara teknologinya dan juga hati2 dengan embel2 low watt itu hanya strategi pemasaran semata hal tersebut dinyatakan sama ahli2 montir kulkas yg saya kenal karena kulkas cenderung wattnya sama jika ada perbedaan yg mencolok dari watt pada umumnya dengan label low watt berhati2lah, pilihlah kulkas dengan fitur2 terbaru seperti anti bau, vit plus “menjaga tetap segar buah dan sayur” dan fitur terbaru yg lainnya..itu saja pengalaman yg bisa saya bagi ^_^

  26. Ven berkata:

    Wah, Betul, saya juga lagi bingung pilihan antara Sharp, LG, Samsung. Pinginnya sih Toshiba, tp budget nya ga cukup

    • Devi Yudhistira berkata:

      kalau kata tukang service kulkas, ada beberapa merk yg sebenernya pake ‘spare-part’ dr sebuah pabrik yg sama, cumaaa krn yg satu merk terkenal, jadi harganya jauuuh lbh mahal…dibanding merk satunya yg belum terkenal, cm aku lupa bandingannya merk apa dengan merk apa…

      • Ven berkata:

        Ooo…. sekarang sih sudah memperkecil pilihan. Antara Samsung atau LG karena rak nya tempered glass. Tp ini datang ke toko yang sama, dilayani org yg berbeda, opini juga berbeda. Jadi bingung dah. Kira2 lebih awet yang mana ya ant samsung n LG?

      • Devi Yudhistira berkata:

        hehehe..yaaaaaaaaaaa begitulah, tiap petugas sepertinyamembawa bendera yag berbeda2 secara terselubung….entah disadari atau tidak….

        kalau yg punya…prefer-nya ke yg lbh mahalšŸ˜‰

        saya dulu sih nyesuaikan budget, jadi pengen beli yg gede, tapi yg harga terjangkau…pilihan jatuh ke LG…

  27. Ven berkata:

    iya sih, budget juga lg press ini :p cuman kmrn kyk nya lupa lihat LG secara detil. mungkin perlu hunting lg hehehe

  28. kaka berkata:

    Iya minta masukan donk lg apa sharp….kmrin nanya di giant,mesin bagusan sharp tapi desain lg lebih bagus….sharp kurang menarik menurut sya….mesin lg katanya bandel jga dbawah sharp….apa lg aja ya

  29. andi berkata:

    lalu yang manadong yang lebih baik ?

  30. handrian berkata:

    iya nih gmana yah? SAMSUNG ? LG ? SHARP?

  31. zet kupang berkata:

    sharp oke..sy menggunakan lebih dr 7 tahun.

  32. Array berkata:

    Assalamu’alaikum…Mau ty donks…kulkas yg awet budget dibwh 3jt merk apa ya?Panasonic/Sharp/Samsung/LG…
    Mhn infonya….
    Trims

  33. Agustina berkata:

    share donk bwt tmn2.. yg tau kulkas apa yg kuat kompresornya ??? antara sharp plasma cluster atwa samsung y??? coz lg bingung… ada yg bilang bgus sharp dgn teknologi plasma nya smntara klnglirik merk samsung yg modern serta luas jd kepincut,,, mhn info nya tmn2…
    Terima kasih……….

    • richard berkata:

      PRODUK KOREA CENDERUNG MURAH DGN DESAIGN BAGUS NAMUN DIBANDING PRODUK JEPANG UNTUK KUALITAS MESIN PRODUK KOREA MASIH BELAJAR LAGI,,
      KESIMPULAN : KOREA MURAH FITUR MENARIK, JEPANG AGK MAHAL SEDIKIT MESIN BANDEL

      BY : ELECTROMAGNETYG

  34. brook berkata:

    untuk mesin pendingin spt ac or kulkas saya prefer sharp or panasonic.
    harga sedikit di atas yg lain.

  35. lexthur berkata:

    sepertinya smw merk beda tipis… tergantung penggunaan dan perawatannya… 1 tips, jangan sekali kulkas dalam keadaan mati (mencopot stop kontak) -kecuali mati listrik lho..- andai rumah ditinggal pergi jauh utk waktu lama, cukup diatur aja thermostat (pengatur suhu)-nya agar tidak terlalu dingin sehingga beban tidak terlalu besar…
    ini utk menjaga kompresor ttp menyala & siklus pendinginan ttp berjalan… insyaalloh kulkas awet > 15 tahun…
    ortu saya py kulkas national (1986), bener-bener rusak +/- tahun 2009…

  36. izplin berkata:

    ibu saya pkekulkas nasional 1 pintu, masih bagus, masih dingin bgt dari th 1986 mpe skrg tp kok skrg udah gk ada merk national ya???? kalo AC merk daikin, paling awet di banding merk2 lainnya krn ud laku jd gk perlu pke iklan, TV Sharp udah 20 tahun gk rusak2, mesin cuci Sharp.

  37. Toni berkata:

    Saya beli Sharp Kapasitas 670 lter Vetro ada ION Cluster, pengaturan watt. Baru sepuluh hari digunakan bagian freezer sudah ada bunga es, saat kompresor mati, ruangan freezer berkeringat dan kompresor nya nyala kembali, maka jadi es tempel di ruangan freezer, tukar ke toko Electronic City lagi, tempat beli Sharp, dengan LG aja ah kalau gitu yang kapasitas lebih besar 700 Liter, semoga lebih bagus

  38. aish berkata:

    bgm dg toshiba ? trmksih

  39. nadin berkata:

    kalau kulkas yang cuci gudang dijamin g keawetanya?

  40. fajar berkata:

    aq pingin yg polytron belenza tp ko byk yg bilang polytron gampang rusak cm bagus gambarnya tp cpt rusak dan garansi plg pendek??? jd galau nich tlg masukannya donk

  41. Tsabita berkata:

    sharing donk..harga led sharp 24 inch kok beda2 yaa..kasih info donk per spec..bingung nii..tq.

  42. wandi berkata:

    kalau dari tampilan cenderung LG,

  43. Ririn berkata:

    Saya pakai lemari es sanyo satu pintu sdh 14 gk ada masalah soal dinginnya, kekurangannya hanya di plastic tray nya gampang retak. Skrg spt nya mau ganti sharp….

  44. mief berkata:

    beli kulkas panasonic udah 3 hari tapi gak bisa dingin perkiraaannya karna kurang voltase listrik, pengalaman temen2 bisa gak ya di tukar ma merek lain, misalnya lg?

  45. ulung berkata:

    Selamat pagi,

    Dibawah ini cerita -yg maaf agak panjang- tentang pengalaman buruk saya dengan kejujuran penjual (sales), kualitas produk, dan tindakan service center resmi lemari es merk s*ms*ng. Semoga saudara-saudara bisa mengambil pelajaran dari cerita saya ini.

    Saya membeli lemari es (kulkas) merk s*ms*ng model RT63QB*L, 2 pintu, kapasitas bersih 500 Lt, di sebuah toko elektronik yg cukup mentereng bernama UF* di kota Denpasar pada 11 Februari 2013. Pada saat menentukan pilihan model RT63QB*L di toko tsb., terlihat ada penyok sedikit di pintu bagian bawah kulkas display tsb. Ketika hal ini ditanyakan, penjualnya menjelaskan jika ini cuma barang display, yang dikirim nantinya bukan barang display, melainkan kulkas yang bagus dari dalam gudang alias fresh from the box. Setelah selesai dengan pembayaran tunai, karena rumah kontrakan kami di Denpasar pintunya kecil sehingga model kulkas tersebut tidak akan bisa masuk pintu, dan percaya dengan omongan sang penjual + menterengnya toko tsb., maka saya minta kulkas tsb. dikirim saja ke rumah kami di Sukawati yang waktu itu belum kami tempati karena masih belum selesai. Memakan waktu beberapa hari untuk kulkas tsb. sampai di rumah Sukawati. Waktu itu saya hanya berpikir mungkin karena Sukawati cukup jauh dari Denpasar, sehingga jadwal pengirimannya kalah prioritas. Lalu, karena waktu itu saya berhalangan, pada saat kulkas itu datang akhirnya diterima oleh tukang kami yang jaga rumah, ia tidak mengerti jika harus memeriksa fisik kulkas, tanpa buka kardus ia pun langsung menandatangani surat tanda terima barang.

    Rumah Sukawati baru mulai kami tempati pada 01 September 2013, dan baru pada bulan itulah kulkas saya buka dari kardusnya dan mulai kami gunakan, artinya 7 bulan kemudian dari beli. Ternyata kulkas tersebut penyok persis di titik yang saya perhatikan ketika masih di toko dulu. Akhirnya ini membuat saya menebak-nebak, jangan2x lamanya pengiriman karena toko nggak punya stok kulkas model tsb. selain yg di-display, sudah beberapa hari cari tapi tetap nggak nemu, akhirnya toko coba-coba kirim barang display dan ternyata berhasil lolos diterima. Saya tidak minta ganti (complaint) ke toko karena jangka waktunya sudah terlalu lama untuk complaint.

    Pelajaran pertama: hati-hati dengan omongan penjual (sales), sebaiknya catat/foto serial number (S/N)-nya barang display untuk model barang elektronik yang mau kita beli, untuk memastikan jika bukan barang display yang nantinya kita terima, kecuali sudah dinyatakan dari awal.

    Setelah mulai dipakai, suara kulkas kadang bising dan ketika saya baca buku manual-nya saya dapat kesan mungkin memang begitu. Sekitar akhir Desember 2013 / awal Januari 2014 kulkas itu tidak dingin. Maka saya adukan ke service center resmi cabang Bali, mereka ambil dan perbaiki, karena masih dalam masa garansi perbaikan 1 tahun, maka biayanya gratis. Karena listrik di Bali tidak stabil, maka setelah selesai diperbaiki, selanjutnya saya gunakan stabilizer untuk kulkas tsb.

    Sekitar Agustus/Sep 2014, kulkas tersebut tidak dingin lagi. Saya adukan ke service center resmi lagi, mereka ambil dan perbaiki. Perbaikan & ganti filter kena biaya karena sudah lewat masa garansi 1 tahun. Artinya kira-kira baru 1 tahun pemakaian (sejak Sep’13) kulkas s*ms*ng ini sudah 2 kali bermasalah tidak dingin.

    Pelajaran kedua: hati-hati dengan kualitas kulkas yang akan anda beli walaupun merk-nya besar, iklan/katalog-nya menarik, spesifikasinya tampaknya canggih, dan tampilannya cakep.

    Selesai perbaikan dengan masalah tidak dinginnya, pada 27 Nov 2014 kulkas dikirim balik ke rumah, tapi ternyata ada 2 jenis cacat baru terjadi, yaitu 1) ada titik-titik melepuh; 2) pecah/retak di 2 tempat di interior ruang freezer-nya yg terbuat dari plastik itu. Singkatnya saya tolak kulkas tsb., biaya perbaikannya dikembalikan oleh petugas kirimnya, dan kulkas mereka bawa kembali. Beberapa hari kemudian seseorang yang mengaku manajer service center s*ms*ng cabang Bali bernama pak W*di menelpon saya menjelaskan jika titik-titik melepuh itu akibat percikan api las oleh teknisinya ketika diperbaiki, yang mana hal tersebut tidak terhindarkan di service center manapun, ujarnya. Lalu untuk pecah/retak di 2 tempat tersebut ia berusaha mengelak jika itu adalah akibat kelalaian teknisinya.

    Setelah debat argumen yang cukup sengit, akhirnya pak W*di mengatakan akan bertanggung jawab. Beberapa hari kemudian Ibu Ros*ta -staff nya pak W*di- menelpon saya untuk menawarkan trade-in dengan model kulkas lain karena service center tidak sanggup mengganti interior-nya saja dan untuk mengganti total dengan model kulkas yang sama, mereka tidak menemukannya (mungkin barang sudah discontinue walaupun model RT63QB*L masih terpampang gambarnya di website resmi s*ms*ng Indonesia). Ibu Ros*ta lalu menyarankan saya melihat-lihat di toko utk menentukan model kulkas lain yg akan saya pilih. Sekian hari kemudian saya menelpon Ibu Ros*ta untuk melaporkan temuan saya dan lalu perbincangan dilanjutkan dgn pak W*di, belum ada kesepakatan, bahkan saya sampaikan kepada pak W*di jika susah berkomunikasi dengan pak W*di karena saya lagi-lagi harus berdebat argumen dan ia mengatakan akan menghubungi saya secepatnya tapi tanpa memberikan perkiraan target waktu untuk menghubungi saya lagi, padahal katanya ia manajer dan bisa mengatakan kepada saya jika segala sesuatunya butuh proses, sedangkan menurut saya minimal target waktu untuk menghubungi saya lagi walaupun belum ada jawaban positif, paling tidak saya akan tahu perlu berapa lama menunggu.

    Sekian hari kemudian kasus ini ditindaklanjuti oleh ibu Tr* dari service center pusat Jakarta dan sudah 2 kali terjadi komunikasi telpon dengan saya. Sampai saat ini -04 Januari 2015- proses masih berlanjut karena masih belum tercapai kesepakatan tambahan harga yg harus saya bayarkan untuk trade-in dengan kulkas yang lebih mahal. Penyebabnya ada 2 hal: 1) tukar tambah ke model lain yang lebih mahal -RSA1VT*L, harga yang akan ditetapkan service center untuk model ini jauh lebih mahal dibanding harga yang saya temukan di toko (saya ambil foto2x harga RSA1VT*L di toko tsb.), menurut saya tidak fair jika service center ingin pakai patokan harga mereka dan lebih mahal dibanding toko, untuk kasus perusakan yg mereka lakukan ini dan penggantian melalui cara trade-in adalah tawaran mereka karena tak ada cara lain yg mereka bisa lakukan. 2) mereka katanya punya prosedur depresiasi 22% atas kulkas saya dengan alasan karena masa pemakaian 1-2 tahun, dan beban penurunan nilai/harga 22% dibanding harga beli dulunya ini saya semua yang harus tanggung. Ini tidak fair karena bukan saya yang merusak kulkas saya lalu mengajukan trade-in, melainkan sebaliknya. Saya mengerti jika kulkas pernah saya pakai maka ada penurunan nilai/harga (depresiasi) yg harus saya tanggung “sebagai ongkos pakai” saya jika saya mau jual atau tukar dengan kulkas baru. Namun sebagai pihak yang merusak, seharusnya service center juga ikut menanggung sebagian beban biaya kerugian depresiasi tsb. sebagai bentuk tanggung jawabnya, bukannya semuanya dibebankan ke saya.

    Pelajaran ketiga: hati-hati dengan argumen-argumen cerdas petugas service center yang berusaha membebaskan diri dari tanggung jawab atas kesalahan yang mereka perbuat. Kesalahan secara sengaja maupun tidak sengaja, tetap merugikan pelanggan dan harus ada pertanggung jawabannya. Juga hati-hati dengan kiat-kiat service center dengan dalih prosedur depresiasi, dll untuk meminimalisir/menghilangkan beban kerugian akibat kesalahan yg mereka perbuat. Ingat, jika kita yg mengajukan permohonan maka mereka bisa memberlakukan prosedur mereka. Jika kita setuju dengan prosedur mereka maka kita bisa lanjutkan permohonan kita, jika tidak kita bisa batalkan. Atau kita telah memberikan tandatangan kita sebagai tanda persetujuan kita akan prosedur mereka.

    Terima kasih dan salam,

  46. lambang berkata:

    Kalo produk lemari es sy merekomendasikan sesuai grade pengalaman sy pakai panasonic, thosiba, sharp atau sanyo kalau msh ada. Untuk pendingin ruangan sy merekomendasikan pakai misubishi, panasonic, daikin, atau sharp. Walaupun harga sidikit lebih mahal, tapi feedback ato manfaat balik untuk kita juga lebih memuaskan. Kita sbg konsumen jangan mau diarahkan pola pikir kita oleh pedagang demi semata mata utk kpentingan bisnis mrk, kepentingan konsumen derajatnya lebih tinggi drpd pedagang, krn mrk ada krn ada kita.

  47. lambang berkata:

    Utk ibu/bpk tsabita, merk sharp membuat led tv satu jenis ukuran dengan berbagai macam spek yang berbeda2 krn sharp memberikan keleluasaan kpd konsumen utk memilih tipe led tv dengan spesifikasi teknologi yg dibutuhkan konsumen. Contoh pada led tv ukuran 24 inci, ada beberapa type dgn spek msing2 berbeda tapi utk kualitas gambar semua type sama dan tidak diragukan lagi kualitasnya merk sharp krn mrk punya standar tinggi utk membuat panel led. Nah inilah nilai plus dari sebuah merk untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumen.

Tinggalkan Balasan

