MI Istiqlal Jakarta : Eskul Mandiri Kelas 4

This slideshow requires JavaScript.

Alhamdulillah, rencana untuk mengadakan eskul mandiri di kelas 4 MI Istiqlal bisa terlaksana, meski masih banyak kekurangan di sana-sini.

Kenapa disebut eskul mandiri?

Tidak lain adalah karena kegiatan ini berasal dari ide para orangtua yang ingin anak-anak di kelas 4 berkegiatan bersama 1 kali seminggu di sekolah. Kegiatannya sendiri bermacam-macam, dengan jadwal yang telah ditentukan oleh para orangtua dan wali kelas.

Pada dasarnya ada beberapa kegiatan inti :

  1. Seni : Tabuh Galon dan alat musik dapur
  2. Ketrampilan : memasak, menjahit, packing baju di tas, prakarya, (tidak lain untuk persiapan liburan ala backpacker)
  3. Mading : selain membuat hasil karya, menghias mading, juga sekaligus mempersiapkan artikel untuk Buletin Sekolah
  4. Kajian Islami (lebih kepada persiapan menjelang pubertas)
  5. Silaturahmi ke rumah teman, sekaligus kunjungan karena beberapa ortu berwirausaha
  6. Kegiatan lain yang dipandang perlu, pelatihan atau mengundang narasumber.

Kegiatan dimaksud dilaksanakan bergantian tiap minggu, tepatnya dilaksanakan tiap hari Selasa sepulang sekolah.

Awalnya, agak ragu juga apakah bisa berjalan dengan lancar. Karena kegiatan ini sungguh membutuhkan konsistensi tinggi dari para orangtua untuk terlibat. Namun setelah kegiatan berjalan, Alhamdulillah…sungguh terharu melihat respon orangtua yang begitu membahagiakan. Kompak dan saling bekerjasama, tanpa pamrih, dan tanpa prasangka (semoga), meski karena kesibukan, tentu saja tidak bisa semua orangtua bisa terlibat langsung. Yang  penting, kami semua harus bisa saling mendukung, satu sama lain.

Ada jadwal membawa makanan, siapa yang bertanggungjawab mengundang narasumber, bendahara, tukang tagih, dokumentasi, dan siapa yang harus hadir di sekolah saat kegiatan berlangsung.

Dengan terjalinnya silaturahmi yang kuat di antara ortu, Insya Allah akan membawa dampak yang luar biasa kepada anak-anak kami, yang sudah mulai beranjak pra ABG. Maklum, tahun demi tahun, kami dihadapkan kepada permasalahan yang berbeda-beda.

Untuk mengawali kajian Islami, kami mengundang Kak Mal, pendongeng serba bisa. Lalu minggu berikutnya anak-anak belajar menghias cupcake.

Rencana ke depannya, kami ingin mencarikan even untuk grup TAGA agar bisa tampil di luar sekolah, ada yang tertarik untuk mengundang? Jika diantara teman-teman ada yang berkenan, kami mau loh diundang untuk mengisi acara :)

***

Terimakasih buat Bu Rosta, Pak Rahman dan semua orangtua kelas 4, semoga makin kompak dan komit dalam kebaikan ya….*sungguh bahagia mempunyai keluarga seperti kalian*

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Anak-anak, inspirasi, Istiqlal, Kakak Rahma, Mama, Umum. Tandai permalink.

2 Balasan ke MI Istiqlal Jakarta : Eskul Mandiri Kelas 4

  1. Dewi berkata:

    Mbak, rabu lalu pas di kelas 2 ada pertemuan class mom, ada ortu yg concern, kenapa kalau ada kegiatan yg bagus, hanya dilaksanakan kelas per kelas. Kenapa tidak dilaksanakan secara keseluruhan melalui komite. Jadi harapannya, semua kelas bisa maju. Kalau berdasar inisiatif masing-masing class mom, jadi ada kesenjangan.
    Beliau rupanya baru mindahin anaknya dr sekolah negeri. Dan kesenjangan karena sistem class mom ini salah satu alasan beliau pindah.
    Ada saran ga?

  2. Imelda berkata:

    waaah kalau ini dikelola ortu sendiri, jelas repot dan butuh “persatuan” dari orang tua seluruh murid kelas 4 ya. Hebat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s