APE : Tips Bermain Puzzle

Anak-anak suka sekali bermain puzzle. Saat ini banyak sekali puzzle dengan gambar-gambar yang sangat menarik bagi anak-anak, tersedia di toko buku maupun toko mainan.

Lalu, apa sih yang biasanya kita lakukan saat anak-anak sibuk bermain puzzle?

Ternyata ada trik khusus agar permainan ini optimal pemanfaatannya.

***

Ijinkan saya untuk share sebuah artikel yang saya sarikan dari buku yang pernah saya baca, semoga bermanfaat.

***

PUZZLE

Puzzle terdiri dari kepingan-kepingan yang dapat dibuat dari karton/kardus, busa foam/karet, tripleks, kayu, MDF, plastik, maupun sterofoam.

Bermain puzzle adalah kegiatan membongkar dan menyusun kembali kepingan puzzle menjadi bentuk utuh. Kegiatan ini bertujuan melatih koordinasi mata, tangan dan pikiran anak dalam menyusun kepingan puzzle yang terdiri dari berbagai bentuk yang berbeda dengan cara mencocokkan potongan gambar satu dengan lainnya sehingga membentuk satu gambar yang utuh dan baik.

TUJUAN dan FUNGSI PUZZLE

Tujuan bermain puzzle adalah agar anak-anak mampu menghubungkan pengetahuan yang sudah diketahui dengan pengetahuan baru yang diperolehnya. Pemilihan tema dan gambar, jumlah potongan, jenis potongan dan bahan harus disesuaikan dengan kelompok usia anak. Selain permainan puzzle sangat disukai anak-anak, puzzle sangat membantu anak sesuai dengan fungsinya :
– bermain sambil belajar
– melatih motorik halus (tangan)
– melatih daya ingat dan pikir
– melatih konsentrasi

CARA MENGOPTIMALKAN PERMAINAN PUZZLE :

Mengumpulkan berbagai macam jenis puzzle dan tuntun anak dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih gambar dan jenis mana yang mereka sukai.

Setelah anak memilih, kita tuntun mereka dan menanyakan bentuk dan gambar apa yang mereka pilih. (misal puzzle binatang : SAPI) Rangsang anak sambil berdialog :
– Alhamdulillah, adik sudah memilih puzzle binatang sapi ciptaan Allah SWT. Sebelum memulai bermain mengucapkan Basmallah dan doa.
– Tanyakan ” Terbuat dari bahan apa permainan ini?” …adik menjawab ‘Bahan kayu’
– Tanyakan “Apakah binatang sapi termasuk binatang ternak, jinak atau buas?’ – Tanyakan ‘Manfaat apa yang sapi berikan kepada manusia?” Berikan informasi lain mengenai manfaat sapi, seperti : membantu membajak sawah dan menarik gerobak, air susu sapi sangat bermanfaat, daging sapi halal untuk dimakan.

Setelah itu, anak memasang dan mencocokkan kembali satu persatu kepingan hingga selesai menjadi suatu bentuk utuh.

Terakhir, ucapkan Alhamdulillah, adik diberikan kepandaian oleh Allah SWT untuk menyelesaikannya dengan baik dan benar.

***
O, iya…kita juga bisa mengajak anak-anak membuat puzzle sendiri, dengan menggunakan berbagai bahan yang ada di rumah kita sendiri, majalah bekas, koran bekas, poster bekas, karton bekas kemasan susu/makanan lainnya. Sebelumnya pernah saya share di
http://yudhistira31.wordpress.com/2008/05/23/membuat-puzzle-alat-permainan-edukatif/

***

Buku : APE untuk kelompok Bermain, Diknas, 2003

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Anak-anak, artikel pendidikan, Permainan. Tandai permalink.

8 Balasan ke APE : Tips Bermain Puzzle

  1. vizon berkata:

    Puzzle juga bisa untuk alat bantu pembelajaran di level yang lebih tinggi. Mengajarkan peta misalnya. Saya terinspirasi dari nechan Imelda yang mengajarkan anak-anaknya peta Jepang melalui puzzle. Saat ini saya sedang membuat puzzle peta indonesia..

    Eh, numpang promo dong..
    Kunjungi lapak APE saya: http://www.mainanbocah.com
    Makasih ya mbak Devi, hehe.. :D

  2. Necky berkata:

    tiap anak2 punya perbedaan sendiri2 terhadap puzzle. Nedia sangat seneng banget dengan puzzle, sementara Nafis biasa2 aja karena dia lebih seneng baca, sedangkan Ajif puzzle yg ada dilempar2….hehehehe, senengnya main keluar rumah alias keluyuran….

  3. nh18 berkata:

    Ada insight – insight yang terlepas dari pemikiran saya …
    Bahwa menyelesaikan puzzle itu tidak semata-mata menyusun gambar …

    Terima kasih Bu Devi …

    BTW …
    Saya menyelesaikan komentar ini dalam waktu yang relatif lama … Satu Lagu …
    Sebetulnya Lagu ini sudah lama tersemat di widget bu Devi …
    Tapi jujur … baru kali ini lah saya mendengarkannya secara tuntas … sampai habis …
    dan saya menangis … !

    Salam saya Bu Devi

  4. maminx berkata:

    wah saya suka main puzzle juga, bukan anak anak aja, hehe..makasih nih info nya bagus buat mendidik anak juga ya

    oh ya perihal postingan tentang pasar ngembong yang di jakarta timur itu, yang pasar mainan itu, ternyata saya sering ngelewatin kalau mau ke bekasi lewat kampung melayu, hehehe

  5. LIdya berkata:

    pascal suka sekali main puzzle tapi koleksinya belum aku tambah mbak :)

  6. Kontraktor berkata:

    Thx banget infonya…
    smoga bermanfaat bagi saya n yang lain..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s