TIPS MENAMPUNG AIR SUSU IBU (ASI)

ASI Ekslusif selama 6 bulan ?

Kenapa tidak!!!

Harus itu…!!!!

Memang siiihh….banyak sekali kendala yang dihadapi oleh para ibu-ibu setelah melahirkan, terutama ibu bekerja ya, biasanya sangat terasa ketika ibu sudah harus mulai masuk kantor lagi.

Dulu waktu anak pertama, saya mulai menampung ASI seminggu sebelum masuk kantor…namun karna anak pertama, masih kesulitan memerahnya, saya beli pompa ASI dan mulai memerah pake pompa. Pas di kantor, ada teman yang bilang kalo lebih gampang pake tangan, ya sudah saya mencobanya….dan ternyata memang lebih mudah pake tangan.

Ada teman yang tinggal dekat rumah, namanya Elin, dia selalu nitip ASI kalo kulkasnya lagi dibersihin. Persediaan ASI-nya banyak banget….Nah, pas anak pertama, karena kurang pengalaman dan kurang sharing dengan sesama ibu bekerja, yang terjadi adalah saya didera stres, memikirkan apakah ASI yang ditinggal di rumah cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi? Apalagi dibangdingkan tabungan ASI-nya Elin…hehehe, semakin cemas sayanya. Semakin lama tabungan ASI di frezer semakin berkurang, padahal saat awal2 kelahiran/masih cuti, ASI banyak, kalo bayi sedang menyusu, maka payudara lain yang tidak dihisap bayi akan meneteskan ASI, sayang sekali terbuang atau malah meresap di breast pad..namun Alhamdulillah…atas ijin Allah, berhasil juga memberikan ASI sd 4 bulan (waktu itu ASI Ekslusif 4 bln).

Pas anak kedua lahir, saya sudah siap beli wadah kecil2 untuk menampung ASI, nggak tanggung-tanggung saya beli 2 lusin dan 8 botol susu kecil (60ml)….jadilah sejak minggu pertama setiap bayi menyusu saya selalu sibuk menampung ASI yang menetes, waktu itu saya menyusui sambil tiduran, jadi tangan yang bisa leluasa memegang wadah untuk menampung tetesan ASI. Lumayan, 35 cc tanpa memerah..begitu sampai saya masuk kantor lagi, Alhamdulillah ternyata di kantor ada TPA jadi saya tidak kesulitan memberikan ASI, meski tabungan ASI juga banyak yang kebuang tapi gapapa lah, daripada streskarena kekurangan ASI…iya ga?

“JANGAN SEPELEKAN KEGIATAN MENAMPUNG ASI’

Ini tidak hanya berlaku buat ibu bekerja lhooo…Meski ibu tidak bekerja, tetap wajib menampung!!

Kenapa?

Karena kita tidak tahu kan kondisi kesehatan kita selama masa menyusui, siapa tahu ibu tiba-tiba terserang sakit yang mengharuskan tinggal di rumah sakit…?

Kalo tabungan ASInya banyak, pasti akan tetap tenang karena tetap bisa memberikan ASI melalui botol saat ibu sedang sakit….atau kalo jalan2 ke mall/tempat umum yang nggak ada pojok menyusui, bisa juga dibawa kan buat diberikan selama di mall/perjalanan.

Banyak tips yang kudapat berdasarkan pengalaman ibu-ibu di TPA, selain secara rutin memerah saat payudara penuh, ada beberapa trik yang bisa dilakukan saat bayi menyusui, yaitu :

  • Pas anak menyusu, pakelah tutup botol anak untuk menampung dengan cara disisipkan ke dalam bra (ga repot megangin), ini bisa dilakukan di mana saja setiap kali bayi sedang menyusu (Trim’s ya mbak Widuri)
  • Ada juga yang pake pompa manual yang masih konvensional dijual di pasaran. Caranya pas bayi menyusu, pasang pompa di payudara satunya dalam posisi sudah ditekan, jadi selama menempel di payudara, ASI yang menetes otomatis keluar lebih banyak, tapi mungkin cara yang kedua ini hanya bisa dilakukan di rumah ya..(dari mbak Farida, temen kantor)

Oya ada lagi nih satu….”harus makan banyak dan minum yang banyak.”.. yang ini tips dari mbak Banon, yang sekarang ketika dah anak ke-3 ASI jadi banyak, padahal dulu dia mengira kalo dia termasuk wanita dengan produksi ASInya sedikit dari sononya, alias ASI-nya tidak keluar….ternyata setelah makan dan minum yang banyak, produksi ASI-nya melimpah…Subhanallah…pengalaman mbak Banon inilah yang sering terjadi, beberapa teman menyerah memberikan ASI-nya karena merasa produksinya cuman sedikit….hayuk tetap semangat kawan, masih bisa ditingkatkan dengan banyak makan dan minum….

Kita pasti bisa!!!! Semangaaatttt!!!

Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Satu Balasan ke TIPS MENAMPUNG AIR SUSU IBU (ASI)

  1. maryam berkata:

    saya mo nanya kalo asi pada kehamilan yang 38 belum keluar , apa yang mesti kita lakukan..dan tanda-tanda asi itu bagus bagaimana ya…makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s